Met Hari Raya Idul Fitri!!

Pagi ini terasa dingin sekali. Saya pun malas-malasan bangun, sulit untuk melepaskan diri dari balik selimut. Wah, Pasti bakalan lebih enak kalo nerusin tidur nih… Tapi akhirnya tetap saya paksakan bangun, karena harus bergegas mandi untuk segera ke lapangan menunaikan sholat sunah Idul Fitri.

Wew, ternyata lapangan sudah penuh. Sholat baru akan dimulai tepat ketika saya datang. Tanpa harus menunggu, saya pun langsung mengikuti sholat Idul Fitri berjamaah di lapangan kecamatan itu.

Seperti biasa, sholat diakhiri dengan ceramah dari khatib. Isi ceramahnya bagiku cukup menarik, mengambil cerita-cerita tentang negeri barat sebagai bahan pendukung ceramah.

Khatib menceritakan kalo muslim di beberapa Negara di Eropa menjalankan puasa lebih dari 14 jam. Sahur jam dua pagi dan buka puasa biasanya jam 10 malam. Oleh karena itu, sebenarnya puasa kita di Indonesia ini tidaklah terlalu berat, sehingga tidak ada alasan untuk bermalas-masalan karena puasa.

Menurut khatib, selama ini ada pandangan dari golongan yg nota bene merupakan pembenci Islam, mengatakan kalo puasa itu adalah kegiatan yg menyiksa diri, sehingga tidak boleh dilakukan. Khatib dan tentunya kita semua ga menyetujui hal itu. Toh selama ini sudah banyak ahli yg mengatakan kalo puasa itu sehat dan baik bagi tubuh. Hal ini pun sudah terbukti secara ilmiah, walaupun sebenarnya saya sendiri belum pernah mengetahui bentuk konkrit hasil penelitian ilmiahnya itu, hehe…

Dalam ceramah itu, dijelaskan kalo makna puasa yg paling fungsional itu adalah untuk melatih empati kita terhadap sesama, khususnya terhadap kaum duafa. Dengan puasa, kita dapat turut merasakan bagaimana beratnya menjalani hari dengan kondisi lapar, haus, dan lemas. Nah, itu berarti puasa akan berkurang maknanya kalo kita bermalas-malasan. Percuma kita puasa tapi kerjaannya cuma tidur ato maen game seharian. Dikatakan percuma, karena tubuh kita menjadi kurang tertempa, jadinya sama aja kyk hari-hari biasanya… Empati juga menjadi kurang terlatih…

Yah, menurut saya, kita memang perlu melakukan evaluasi atas puasa yang sudah kita jalankan di bulan ramadhan kemarin. Ini penting agar kualitas puasa kita di ramadhan berikutnya dapat terus meningkat. Kalo kata para ustadz sih, puasa yang baik itu adalah yang membawa manfaat terhadap kehidupan sehari-hari, seperti misalnya tingkat kejahatan yang menurun, serta kerukunan dan kedamaian yang baik. Itu semua bisa terjadi kalo masyarakat benar-benar bisa menghayati puasa dan mengekang nafsu amarahnya dengan maksimal. Kalo udah gitu, tentunya ibadah puasa kita juga akan di terima oleh Allah SWT…

Nah, di hari yang fitri ini, marilah kita saling bermaaf-maafan, atas segala khilaf yang pernah terjadi, baik yang disengaja ataupun tidak, okeee…

Selamat hari raya Idul Fitri ya teman-teman! Minal Aidin Wal Faidzin… Mohon maaf lahir dan batin… ^^

0 Responses to “Met Hari Raya Idul Fitri!!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: