Botol Raksasa untuk Menyadarkan Para Pengendara

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu “pembunuh” yang cukup ganas di negeri ini. Mungkin hal tersebut sulit dihindari, mengingat jumlah kendaraan umum dan pribadi sudah sangat banyak, dan bahkan semakin bertambah banyak saja.

Walaupun sudah cukup banyak rambu lalu lintas yang dipasang di jalan-jalan, tapi ternyata tidak mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas secara signifikan. Saya pikir itu lebih dikarenakan rendahnya tingkat kesadaran para pengendara. Tidak memedulikan rambu-rambu lalu lintas, dan bahkan sering pula melanggar lampu merah.

Nah, kalau di Eropa, kecelakaan lalu lintas biasanya terjadi akibat para pengendara sedang mabuk saat menyetir atau mengendarai kendaraannya. Habis party minum-minuman keras bersama teman-teman, trus pulang naek mobil atau sepeda motor. Di tengah jalan, kontrol diri si pengemudi hilang akibat mabuk sehingga kendaraan jadi tidak terkendali. Kemudian, terjadilah kecelakaan, entah kendaraannya nabrak gedung, trotoar, pohon besar, tiang listrik, atau bahkan pejalan kaki.

Berkaca pada hal itu, Zavod, lembaga konsultasi Rusia, bekerja sama dengan Russian Union of Auto Insurers, mendirikan monumen instalasi berbentuk botol setinggi 12 m. Instalasi tersebut dipasang di rute yang cukup ramai, 26 km dari jalan raya Minsk di Odintsovo, Rusia. Beratnya sekitar 8 ton. Dan apakah Anda tahu botol itu berisi apa? Coba amati gambar berikut ini.

Yup, betul. Botol raksasa itu berisi kendaraan rongsok yang rusak berat karena kecelakaan! Pemasangan botol raksasa itu sendiri dimaksudkan untuk menyadarkan para pengendara agar tidak mengemudi dalam keadaan mabuk. Supaya pesannya jelas dan lebih terasa nyata, makanya sengaja dibuat berbentuk botol dan kemudian diisi dengan mobil dan motor hasil kecelakaan. Kreatif, ya🙂

Mungkin di Indonesia juga perlu dibuat instalasi serupa, tapi bentuknya handphone (raksasa). Hal itu dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat betapa bahayanya mengendarai kendaraan sambil menelepon ataupun sms🙂

Sumber:

http://www.automotto.org

8 Responses to “Botol Raksasa untuk Menyadarkan Para Pengendara”


  1. 1 rumus cepat matematika July 16, 2010 at 8:34 am

    mantap banget infonya…tapi masalah handphone raksasa dmana sih???di bandung gk ada ya…ckckck…

  2. 2 alice in wonderland July 16, 2010 at 11:40 pm

    setujuuuu… aku pernah naek mobil bareng temen dan di depan ada bapak2 nyetir mobil sambil nelpon! alhasil mobilnya goyang kanan goyang kiri gak jelas maunya… bener2 ngeribetin deh

    • 3 ditter July 19, 2010 at 12:37 pm

      @rumus cepat: Handphone raksasa itu cuma usulan utk dibuat di Indonesia, hehe….

      @Alice: Wah, kalo yg kayak gitu emang ngeselin banget… Semoga bapak2 itu segera sadar kalo perbuatannya itu membahayakan dia sendiri dan orang lain….

  3. 4 nahdhi July 17, 2010 at 6:07 am

    Weh… Kalau di Indonesia kebanyakan gara-gara ngantuk, jadi mungkin perlu ada monumen bantal kali ya… Xixixixixi….

  4. 5 nandini July 17, 2010 at 2:35 pm

    nyetir sambil pacaran jg bahaya tuh.. niatnya cium pacar, malah jd cium pohon atau kendaraan lain.. ;D

  5. 6 BidanDesa ™ July 18, 2010 at 12:29 am

    indonesia harusnya mencontoh tuch,,,,,, tapi kalau kecelakaan kereta api susah bikin masukin di botolnya

    • 7 ditter July 19, 2010 at 1:07 pm

      @Nahdi: monumen bantal? Boleh juga tuh, whahaha….

      @Nandini: Itu bukan pengalaman pribadi, kan? Hahaha….🙂

      @BidanDesa: Hahaha…. betul… betul… betul…

  6. 8 ahmad November 6, 2010 at 9:17 pm

    ada usul,
    indonesia sebaiknya memiliki instalasi berbentuk dua mata, karena mata-mata nakal sambil nyetir bisa buat kecelakaan juga tuh, he….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: