Motor Pemadam Kebakaran

Di kompleks pemukiman yang padat penduduk, kebakaran menjadi momok yang sangat menakutkan. Nyala api bisa sangat cepat menyebar dan membesar. Apalagi kalau mayoritas rumah terbuat dari kayu, atau perabotan yang ada di dalamnya banyak yang mudah terbakar. Wah, kebakaran yang terjadi bisa sangat besar. Kerugian yang dihasilkan pun bisa tidak terhitung nilainya. Karena itulah peran pasukan pemadam kebakaran sangat vital demi meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerugian harta benda.

Seperti yang kita tahu, ukuran mobil pemadam kebakaran bongsor banget, karena berisi ratusan liter air yang akan digunakan untuk memadamkan api. Jadi kalau ada kebakaran di daerah yang sangat padat dan jalan masuknya sempit, tentu pasukan pemadam akan terhambat dan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan lancar. Padahal, kasus kebakaran seringnya malah terjadi di daerah-daerah yang sempit dan padat. Belum lagi kalau ada banyak warga yang menonton dan berkerumun di sekitar lokasi kebakaran. Wah, semakin sulitlah menempatkan mobil pemadam kebakaran di lokasi yang paling dekat dengan titik api.

Kesulitan itu mungkin tidak terlalu bermasalah jika selang pemadam sangat panjang seperti belalai milik Bona, si gajah kecil berbelalai panjang. Tapi, hal ini tidak terlalu efektif karena bagaimanapun mobil pemadam tidak bisa jauh-jauh dari lokasi kebakaran demi kelancaran komunikasi antara petugas yang beroperasi di mobil (mengendalikan suplai air) dengan petugas yang terjun langsung ke area sasaran pemadaman api.

Nah, di Liverpool, Inggris, ada satu kreasi yang berguna untuk memperlancar pasukan pemadam menuju lokasi kebakaran agar lebih cepat dan dekat dengan sasaran. Kendaraan yang digunakan bukan mobil besar, melainkan sepeda motor! Dan Liverpool menjadi kota pertama di UK yang memanfaatkan sepeda motor itu.

Dikutip dari otakku.com, sepeda motor tersebut mampu membawa air sebanyak 50 liter dan juga busa kimia (chemical foam) yang bermanfaat memadamkan api lebih cepat. Di motor ini juga terdapat sebuah pompa air yang dapat menyemprotkan air sejauh 11 m. Mantaap….🙂

Dibanding mobil pemadam kebakaran, sepeda motor ini tentu lebih mudah dalam melewati kemacetan serta menjangkau area yang super padat.

Mau tau harga sepeda motor pemadam kebakaran ini? Tiga puluh ribu Euro atau sekitar 450 juta! :-0

Sumber:

http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/liverpool-deploys-firefighting-motorbikes-2033908.html

http://otakku.com

8 Responses to “Motor Pemadam Kebakaran”


  1. 1 antown July 29, 2010 at 7:46 pm

    busyet harganya mantap sekali!! haha, tapi harganya sepadan dengan kualitasnya

    salam,
    antown

  2. 2 antown July 29, 2010 at 7:47 pm

    eh komentar saya tadi mana ya

  3. 3 partnerinvain July 30, 2010 at 7:20 am

    ditempatku banyak motor pemadam kebakaran tapi ngga ngangkut air cuma ngangkut balakar doang…kalo ada kebakaran minggir aja kalo udah pasukan motor ini liwat soalnya aksinya udah ngalahin Valentino Rosi🙂

  4. 4 Denuzz Burung Hantu July 30, 2010 at 11:37 am

    wah… tindakan kreatif dan agresif…
    sangat perlu dicontoh nih…
    okelah… nanti saya beritahukan hal ini ke dinas pemadam kebakaran kota saya, kebetulan dekat rumah

    salam akrab dari palembang

    http://blog.beswandjarum.com/denus

  5. 5 penghuni60 July 30, 2010 at 4:12 pm

    hihihi…
    keren jg ya motornya….🙂

    • 6 ditter July 30, 2010 at 4:30 pm

      @Antown: haha… iya, mahal banget… Tadi komennya sempet masuk spam. Tapi tuh udah muncul kok🙂

      @Partnerinvain: eh, tapi balakar tuh apaan, ya… aku ga ngerti… jadi malu, haha…

      @Denuzz: Salam akrab juga, Kawan! Terima kasih banyak karena sudah mau berkunjung ke sini🙂

      @Penghuni60: hehe… iya.. kreatif🙂

  6. 7 Abdul Muiz August 4, 2010 at 3:33 pm

    keren motornya… harganya waw…

    tapi mantap bro,, thx infonya


  1. 1 Tank Terbang :D « Ditter's Blog Trackback on August 16, 2010 at 12:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: