W/Air: Masker Penghasil Energi Listrik

Bagi teman-teman yang tinggal di kota-kota besar, salah satu hal yang mungkin sering dikeluhkan adalah udara yang tercemar. Sumber polusi ada di mana-mana, seperti asap pabrik, asap mobil, asap sepeda motor, asap rokok, dan lain sebagainya. Apalagi bus-bus yang beroperasi masih banyak yang mengeluarkan asap hitam. Wah, bener-bener menghirup racun, deh. Bisa merusak paru-paru kita.

Duo desainer dari Brasil, yaitu Martina Pagura dan Pedro Nakazato Andrade, cukup prihatin dengan masalah polusi udara dan manusia yang terpaksa harus menghirup udara tercemar itu. Demi mengatasi hal itu, mereka pun menciptakan W/Air, yaitu masker penyaring CO2 dengan desain yang agak unik. Lalu, apa bedanya dengan masker biasa?

Sangat berbeda. Masker biasa hanya berfungsi untuk menangkis udara yang tercemar. Itupun pasti masih terhirup juga. Nah, kalo W/Air ini memiliki fungsi lebih dari itu.

W/Air berbentuk seperti kalung atau mungkin headset. Masker canggih ini mampu menyaring karbondioksida dari udara, menyimpannya ke dalam alat semacam baterai, dan kemudian mengubahnya menjadi energi listrik yang bisa digunakan di lain kesempatan. Wow!

Selain itu, W/Air juga mampu memonitor kualitas udara di lingkungan sekitar. Ketika polusi udara meningkat tajam, alat ini akan mengeluarkan bunyi (alarm) untuk memberitahukan si pengguna agar segera menaikkan masker untuk menutup hidung dan mulutnya. Karbondioksida dari lingkungan sekitar akan tersaring dan pompa pada masker akan memberikan oksigen. Selain bisa menikmati udara yang bersih, kita juga akan mendapatkan energi listrik hasil konversi dari karbondioksida. Energi listrik yang dihasilkan lumayan besar, bisa dipakai untuk handphone atau mp3 player. Wah, dapat untungnya dua kali!

Ya, alat ini memang sangat bermanfaat. Apalagi buat orang-orang kota yang akrab dengan polusi udara. Tapi, apakah kita cukup bisa menahan malu untuk memakai W/Air? Mengingat desain masker ini agak aneh dan bisa membuat orang yang memakainya jadi terlihat konyol, hehe….

W/Air

Untuk melihat dan mempelajari detail W/Air, silakan teman-teman mengunjungi website ini.

Sumber:

http://www.ecouterre.com

2 Responses to “W/Air: Masker Penghasil Energi Listrik”


  1. 1 Adi June 28, 2010 at 8:08 am

    Wow, kok keren gitU ya? sangat inovatif, salam kenal. ,

  2. 2 Tary Sonora June 28, 2010 at 1:55 pm

    wawaw… terobosan baru nih hehehe🙂 bisa nafas gak pake itu ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: