Menyalakan Lampu di Siang Hari

Bagi pengguna sepeda motor, silahkan menyalakan lampu utama di siang hari

Itulah sebait pesan yang disampaikan oleh para polisi lalu lintas di kota yang saya tinggali ini. Setiap pagi, ketika saya mau brangkat ke kampus, pasti selalu ada polisi-polisi yang dengan tekunnya menyosialisasikan pesan itu kepada para pengguna sepeda motor. Saya sih ngikut aja, walaupun terkadang risih karena ga biasa menyalakan lampu sepeda motor di siang hari, hehe…

Kalo ga salah sosialisasi tersebut mulai gencar dilaksanakan saat dan selepas arus mudik dan arus balik (lebaran) kemarin. Tadinya setau saya sih kebijakan itu hanya berlaku khusus untuk para pemudik bersepeda motor. Tapi ternyata sekarang ini juga berlaku untuk yang nggak mudik.

Saya jadi ingat pengalaman beberapa tahun yang lalu, saat masih semester-semester awal. Jadi dulu saya sering pulang malam, lalu esoknya berangkat agak siang. Nah, saat berangkat itu, terkadang saya lupa mematikan lampu sepeda motor (bekas malam harinya), padahal hari sudah menjelang siang. Tapi kemudian di tengah jalan, pasti ada orang yg akan memberi isyarat kalo lampu motor belum dimatikan, sehingga saya menjadi tau dan untuk selanjutnya mematikannya. Saat itu, menyalakan lampu kendaraan di siang hari, khususnya sepeda motor, memang bukan sesuatu yang wajar.

Tapi beberapa tahun kemudian, tepatnya sekarang ini, kondisi itu berubah. Pengendara sepeda motor justru diharuskan menyalakan lampu utama (bukan sekedar lampu sore) saat siang hari. Itu kira-kira kenapa ya?

Saya sih manut aja dengan kebijakan itu. Tiap pergi di siang hari, sering saya menyalakan lampu sepeda motor. Tapi terus terang saya ga tau maksud dan tujuan dari kebijakan itu. Saya sih hanya baru bisa menduga bahwa, dengan menyalakan lampu, maka pengendara sepeda motor dapat dilihat dengan jelas oleh pengemudi lain yg kendaraannya lebih besar, seperti misalnya bus, truk kecil, atau truk tronton. Tapi kok kayaknya dugaan ini aneh ya… hehe… Walopun pengendara sepeda motor ga menyalakan lampu, para pengemudi kendaraan yang lebih besar pasti masih tetep bisa ngeliat laaaahh… Kan di siang hari…

Lalu, apakah teman-teman tau tujuan dari kebijakan itu? Kalo iya, share di sini ya, biar saya jadi tau, hehe…🙂

16 Responses to “Menyalakan Lampu di Siang Hari”


  1. 1 defriliona October 9, 2009 at 2:43 am

    hmmm…apa ya alasannya???
    mungkin…mungkin loh….gunanya pasang lampu di siang hari supaya mengurangi tinggat kecelakaan lalu lintas..
    mxdnya bgini..(halah),orang yang naek motor kan paling hobi ngebut tuh, dah gtu (agak) malas melihat spion (tapi aku nggak males loh…malah aku rajin liat spion..hehehe)..mungkin wat bbrp orang aja.
    mxdnya lampu ini untuk apa,biar pengendara motor yang ada di depannya walopun ga diniatin liat spion,bs keliatan ada yang silau di blakangnya (iya ga sih???*sotoy)…
    tapi c menurutku,boros kalo nyalain lampu siang hari (sharian gtu loh…), masalah tingkat kecelakan c itu bisa dikurangi dgn kesdaran pengendaranya..bukan karna lampu ^^…
    *hedeh..panjang amat ya??kaya curhat jadinya..hihihi*

    • 2 ditter October 11, 2009 at 7:51 pm

      hmmm.. bisa juga kyk gitu si mbak… jadi spion kita jadi silau gitu kalo ada sepeda motor lain di belakang…

      Iya tuh, boros lampu!! Lagian ga enak banget rasanya nyalain lampu pas kondisi lagi terang benderang…

  2. 3 nahdhi October 9, 2009 at 3:56 am

    Itu untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Untuk motor menyalakan lampu di siang hari sebenarnya tidak mengurangi energi dari aki, karena pada dasarnya sebagian besar motor itu lampu menggunakan sumber daya dari perputaran mesinnya. Paling yang membuat boros adalah lampunya sendiri (umur lampu jadi sedikit lebih pendek). Saya kira itu gak jadi masalah berarti bagi pemilik motor [wong paling ganti lampu telung taun pisan]. So, NYALAKAN LAMPU DI SIANG HARI….🙂

    • 4 ditter October 11, 2009 at 7:52 pm

      masih kagok buat naatin, soalnya ga biasa nyalain lampu dalam kondisi terang kyk gitu, hehehe…
      ini kalo ga salah diatur di dalam UU no 22 tahun 2009

  3. 5 anin October 9, 2009 at 5:27 am

    iya tu, sekarang suruh nyalain lampu di siang hari,
    aku si nurut2 aja,
    di pikiranku sih, orang yang bikin peraturan itu pasti dah mikirin apa sebabnya mesti muncul peraturan macam itu,
    halah, beribet amat si kata2nya..
    ya pokoknya gitu lah..
    hehehe

  4. 6 ditter October 11, 2009 at 7:53 pm

    hehehe.. iya mbak, paham… paham…
    tentu mereka udah mikirin tujuan dan manfaatnya… tapi aku juga pengen ikutan tau, hehe..

  5. 7 kotok-kotok October 27, 2009 at 6:16 am

    Sorry nih sebelumnya bukan sok tau,
    dalam dunia desain ada yang namanya ‘awareness’ yaitu seberapa besar orang memperhatikan kita. misalnya dalam iklan baligo besar yang ada di pinggir2 jalan, kurang lebih iklan2 yang memiliki tingkat awareness tinggi akan berpeluang lebih banyak dilihat orang dibanding dengan iklan yang awarenessnya rendah, katakanlah iklan yang dipasangi lampu menyala(walau disiang hari) pasti akan menarik perhatian orang untuk melihat, dibanding dengan iklan yang tidak dipasangi lampu.
    Nah fungsi lampu disiang hari itu untuk meningkatkan tingkat ‘awareness’ sebuah sepeda motor.
    just my 2 cent

  6. 9 dedi November 2, 2009 at 8:28 am

    wes wes sudah nurut aja kang mas biar aye punya pabrik bohlam laku he he he🙂

  7. 11 Ananta wirya N December 2, 2009 at 7:13 am

    gak percaya gue, kalo polisi gak bisa kasi alasan yang masuk akal ke masyarakat, bisa jg tuch ada unsur kolusi dengan pabrik sparepart kendaraan. coba pikir disaat bangsa ini krisis energi kenapa juga harus boros??????????????!!!!!!

  8. 12 ditter December 17, 2009 at 8:14 am

    Waah… kalo yg ini negatif thinking… No comment aja ya, hehehe…

  9. 13 NoName December 19, 2009 at 3:16 am

    Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari = Pemanasan Global = Krisis Energi.. ???? Apakah ada unsur ekonomis?

    • 14 ditter December 21, 2009 at 9:19 am

      apakah menyalakan lampu di siang hari=pemanasan global? hehe… harus di uji dulu…
      Tapi memang peraturan itu nampaknya kini ga terlalu ditegakkan, sebab masih banyak orang yg ga menyalakan lampu di siang hari… Termasuk saya, haha…

  10. 15 Effort sprit November 19, 2016 at 7:53 am

    Ak pernah tanya ke pak polisi nya saat afa razia…katanya cahaya lampu nya itu memang perlu untuk tanda bagi kendaraan yg melaju d depan nya …meskipun cahaya nya gak sebanding dg terang nya sinar matahari tp itu sangat membantu bagi pengendara lain…karena dr arah kejauhan itu seperti kilatan cahaya…berarti menandakan ono montor dan mobil…ngono lho mas bapak e polisi kae le njelas ke…sory bhasa campur2…


  1. 1 Belok Kiri Jalan Terus | Catatan gado-gado Trackback on January 9, 2014 at 10:56 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: