EMILY: Robot Penjaga Pantai

Pantai adalah salah satu objek wisata yang indah. Hamparan laut yang luas tiada bertepi, ombak yang merdu bernyanyi, serta semilir angin yang begitu memanjakan, menjadi hal spesial yang ditawarkan oleh pantai.

Walaupun demikian, ada juga pantai yang kerap memakan korban. Misalnya saja pantai Parangtritis di provinsi tempat tinggal saya ini. Walaupun di sana sudah banyak papan peringatan supaya jangan berenang hingga ke tengah, tapi masih banyak juga para pengunjung yang bandel. Walhasil, korban tenggelam pun terus saja berjatuhan.

Setiap pantai yang sering memakan korban tenggelam, biasanya di jaga oleh tim penjaga pantai. Beberapa tugas mereka antara lain patroli keliling pantai, memperingatkan para pengunjung supaya jangan berenang terlalu ke tengah, dan menyelamatkan pengunjung yang tenggelam atau nyaris terbawa arus sampai ke tengah laut. Tugas mereka cukup berat dan membutuhkan keahlian yang nggak main-main. Pada umumnya, area pantai yang harus mereka jaga sangat luas, dan bahkan kadang tidak sesuai dengan jumlah anggota tim yang ada. Wah, kalau ada EMILY, pasti mereka akan sangat terbantu. Lho, siapakah itu EMILY?

Eits, tunggu dulu. EMILY bukanlah seorang wanita penjaga pantai yang cantik dan seksi, melainkan robot yang bertugas menyelamatkan para pengunjung pantai yang sedang berada dalam bahaya di laut atau yang nyaris tenggelam. Nama EMILY itu sendiri merupakan semacam akronim dari EMergency Integrated Lifesaving lan Yard.

Bentuk EMILY menyerupai pelampung. Dengan sebuah mesin pendorong, dia mampu melaju dengan kecepatan (mencapai) 44,8 km/jam. Wew, mungkin itu 6 kali kecepatan renang para penjaga pantai manusia. Di dalamnya juga terdapat sonar yang bisa membuat EMILY mendeteksi gerakan panik perenang yang nyaris tenggelam. Dengan alat itulah dia bisa tepat menuju ke arah korban.

Selain itu, EMILY juga dilengkapi dengan kamera dan pengeras suara (speaker). Kedua alat itu menjadi sarana penting bagi penjaga (manusia) yang menunggu di tepi pantai dalam memantau korban yang nyaris tenggelam. Penjaga di tepi pantai itu jadi bisa menginstruksikan korban untuk memegang erat EMILY dan menenangkan korban supaya tidak panik. EMILY juga bisa dikendalikan dengan remote control. Sumber tenaga EMILY berasal dari baterai yang bisa di charge ulang. Dengan tenaga itu, EMILY bisa “berenang” hingga mencapai jarak 128 km tanpa berhenti.

Wew, bener-bener robot yang sangat bermanfaat, nih🙂🙂🙂

Sumber:

http://www.popsci.com

3 Responses to “EMILY: Robot Penjaga Pantai”


  1. 1 Daoz July 10, 2010 at 1:50 am

    mengamankan pertamaxx dulu.. canggih juga ya.. lebih manfaat dari robot gedek.. hhe

  2. 3 Abdul Muiz July 24, 2010 at 10:52 am

    wao…. sangat hebaaaat cuy……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: