Bertamu ke Rumah Komikus Senior Indonesia

Temen-temen tahu komik dan film Gundala Putra Petir ga? Itu lho, tokoh super hero asli buatan Indonesia. Untuk temen-temen yang lahir sekitar tahun 80-an pasti tahu, karena Gundala memang sangat terkenal pada rentang waktu antara tahun 80 sampe 90-an.

Nah, pengarang dari tokoh Gundala Putra Petir itu adalah seorang komikus senior Indonesia, namanya Pak Hasmi. Kebetulan rumah beliau dekat dengan rumah temen kerja saya, yaitu mas Ajon. Memang, selama ini saya ga tahu kalo ternyata Pak Hasmi itu tinggal di Yogyakarta. Dan ternyata beliau itu adalah guru gambarnya mas Ajon. Wuah, pantes aja gambar hasil karya mas Ajon bagus-bagus. Lah wong gurunya aja komikus legenda Indonesia….

Pas lagi ngobrol-ngobrol dengan mas Ajon tentang Pak Hasmi, saya bilang kalo punya temen kuliah yang juga seneng gambar dan bikin komik. Lalu, saya tanya, kira-kira temen saya itu bisa maen-maen ke rumah pak Hasmi nggak. Buat konsultasi masalah menggambar. Syukur-syukur bisa dapat tambahan ilmu. Trus kata mas Ajon, ga papa, bahkan dia mau nganterin ke rumah pak Hasmi. Wew…. Baek banget ya….

Alhasil, hari itu kami bertiga, yaitu saya, temen kuliah, dan mas Ajon, bareng-bareng bertamu ke pak Hasmi. Wah, saya ga nyangka bisa ketemu dengan pengarangnya Gundala. Ternyata beliau udah sepuh. Rumahnya sangat sederhana, sama sekali tidak tampak seperti rumah seorang komikus senior. Tidak mewah memang, tapi saya rasa cukup nyaman untuk tempat tinggal dan tempat berkarya. Di sudut ruang tamu tampak tumpukan koran Kompas yang tersusun rapi. Tampaknya beliau berlangganan koran Kompas, sebab di meja ruang tamu itu juga ada satu yang terbitan hari itu. Belum dibaca dan masih terlipat rapi.

Saya senang mengobrol dengan Pak Hasmi. Mungkin kapan-kapan saya akan bertamu ke rumahnya lagi. Mengamati kehidupan seorang seniman seperti beliau, telah menjadi keasyikan tersendiri buat saya, hehe….🙂

4 Responses to “Bertamu ke Rumah Komikus Senior Indonesia”


  1. 1 Gaby March 31, 2010 at 1:14 pm

    mas ajon itu sapa?

  2. 3 Candra October 4, 2010 at 5:01 pm

    mas mau nanya nih alamat nya pak Hasmi atau penerbitnya PT.Bumi Langit dimana ya pengen maen kesana nih kita , lihat komik jaman kita masih kecil gitu. thank u

  3. 4 yanto gunawan June 9, 2013 at 6:16 pm

    Apa saya oleh tanya alamat lengkapnya Hasmi di Yogyakarta, saya pengen banget berkunjung, beliau idola saya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: