Tidur Setelah Sahur

Beberapa hari yang lalu, saya abis baca artikel kesehatan yang isinya menyarankan agar sebaiknya kita tidak tidur setelah sahur. Wah, bener juga, sih. Kebetulan tiap habis sahur pasti saya tidur lagi. Dan setelah bangun, perut saya memang terasa kurang enak. Nggak nyamanlah pokoknya. Saya nggak tahu penjelasan ilmiahnya gimana. Mungkin karena makanan yang ada di perut jadi nggak tecerna dengan baik kali, ya. Mmm… sobat blogger yang berkecimpung di bidang kesehatan pasti lebih ngerti soal ini, hehe….🙂

Kadang pengen juga sih nggak tidur lagi setelah sahur. Supaya waktu yang saya miliki lebih berguna dan produktif. Tapi, keinginan itu ternyata tidak diiringi dengan niat yang sungguh-sungguh karena saya sering kalah dengan malas. Rasa kantuk yang menyerang sulit ditaklukkan. Pokoknya setelah adzan shubuh, langsung cepet-cepet ambil wudhu, sholat kilat, terus ngeringkuk lagi di kasur sampai alarm hp berbunyi, tanda harus segera mandi untuk selanjutnya berangkat kerja.

Artikel yang saya baca itu menyebutkan, sebenarnya percuma kalau kita tidur setelah sahur. Nggak terlalu berpengaruh karena paling-paling waktu yang tersisa cuma satu jam aja. Tapi kalau saya, walaupun cuma satu jam, itu udah lumayan banget kalau dipake buat tidur. Jadi saat di kantor nggak akan ngantuk lagi karena sebelumnya sudah tidur dengan cukup di rumah.

Suatu ketika saya ngobrol dengan teman-teman, dan kemudian bertanya ke mereka, kalau habis sahur lanjut tidur lagi atau nggak. Beberapa di antara mereka bilang nggak. Biasanya waktu luang setelah shubuh itu mereka isi dengan ngaji, jalan-jalan, nonton tv, atau baca buku. Tapi, banyak juga yang bilang iya, alasannya memanfaatkan waktu yang sedikit untuk tidur, supaya lebih fresh.

Bagi teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, setelah sahur biasanya tidur lagi atau nggak?

8 Responses to “Tidur Setelah Sahur”


  1. 1 nandini August 28, 2010 at 8:38 am

    Tergantung Ditt.. kadang bobo lagi kadang engga.. Kadang malem bobonya baru sejam, ya habis subuh tidur lagi. Tapi seringnya sih engga.. sayang udara pagi kan bagus..🙂

  2. 2 krupukcair August 28, 2010 at 11:20 am

    sering nggak tidur lagi…😀

  3. 3 Lambertus Wahyu Hermawan August 29, 2010 at 12:01 pm

    kalo saya kan emang ga puasa. jadi ga punya pengalaman sahur. tapi temen saya… *bentar… ketawa dulu saya* dia bilang ke temen2nya yang lain buat ga tidur.. eh dianya sendiri tidur… katanya “nggak kuat”… rame deh kontrakan..

    • 4 ditter September 1, 2010 at 11:33 am

      @Nandini: Iya ya, udara pagi memang bagus… sejuk dan menyegarkan🙂

      @krupukcair: hehe…. sip lah….🙂

      @Lambertus Wahyu: Hahahaha…. kocak tuh temen anda, hehe….

  4. 5 Sriyono Semarang August 30, 2010 at 7:05 pm

    Penginnya juga gitu tapi, kita kerja ikut orang, klo nggak tidur lagi lha tidur malamnya rata rata kurang, so pastinya nguantuuuukkkk banget saat kerja siang hari… hu hu hu hu…….

  5. 6 Hairullah September 5, 2010 at 8:54 pm

    Allhamdulilah ternyata ada juga yang merasakan sama seperti saya…. Benar, setelah sahur langsung tidur entah kenapa perut saya sering sakit kelaparan… Thanks infonya, sngat berguna


  1. 1 Sahur Pertama Ramadhan 1434 H | Catatan gado-gado Trackback on July 10, 2013 at 5:19 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: