Resensi Buku: Quantum Speaking

Salah satu motivasi seseorang mempelajari bahasa Inggris adalah supaya bisa lancar berbicara atau berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris (speaking) dengan orang lain. Saya pun demikian, tujuannya masih sangat sederhana, yaitu supaya bisa ngobrol dengan bule.

Untuk hal ini, saya punya pengalaman unik. Saat sedang berjalan kaki di area kampus, ada bule nyasar yang bertanya kepada saya. Wah, saya gelagapan, nggak ngerti sedikit pun apa yang bule itu bicarakan. Ya sudah, dengan penuh rasa malu, saya cuma bisa bilang ke dia, “Sorry, I can’t speak English!” Wah, saya kalah telak sama tukang becak di seputaran Candi Borobudur dan pedagang di Malioboro yang kebanyakan bisa (dan berani) ngomong sama bule🙂

Bisa dibilang, speaking hampir pasti menjadi tujuan utama dalam belajar bahasa Inggris. Biasanya setelah menguasai speaking, mereka akan mengembangkan listening, reading, dan writing. Jadi, mungkin tidak salah kalau ada yang bilang speaking merupakan “jendela” untuk menguasai bahasa Inggris secara menyeluruh.

Ini ada buku bagus yang bisa membantu siapapun belajar speaking supaya bisa jago berkomunikasi lisan dalam bahasa Inggris. Ngobrol cas cis cus dengan bule pun bukan cuma impian lagi. Judul buku ini Quantum Speaking. Menurut saya, buku ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang kesulitan belajar speaking. Tapi, tampaknya kurang pas bagi siapapun yang sudah cukup ngerti bahasa Inggris, minimal pasif.

Yang menarik, buku ini tidak hanya berisi materi grammar saja, tetapi juga beragam kiat spesial seputar belajar speaking. Meliputi persiapan sebelum mulai belajar, hal-hal yang penting dilakukan ketika belajar speaking, berbagai metode belajar yang dijamin ampuh, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk memantapkan proses belajar itu, dan lain sebagainya.

Simak salah satu kiat berikut ini. Dalam belajar speaking, jangan pernah merasa takut salah. Ibarat bayi yang sedang belajar berbicara, proses mencoba terus menerus tanpa khawatir salah dapat mendatangkan hasil yang bagus. Bila sedikit-sedikit takut salah, maka kita tidak akan bisa berkembang. Biarkan saja ditertawakan atau diejek orang lain bila kita salah ucap. Itu adalah bagian kecil dari proses.

Masih banyak kiat-kita menarik yang dibahas di buku ini. Tidak lupa juga disertai dengan materi grammar yang terbilang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. Semua materi yang ada dalam buku ini disampaikan dengan gaya bahasa yang ringan namun penuh unsur motivasi, sehingga bisa menambah semangat para pembaca untuk mempelajari bahasa Inggris tanpa perlu diganggu rasa putus asa. Menurut saya, buku ini merupakan salah satu pilihan yang patut dibaca dan dipelajari oleh siapapun yang ngebet bisa ngobrol sama bule🙂

****

Judul: Quantum Speaking (Jago Ngobrol Bahasa Inggris)
Penulis: M. Solahudin
Penerbit: Citra Media, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Juni 2010
Tebal: viii+152 halaman

2 Responses to “Resensi Buku: Quantum Speaking”


  1. 1 Jihadullah June 30, 2011 at 3:38 pm

    Slm, Saya Jihadullah, Mahasiswa Unilaki, Unaaha, Kendari, Sultra. saya butuh buku ini, quantum speaking, gmn prosedurnya?

  2. 2 purnama November 30, 2011 at 9:04 am

    Salam kenal .
    nama: purnama

    aku mw nanya ?
    om gmn cra mendptkan bukunya aq pengen sekali lancr berbahasa inggris .mhon bimbingan .nya. . . .

    thanks before. . . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: