Paradigma Berbeda Mengenai Kecelakaan Lalu Lintas

Dua hari yang lalu saya habis menghadiri sebuah seminar yang mengangkat tema “Menurunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia”. Bagi saya tema ini sangat menarik, sebab memang berdasarkan statistik, kecelakaan lalu lintas merupakan tiga besar tertinggi penyebab kematian masyarakat di Indonesia.

Berbicara tentang kecelakaan lalu lintas, maka yang terbayang di benak kita biasanya adalah sebuah kejadian mengerikan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Ini juga sudah dibuktikan dengan adanya data statistik yang menyebutkan bahwa penyebab kecelakaan lalu lintas sekitar 90% nya adalah karena human error. Coba aja deh googling, maka kebanyakan data statistik yang ditemukan berkisar pada angka segitu. Minimal selalu di atas 50%.

Namun pada seminar yang saya ikuti kemarin, ada seorang pembicara dari Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM yang memiliki pandangan berbeda, bahkan frontal. Menurut dia yang saya lupa namanya, data yang menyebutkan bahwa 90% penyebab kecelakaan adalah human error, itu adalah bohong dan patut untuk dipertanyakan. MEnurut dia yang latar pendidikannya adalah teknik sipil itu, kecelakaan lalu lintas tidak selalu human error, tetapi banyak juga yang disebabkan karena kondisi jalan yang tidak memenuhi syarat.

Kata beliau, kita jangan mau dibodohi dan dibohongi. Hampir semua jalan nasional di Negara kita itu tidak memenuhi standar, sehingga wajar jika banyak yang mengalami kecelakaan, seperti misalnya kecelakaan akibat banyak jalan berlubang, tingkat elevasi jalan yang terlalu tinggi, lebar jalan yang tidak sama, derajat tikungan yang tidak tepat, pedestrian yg dipake berdagang kaki lima, dan lain sebagainya.

Di seminar itu diuraikan banyak contoh dan gambar (foto) jalan-jalan di Indonesia yang tidak memenuhi syarat. Wew… Dia punya data yang komplit lho. Kalo tak pikir-pikir ada benernya juga ya… Belum tentu kecelakaan lalu lintas itu diakibatkan oleh kesalahan manusia. Tapi selama ini kita menganggap bahwa kecelakaan adalah masalah nasib, makanya lalu kita sering beranggapan bahwa kecelakaan ya karena emang lagi apes ato karena kecerobohan manusia semata.

Tapi saat ini gimanapun juga akan terasa aneh kalo kita menyalahkan (kondisi) jalan kalo pas lagi kecelakaan… Dalam contoh kasus gini, ada anak kecil yang jatuh saat naik sepeda karena menabrak lubang. Kalo kita nyalahin lubang di jalan itu, pastinya akan terasa aneh kan, hehe…

Seminar ditutup dengan meninggalkan sebuah paradigma baru bagi para pesertanya, yaitu bahwa kecelakaan lalu lintas tidak hanya disebabkan oleh human error semata, tetapi bisa juga karena kondisi jalan yang tidak baik. Secara tidak langsung, kesimpulan tersebut merupakan sebuah kritik terhadap Pemerintah yang belum mampu menyediakan fasilitas jalan yang baik dan memenuhi standar.

5 Responses to “Paradigma Berbeda Mengenai Kecelakaan Lalu Lintas”


  1. 1 nahdhi November 14, 2009 at 4:21 am

    Timbang mikir kecelakaan lalulintas mending mikir jadi pengendara yang baik.

  2. 2 ditter November 15, 2009 at 7:02 am

    sip.. kalo udah jadi pengendara yang baik, lanjutkan dengan mikir tentang kecelakaan lalu lintas ya… Sebagai sarana edukasi bagi para pengendara yang belum berkendara dengan baik, hehe…

  3. 3 Adi January 15, 2010 at 4:40 pm

    Memang kecelakaan lalin itu faktorny cuma jalan&si pengendara saja.tlg q d kirimi pdf ato makalah tentang kecelakaan lalu lintas untk menunjang tugas akhir saya.terimakasih

  4. 4 alex March 1, 2010 at 2:38 pm

    Faktor itu human error jg bukan? Pemerintah jg manusia, punya rasa punya hati, bisa bikin salah jg..😉
    They need our help..

  5. 5 erin March 22, 2010 at 5:33 am

    Saya sepakat ama nahdhi : ” Timbang mikir kecelakaan lalulintas mending mikir jadi pengendara yang baik”

    Nah, tempo hari saya antar anak saya yang masih SD ke acara Shell Road Safety, acara untuk mensosialisasikan bagaimana menjadi pengendara yg baik..

    Jadi seneng deh, karna setelah ikut acara itu saya sering di ingetin sama anak saya untuk selalu hati-hati di jalan raya..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: