Cooling Station untuk Tempat Beristirahat

Saya cukup mengerti kenapa sekarang ini jarang sekali orang yang mau berprofesi sebagai petani. Selain hasilnya dikit, kerjanya juga berat. Harus berpanas-panasan di bawah sinar matahari yang saat ini rasanya semakin panas saja. Maklum, sawah atau kebun kan nggak kayak hutan yang banyak pohon rindangnya. Di sawah adanya tanaman yang pendek-pendek, yang nggak bisa meneduhkan tubuh kita dari sinar matahari.

Di pinggir-pinggir sawah, biasanya petani bikin gubug terbuka yang biasa kita sebut dengan dangau. Bahan dasar dangau alami aja, berdinding gedek (bambu) dan beratap rumbia atau daun-daun kering. Fungsinya untuk berteduh dan tempat melepas lelah.ย  Walopun sederhana, tapi sudah bisa melindungi kita dari sinar matahari. Pada saat-saat tertentu, dangau itu nyaman banget, lho. Misalnya saat makan siang di situ, menikmati hidangan dengan ditemani semilir angin, kicauan burung, dan bunyi gemericik air sungai. Top!

Nah, di Amerika Serikat, ada seseorang yang menciptakan semacam tempat istirahat yang mungkin fungsinya sama dengan dangau. Orang itu adalah Garth Patterson, seorang pengusaha dari Napa Valley, sebuah wilayah di sebelah selatan California. Setelah melalui proses yang panjang selama kurang lebih dua tahun, dia menciptakan cooling station dengan maksud agar para petani bisa beristirahat di situ dengan nyaman.

Tempat peristirahatan portabel sepanjang 12 kaki itu layaknya mobil, jadi bisa dikendarai ke mana-mana, ke sawah atau ladang mana pun yang mau digarap. Dikutip dari napavalleyregister.com,ย  cooling station dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa membuat para petani beristirahat dengan santai dan nyaman. Di situ ada sepasang bangku yang terlindung di bawah atap, galon berisi minuman segar, wastafel untuk mencuci tangan, shower buat mandi atau sekadar cuci muka, dan tidak lupa juga kipas pendingin yang ukurannya lumayan besar.

Menurut Patterson, cooling station itu juga bisa dimanfaatkan untuk bidang lain, misalnya balap mobil, di mana ada banyak orang yang terkena sinar matahari langsung. Nah, berarti kreasi itu juga cocok untuk ditempatkan di sekitar panggung terbuka semacam acara Inbox atau Dahsyat. Nggak cumaย  untuk tempat beristirahat penontonnya, tapi juga para penyanyinya yang kebanyakan pada lipsync itu๐Ÿ™‚

Sumber:

http://www.automotto.org

http://napavalleyregister.com

5 Responses to “Cooling Station untuk Tempat Beristirahat”


  1. 1 alice in wonderland July 21, 2010 at 9:39 pm

    entah kenapa saya lebih suka dangau ya, walaupun mungkin dari segi kelengkapan fasilitas dan mobilitasnya jelas kalah ama cool station ini^^
    btw penyanyi kita tu kok ya masih demen hidup di era lipsync padahal penyanyi luar malu kalo ketahuan lipsync

  2. 2 antown July 21, 2010 at 10:41 pm

    mantap sekali ya kalo ada di negeri kita

  3. 3 Asop July 22, 2010 at 9:03 am

    Nikmaaaaaat…๐Ÿ˜†

  4. 4 ditter July 23, 2010 at 8:09 am

    @Alice: Karena mungkin dangau lebih alami, jadi lebih sip, hehe…
    Ah, penyanyi malas tuh….

    @Antown: Hehe… iya itu bro… btw, terima kasih banyak karena sudah mau berkunjung ke sini!๐Ÿ™‚

    @Asop: Asoooyyyy…๐Ÿ™‚


  1. 1 Tank Terbang :D « Ditter's Blog Trackback on August 16, 2010 at 12:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: