Bantuan Untuk Korban Gempa

Duka sedang melanda Indonesia. Dua gempa besar terjadi dalam waktu yang sangat berdekatan. Yang pertama mengguncang kota Padang dan Pariaman provinsi Sumatera Barat. Esoknya gempa kembali beraksi di kota Sungai Penuh, provinsi Jambi.

Karena banyaknya gedung dan rumah yang ambruk, maka korban baik meninggal maupun terluka juga sangat banyak. Belum lagi yang masih tertimbun di reruntuhan dan belum jelas bagaimana nasibnya. Relawan dan para petugas pun bekerja keras agar korban tersebut bisa dievakuasi dari reruntuhan.

Bagi korban yang selamat dan telah dievakuasi, keadaannya sungguh menyedihkan. Fasilitas kesehatan sangat minim, makanan juga nampaknya sulit didapat. Itu semua bisa diketahui dari berbagai berita dan tayangan di surat kabar dan televisi.

Melihat itu semua, kita yang tidak menjadi korban pun tergerak. Kita semua bahu membahu memberikan bantuan baik berupa uang maupun barang dan makanan. Walaupun tidak menjadi korban, tapi hati kita tetap sakit melihat penderitaan saudara kita disana. Rasa kebersamaan dan saling memiliki lah yang menggerakkan kita semua, untuk membantu saudara kita. Saya yakin bantuan itu sudah luar biasa banyaknya. Itu tercermin dari banyaknya media massa, perusahaan, LSM, dan komunitas yang membentuk dompet amal dan posko bantuan.

Liat saja misalnya beberapa stasiun televisi yang membuat program acara sumbangan lewat telepon. Itu lho, acara yang menampilkan beberapa orang (biasanya tokoh atau artis terkenal) yang menerima dan menjawab telepon dari pemirsa. Nah, telepon itu berisi kesediaan atau konfirmasi untuk menyumbang uang dalam jumlah tertentu. Tadi aku sempet liat bentar, ditayangin sama Trans TV dan Trans 7.

Dari situ saja saya cukup tau kalo sumbangan yang udah terkumpul sudah luar biasa banyaknya, yaitu mencapai puluhan milyar. Yah, ini bagus, sebab saya yakin saudara kita yang menjadi korban gempa pasti sangat membutuhkan bantuan itu.

Bantuan berupa uang untuk membeli makanan, obat-obatan, dan lainnya, memang sangat penting. Tapi tentunya ada juga yang tidak kalah penting, yaitu koordinasi yang baik dalam menyalurkan bantuan itu. Profesionalisme sangat penting di sini. Jangan sampai bantuan yang disalurkan tidak merata atau tidak tepat sasaran, atau bahkan mungkin disalah gunakan. Wah, yg terakhir ini mah kebangetan banget. Siap-siap masuk neraka aja deh kalo sampe ada yg berani menyalahgunakan bantuan…

Jadi menurut saya bantuan yang diperlukan tidak hanya berupa barang, obat-obatan, dan makanan saja, tapi juga tenaga pandai profesional untuk bergabung bersama satkorlak atau tim penyalur bantuan yang ada… Kalo bisa sih pihak yang bertugas mengkoordinasikan dan menyalurkan bantuan cukup satu saja, biar ga terjadi kekacauan dan saling tumpang tindih dalam proses penyaluran bantuan… iya kan…

0 Responses to “Bantuan Untuk Korban Gempa”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: