Awal Mengenal Internet

Saya mulai kenal internet sejak awal kuliah, yaitu pertengahan 2005. Saat itu saya juga masih belum terlalu paham komputer. Paling pol ya cuma MS Word aja, soale dulu pas SMA sering dapat tugas laporan yang harus diketik dengan komputer. Teman-teman saya kebanyakan pada menyerahkan tugas ketikan itu ke rental-rental komputer. Tapi, saya nggak mau mengeluarkan uang untuk membayar jasa rental. Kebetulan saya memang agak pelit, hahaha…. Akhirnya tugas ketikan itu pun saya selesaikan sendiri, numpang di rumah sepupu saya yang punya komputer. Biasanya tugas-tugas itu saya kerjakan sampai larut malam, jadi mau nggak mau harus nginep. Terima kasih buat sepupu saya beserta keluarganya yang dulu sering saya repotin itu, hehe….πŸ™‚

Tapi, mental pelit itu ternyata menolong saya. Saat lulus SMA, sebagian besar teman saya nggak bisa mengoperasikan komputer. Maklum, sekolah ndeso banget. Pendidikan teknologi dan fasilitas komputer kurang. Tapi saya lumayan bisa, hasil dari mengetik sendiri itu. Bahkan -maaf, bukannya sombong- ada salah satu teman yang kagum dengan kemampuan saya mengoperasikan komputer.

Lulus SMA, saya masuk ke universitas negeri yang lumayan terkenal. Dari seluruh siswa seangkatan saya di SMA, hanya ada 2 siswa yang masuk ke universitas itu, yaitu saya dan Dian, teman sekelas saya yang pinter banget.

Nah, saat kuliah ini saya kaget setengah mati. Tenyata teman-teman yang lain sangat pandai mengoperasikan komputer! Yang mereka kuasai nggak cuma MS Word aja, tapi juga PowerPoint, Excel, dan bahkan aplikasi desain semacam Photoshop atau CorelDraw. Mereka juga sudah kenal dengan internet dan terbiasa menggunakan e-mail, memanfaatkan mesin pencari, atau bermain friendster. Wew…. Saya nggak ada apa-apanya dibandingkan mereka.

Kebetulan di kampus saya ada laboratorium komputer yang menyediakan akses internet gratis. Saya pun mulai belajar memanfaatkan internet dari situ. Luar biasa. Saya begitu kagum. Hanya dengan kotak sekecil itu, saya bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain. Cukup dengan berdiam diri di ruangan nyaman ber-AC, saya bisa bertamasya keliling Indonesia, dan bahkan dunia. Ini hebat.

Di semester 3, saya bekerja parttime di warnet sebagai operator. Di situ, kesempatan saya untuk menikmati internet semakin terbuka lebar, sebab diberikan fasilitas akses internet gratis sepuasnya. Sayangnya, dulu saya tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, terlalu sibuk dengan friendster dan YM, jadi kurang bisa meraup manfaat positif internet, kecuali hanya untuk hiburan. Coba dulu bisa memanfaatkan internet dengan lebih baik, misalnya rajin membuka situs-situs edukasi atau web penunjang pelajaran. Wah, mungkin sekarang saya udah jadi profesor, hahahahahaha….

Di semester akhir, saya terinspirasi oleh seorang gadis yang baru saja memiliki blog. Postingan pertamanya kalo nggak salah tentang pengalamannya melancong ke objek wisata water world di Solo. Saya sangat tertarik, dan kemudian ikut-ikutan membuat blog, hingga akhirnya terciptalah blog sederhana ini.

Begitulah cerita singkat perjalanan saya dalam mengenal internet. Kalau kamu?πŸ™‚

Gambar diambil dari sini.

14 Responses to “Awal Mengenal Internet”


  1. 1 Vicky Laurentina June 28, 2010 at 5:11 pm

    Alasan pertama aku belajar internet adalah karena aku nyariin mantan pacarku yang ilang, hahaha. Jadi dia tuh bilang, kalau mau kirimin dia e-mail aja. Aku waktu itu panik coz jangankan punya e-mail, nyalain internet aja nggak tahu caranya. Makanya aku belajar internet mati-matian supaya bisa berhubungan via e-mail lagi.

    Apakah siasat itu berhasil? Well, nggak juga. Kami memang berhubungan lagi, tapi nggak pacaran lagi. Tapi dari internet itu aku dapet jalan buat pacar baru. Malah, akhirnya sekarang aku kencan sama sesama blogger juga, hehehe.

  2. 3 gaby June 28, 2010 at 11:37 pm

    sapa gadis itu? gak pernah ceritaa..
    blum bls komenku di tipe perokok

  3. 5 nahdhi June 28, 2010 at 11:55 pm

    Wah nyebut software-software berharga mahal kie…. (doh)

  4. 7 Asop June 29, 2010 at 11:37 am

    Awal saya berkenalan dengan internet… adalah saat SD.πŸ˜€
    Waktu itu saya harus dijaga terus sama ortu saya…πŸ˜†

  5. 9 Adi June 30, 2010 at 7:57 am

    Aku mengenal internet tahun 2005 waktU masiH kelas 11 SMA, hoho, gara2 jaman FS boOming dulu. .

  6. 11 gadgetboi July 3, 2010 at 12:09 am

    Saya kenal internet dari tahun 96 … masih ingusan bangetπŸ˜† windows ajah baru win95. Maklumlah, babeh emang kerjanya di bidang it … Bangga juga di sekolah saya jadi “guru” pas pulang sekolah, ngajarin temen cara berinternet yg baik. Hampir sekelas loh! Sebagai imbaslannya saya ditraktir ngenet:mrgreen:

    • 12 ditter July 3, 2010 at 7:56 am

      Woooww!! Tahun ’96 aku masih kelas 4 SD! Saat itu mah maenan game watch (jimbot) aja masih bingung, hahaha…..πŸ™‚


  1. 1 IM2 Paket Asik Unlimited untuk Modem Saya « Ditter's Blog Trackback on March 14, 2011 at 11:21 pm
  2. 2 Download Mozilla Firefox 4 « Ditter's Blog Trackback on March 29, 2011 at 9:47 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: