Bayar Parkir di ATM

Sejak sebulan yang lalu, uang gaji yang saya dapat saya masukkan ke dalam tabungan di Bank. Saya memang kurang suka menyimpan uang di bawah bantal atau di dalam lemari pakaian. Ribet.🙂

Nah, karena punya rekening di Bank, saya jadi punya ATM. Kalau pergi-pergi, saya jarang bawa uang tunai banyak. Secukupnya aja, selebihnya mengandalkan kartu ATM itu. Konsekuensinya, saya jadi sering banget “mengunjungi” kotak ATM.

Ngambil uang di ATM biasanya nggak makan banyak waktu. Malah cuma sebentar banget, paling-paling nggak sampe 5 menit. Nah, biasanya di berbagai kotak ATM ada tukang parkirnya, termasuk ATM yang berada di area kantor Bank. Biasanya mereka berseragam oranye, tampak resmi.

Saya nggak tahu, kalau kita parkir sepeda motor di depan kotak ATM, kita harus membayar ke tukang parkir itu atau nggak. Kalau harus, apakah ada tarif resminya? Sepengamatan saya, mereka yang ngambil uang di ATM sih biasanya pada bayar parkir ke tukang parkir, 500 rupiah. Walaupun sepeda motor cuma diparkir sebentar banget, tapi mereka tetep pada bayar tuh. Saya pun demikian, ikut-ikut aja. Tapi, saya kurang ngerti pungutan itu resmi atau nggak.

Nah, sebenarnya saya kurang ikhlas kalo harus bayar parkir, padahal markirnya cuma sebentar banget (keliatan pelitnya ni). Kalo misalkan markirnya lama sih ga terlalu masalah, 1 atau 2 jam. Lah, ini nggak sampe 5 menit, apakah harus bayar juga?

Nah, daripada bayar tapi nggak ikhlas, akhirnya saya coba nggak bayar parkir, alias langsung cabut. Ini saya lakukan beberapa hari yang lalu di kotak ATM langganan. Setelah ngambil uang sebentar di bilik ATM, saya langsung menghampiri motor. Seketika itu si tukang parkir menghampiri saya dan membantu memundurkan motor. Padahal mah sebenarnya nggak usah, karena memang sendiri aja pun bisa. Setelah membantu, dia berdiri di samping saya, seolah menunggu sesuatu. Dengan nekat, saya cuma senyum sopan ke dia, bilang terimakasih, trus pelan-pelan pergi tanpa membayar. Ternyata si tukang parkir nggak minta bayaran tuh! Padahal saya lihat pengunjung ATM yang laen pada bayar, walopun sebenarnya si tukang parkir nggak minta. Padahal kalau memang wajib bayar, pasti si tukang parkir akan minta bayaran dong, nggak akan membiarkan saya pergi begitu saja. Saya udah coba melakukan ini beberapa kali.

Akhirnya saya mengambil kesimpulan ngawur. Sebenarnya kalo parkir di depan ATM itu nggak perlu bayar. Apalagi ATM yang berada di dalam area Bank, karena gaji tukang parkir biasanya sudah ditanggung oleh pihak Bank. Tapi kalo kita tetep bayar, dengan senang hati si tukang parkir pasti akan menerimanya. Kadang kan kita ngerasa rikuh dan ga enak aja kalo langsung kabur setelah parkir, padahal si tukang parkir udah ngebantuin kita ngeluarin motor (walopun itu sebenarnya nggak perlu). Begitu….

Eh tapi kesimpulan ini khusus untuk ATM langganan saya aja deng. Nggak tahu juga kalo untuk tempat-tempat yang laen, hehe…. Mungkin teman-teman ada yang mau sharing di sini. Pasti akan saya simak dengan baik🙂🙂🙂

8 Responses to “Bayar Parkir di ATM”


  1. 1 nahdhi July 2, 2010 at 5:12 am

    Saya sih kalau ambil duit di ATM dalam kampus MIPA jadi nggak ada parkir2an…

  2. 2 Adi July 2, 2010 at 6:30 am

    Kayaknya emang gk bayar mas. , ATM dkt kampusku jg gt,.

  3. 3 alice in wonderland July 2, 2010 at 5:47 pm

    berarti bener nih kata Mbak Vicky kalo kita tu emang kebiasaan sungkan, makanya kabur antara yang wajib ama yang sungkan…^^

  4. 4 Suke Asli Semarang July 5, 2010 at 8:54 pm

    Kita hidup di sebuah negeri yang unik, karena negeri ini punya sejuta julukan negeri ini, dala kasus ini, Negeri kita ini Negeri parkir….😀

  5. 6 zee June 24, 2012 at 7:21 pm

    baru kejadian nii,, tadi ngecek saldo ATM, pas keluar box langsung disamperin mbak2 bawa2 duit ma priwitan (g pake seragam) bilang ‘parkir, mbak’ berhubung g tau ya bayar za,, kirain 500 kaya parkir laen, ternyata malah seribu (lebih mahal dari parkir mall yang sering q samperin)
    padahal sebelumnya di tempat yang sama g ad tuh tarikan parkiran (q biasanya ngecek klo g jam 8 pagi ya jam 11 malem, baru sekarang z soer2 dah mampir ATM)

  6. 7 cipta August 14, 2013 at 8:52 am

    benar-benar itu ….meski disamperin dan bilang mbak parkir…aku jawab ndak mas..sambil kabur, apakah semua hal di Indonesia harus bayar?


  1. 1 Uang Parkir « Home Trackback on January 28, 2012 at 6:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: