Test Kerja yang Memalukan! Haha…

Jadi begini ceritanya. Seminggu yang lalu saya ngelamar posisi editor ke sebuah perusahaan penerbitan di Jogja. Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan panggilan untuk tes disana. Woow.. Saya seneng banget ngedengernya. Abis itu langsung deh browsing-browsing tentang profil perusahaan dan tugas-tugas seorang editor yang semua bahan itu akan saya jadikan materi latihan untuk persiapan tes.

Akhirnya hari tes pun tiba. Dengan pakaian yang rapi dan rasa percaya diri yang tinggi, saya pun menuju ke lokasi. Sampe sana saya langsung disuguhkan lembar test tertulis. Langsung deh saya garap dengan cukup lancar. Tapi ternyata saya menggarapnya terlalu lama. Waktu sudah selesai tapi tesnya belum rampung saya kerjakan. Wah, Ini kesalahan pertama saya, yaitu terlalu asik dan akhirnya mengabaikan waktu.

Tapi saya saat itu saya masih percaya diri, karena memang soal tes yang tidak terjawab Cuma sedikit, jadi saya tidak terlalu khawatir.  Setelah itu, ternyata masih ada tes selanjutnya, yaitu editing naskah di komputer. Ah, pikir saya ini mah gampang. Lagian saya udah terbiasa menggunakan microsoft word dan lumayan mengetahui EYD.

Setelah naskah soal diterima, saya pun langsung menyunting naskah itu. Tapi kemudian mas yang menjadi fasilitator test bilang ke saya kalo editing naskahnya harus menggunakan aplikasi Adobe Indesign. Wakzzz… padahal saya sama sekali belon pernah menyentuh aplikasi itu. Mampus!!

Gawatttt… ternyata editing naskahnya ga cuma masalah teknis kebahasaan, tetapi juga layout dan tata letaknya. Kalo make microsoft word, saya masih bisa. Tapi kalo pake Indesign, saya ga ngerti blas, karena emang ga pernah mengoperasikan itu.. Huhu…

Tapi saya tetap berusaha sebisanya. Kebetulan tampilannya agak mirip dengan Adobe Photoshop yang dulu pernah saya pelajari itu. Dikit-dikit saya mulai bisa mengeditnya. Tapi masih kacau banget, bener-bener parah. Kemudian waktunya habis, dan saya sama sekali belum menyelesaikan tugas itu. Hiks…

Huuaaah… Beginilah kalo miskin pengetahuan, jadi susah untuk menyelesaikan permasalahan dalam kondisi yang kepepet kyk gitu. Huhu… Saya bener-bener malu… Jadi kliatan begonya, haha…

Akhirnya sore harinya saya langsung nyewa CD master Adobe Indesign, dan menginstallnya di komputer. Gara-gara peristiwa itu, saya jadi penasaran dan ingin mempelajarinya. Yah, sapa tau aja di tes kerja lainnya ada tes komputer dan disuruh menjalankan aplikasi itu lagi. Kalo emang iya, maka saya bisa lebih siap menghadapinya, hehe…🙂

5 Responses to “Test Kerja yang Memalukan! Haha…”


  1. 1 nahdhi December 26, 2009 at 8:24 am

    Ngomong wae hobi disain web atau blogging mesti langsung diterima.

  2. 3 aprillins December 28, 2009 at 11:22 am

    mantab.. good share dit.. wkkwkkwkkw aku juga ga nyangka tuh di penerbitan gitu kamu bakal di suruh edit pake indesign.. wkwwkwwkwk… parah..

  3. 5 alex March 1, 2010 at 2:09 pm

    Sing penting ketompo.. :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: