Resensi Buku: Jurus Jitu Memilih Bisnis Franchise

Salah satu permasalahan berat yang menimpa negara kita tercinta saat ini adalah tingginya angka pengangguran. Ironisnya, orang-orang yang berada dalam masa produktif justru mengambil bagian yang cukup besar dari keseluruhan jumlah para penganggur itu. Di sisi lain, bagi yang sudah kerja pun, masih harus pontang-panting memutar otak untuk menentukan prioritas kebutuhan mana yang harus dipenuhi, akibat gaji dan pendapatan yang masih sangat kurang. Singkat kata, kesejahteraan hidup benar-benar masih menjadi mimpi indah bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Salah satu tindakan yang paling ampuh untuk mencapai kesejahteraan hidup adalah dengan memiliki usaha sendiri. Kenapa demikian? Sebab, sekeras apapun usaha kita, jika usaha itu hanya dipersembahkan untuk orang lain, tetap saja hasilnya tidak akan terlalu maksimal. Mungkin karena alasan itu jugalah mulai banyak masyarakat yang bermimpi bisa memiliki usaha sendiri.

Namun, mengelola usaha sendiri ternyata sama sekali bukan perkara yang mudah. Apalagi jika usaha itu harus dimulai dari nol. Tentu kita harus melewati proses trial dan error yang begitu panjang. Tapi, akan beda pertimbangannya apabila kita tinggal menjalankan usaha yang sudah terjamin keberlangsungannya. Hal ini bisa diwujudkan dengan membeli bisnis franchise. Namun, memilih bisnis franchise yang paling tepat untuk dijadikan penopang hidup ternyata cukup memusingkan.

Apabila kita coba membuka koran atau tabloid bisnis, maka di setiap halamannya akan tampak banyak sekali iklan-iklan yang menjual bisnis franchise bak kacang goreng. Tentu tidak semua dari iklan itu memberikan informasi yang benar dan penawaran yang sesuai kenyataan. Untuk itu, kita harus benar-benar cermat apabila hendak membeli bisnis franchise.

Buku ini menguraikan dengan gamblang tahapan-tahapan yang sebaiknya diterapkan dalam memilih bisnis franchise. Gaya bahasanya sederhana dan sangat mudah dipahami, namun tetap mengandung materi yang tidak sembarangan. Tidak mengherankan, sebab memang penulisnya merupakan seorang praktisi, pakar, dan konsultan bisnis franchise.

Banyak hal-hal mendasar yang dijelaskan dalam buku ini, seperti pengertian istilah bisnis franchise, franchisor, franchisee, dan master franchise, ataupun tentang ketentuan hukum bisnis franchise di Indonesia. Kiat memilih bisnis franchise di buku ini terdiri dalam 11 tahapan / bagian. Kepandaian sang penulis dalam mengolah kata dan menyusun sistematika buku, membuat seluruh tahapan tersebut begitu mudah dipahami.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh siapapun yang hendak membeli franchise, ataupun masyarakat luas yang ingin mengetahui dan menambah wawasan tentang perkembangan bisnis franchise.

****

Judul : Jurus Jitu Memilih Bisnis Franchise

Penulis : Suryono Ekotama

Penerbit : Citra Media, Yogyakarta

Cetakan : Pertama, Februari 2010

Tebal : xvi + 200 halaman

Ukuran : 15,5 x 24 cm

3 Responses to “Resensi Buku: Jurus Jitu Memilih Bisnis Franchise”


  1. 3 suryono ekotama May 31, 2010 at 6:28 am

    tks atas resensinya, bos. Makin menambah semangat saya bikin buku yang sederhana namun mudah dipahami. Sukses!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: