Lomba Karikatur Rasul, Apa Motifnya??

Beberapa hari yang lalu saya dikasih tau seorang teman kantor tentang adanya fans page facebook yang mengajak siapapun untuk rame-rame menggambar Rasullullah Muhammad saw. Bahkan ajakan itu tampaknya dilombakan. Speechless. Itukan masalah yang sangat sangat sangat sensitif. Pengalaman-pengalaman sebelumnya juga sudah membuktikan bahwa masalah itu memunculkan reaksi yang amat keras. Itu adalah bentuk penghinaan terhadap Rasulullullah. Hukuman mati bagi pelakunya. Semua orang seharusnya sudah tau kalo masalah itu amatlah sensitif. Tapi kenapa masih ada aja orang yang melakukan hal itu?? Apa motifnya?

Kalo pertanyaannya seperti itu, tentu jawabannya akan sangat panjang dan banyak. Tinggal pilih mo pake teori konspirasi yang mana. Yang jelas, orang yang berinisiatif membuat fans page itu adalah orang yang bener-bener nyari gara-gara. Lah, udah tau itu masalah sensitif, masih diusik-usik juga. Padahal dengan nggak melakukannya pun, mereka nggak akan rugi apa-apa. Iya kan? Masak ada sih orang yang kehidupannya keganggu kalo nggak gambar Nabi Muhammad? Pasti nggak ada lah. So, itu bener-bener kerjaan orang-orang yang pengen ngusik ketenangan umat muslim seluruh dunia. Tindakan yang amat provokatif.

Tadi malam saya nonton berita. Ada salah satu telepon dari seorang warga Aceh yang mengabarkan bahwa di Aceh mulai muncul gerakan-gerakan yang merupakan reaksi atas kasus fans page itu. Parahnya, tidak diketahui sasaran dari gerakan itu siapa, apakah pembuat fans page, facebook, atau pemerintah. Dikhawatirkan akan muncul bibit-bibit terorisme di situ.

Kabarnya, mulai banyak juga pihak-pihak yang akan memboikot facebook dan menuntut pemerintah untuk mendepak jejaring sosial itu dari Indonesia. Kalo yang ini sih saya agak kurang ngerti, kok yang disalahin malah facebooknya. Tapi saya ngerti banget dengan alasan dan latar belakang tuntutan tersebut. Nah, biar masalahnya nggak segera meluas dan nggak lagi muncul reaksi keras, yuk kita rame-rame block report fans page itu. Tinggal klak klik klak klik aja kok. Supaya pihak facebook bisa segera menutup fans page tersebut. Mudah-mudahan pemerintah juga segera melakukan tindakan taktis agar emosi masyarakat Indonesia tidak terpancing. Penting juga tuh, demi menjaga stabilitas nasional.

Oh ya, kalo tertarik, temen2 juga bisa gabung fans page tandingannya di sini.

Ke depan, mungkin tindakan-tindakan provokasi seperti itu akan bermunculan lagi. Yuk, mari kita sama-sama mengawal agar hal itu bisa kita redam sedari awal….

3 Responses to “Lomba Karikatur Rasul, Apa Motifnya??”


  1. 1 Vicky Laurentina May 21, 2010 at 6:12 am

    Oh, aku juga nonton siaran di tipi-wan itu.

    Agak nggak cerdas sih. Siapapun yang menuntut fesbuk ditutup, pasti orangnya nggak punya account fesbuk.🙂

    Kalau kita mau berprasangka baik, mungkin aja orang yang bikin lomba gambar itu nggak tahu sama sekali bahwa Muhammad nggak boleh digambar. Di dunia ini masih ada banyak lho yang nggak percaya bahwa Musa, Yesus, Abraham, Noah si pembuat perahu, dan Muhammad adalah orang-orang suci yang (menurut agama kita) nggak boleh direproduksi wajahnya dalam bentuk apapun, baik gambar, patung, atau bahkan film.

    Sudahlah, daripada bikin lomba karikatur Mohamed, mendingan bikin lomba karikatur Vicky Laurentina..😀

  2. 2 gaby May 21, 2010 at 7:44 am

    semakin yakin . . .

  3. 3 rizqy May 31, 2010 at 12:19 pm

    Motifnya saya rasa adalah mereka ingin melecehkan agama islam..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: