Bola Canggih Bertenaga Surya

Bulan ini kita lagi dilanda demam bola. Piala Dunia memang membuat banyak orang jadi tergila-gila dengan sepakbola. Nah, ada satu hal yang menarik dari Piala Dunia yang kali ini diselenggarakan di Afrika Selatan. Bola resmi FIFA World Cup 2010 yang diberi nama Jabulani, banyak menuai protes para peserta Piala Dunia. Menurut mereka, Jabulani terlalu ringan dan sangat sulit dikendalikan. Hmmm… Apakah ini ada hubungannya dengan dua tim besar, Perancis dan Italia, yang cepat tersingkir dari perhelatan akbar itu?

Di sisi lain, tim Samurai Biru, Jepang, justru tampak nyaman dengan Jabulani. Beberapa gol yang mereka sarangkan ke gawang lawan merupakan hasil tendangan bebas dalam jarak yang tidak terlalu dekat. Keberhasilan itu disebut-sebut diperoleh berkat peran dan bantuan si Jabulani. Hmmm… benarkah demikian?

Eits, teman-teman jangan mencari jawabannya di sini, karena saya nggak bermaksud untuk membahas itu, hehe…. Itu cuma sekadar pengantar aja. Lagi pula tadi malam Jepang udah kalah dari Paraguay lewat adu penalti (nggak nyambung). Yang sebenarnya ingin saya bahas di sini bukan Jepang atau Jabulani, tapi bola bertenaga surya yang baru pertama kali ini ada di dunia. Wow!

Pembuatnya adalah Greendix, perusahaan yang bertempat di Taiwan. Bola yang unik itu diluncurkan saat Piala Dunia berlangsung, sehingga cukup memancing minat dan perhatian masyarakat. Secara fisik, bola tersebut tampak biasa seperti bola-bola lainnya, kecuali bidang pentagonal hitam yang sebenarnya merupakan sel surya. Yang menarik, Greendix mengembangkan bola itu dengan teknologi motion-sensing yang diharapkan dapat menolong sahabat kita yang tunanetra untuk bermain sepakbola!

Mekanisme bola itu adalah seperti ini. Panel surya pada bola memberikan tenaga pada sensor gerak dan alat audio yang memungkinkan kawan tunanetra memainkan bola itu. Setiap kali ditendang, bola akan berbunyi atau mengeluarkan suara tertentu.

Dikutip dari inhabitots.com, Greendix juga berencana membuat bola serupa yang bisa menyimpan energi yang cukup besar untuk digunakan di kesempatan lain. Teknologi itu nantinya bisa dimanfaatkan oleh anak-anak di negara berkembang untuk lampu listrik sebagai alternatif lampu minyak tanah agar mereka bisa belajar dengan penerangan yang cukup di malam hari. Wah, mulia sekali….

Bagi teman-teman yang tertarik untuk membelinya, tampaknya harus bersabar dahulu karena belum ada kabar kapan bola canggih itu akan dipasarkan secara luas.

Sumber: http://www.inhabitots.com

7 Responses to “Bola Canggih Bertenaga Surya”


  1. 1 sepatubalet June 30, 2010 at 7:02 pm

    rawan banget.

  2. 3 facastriot June 30, 2010 at 7:11 pm

    Ew, berat gak ya ?

    • 4 ditter July 1, 2010 at 6:01 pm

      Harusnya sih ga berat, kan cuma panel surya aja, hehe…
      Btw, thx berat sudah mau berkunjung ke sini!🙂

  3. 5 nahdhi June 30, 2010 at 7:40 pm

    Kalau teman saya lagi mengembangkan jam dinding mas….

    • 6 ditter July 1, 2010 at 5:01 pm

      Weww…. keren!! Sampaikan salamku, semoga sukses… lalu teruslah berkreasi demi mengharumkan nama bangsa dan negara, hehehe….🙂

  4. 7 Catatan Sederhana July 2, 2010 at 3:41 pm

    wah keren tu mas…
    nice post…

    salam persahabatan ,-


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: