Akun Portal Kuliah ku di Hack!!

Tadi siang ini aku sibuk ngurusin proses pendaftaran ujian pendadaranku. Ternyata syaratnya lumayan banyak, mulai dari fotokopi KTM, skripsi rangkap 4, materai, tanda tangan dosen ini dan itu, dan lain sebagainya. Gila, ternyata itu semua menghabiskan duit yg ga bisa dibilang sedikit. Tau2 aja duitku ludes…

Nah, salah satu syarat yg tadi cukup bikin repot aku adalah transkrip nilai seluruh semester. Sebenarnya gampang si, tinggal buka akun portal ku aja, trus masuk ke halaman transkrip nilai, trus di print deh. Cuma masalahnya beberapa minggu yang lalu aku pernah coba masuk ke akun itu, tapi entah kenapa ga bisa, ada tulisan yg kurang lebih begini: “maaf, password anda salah”.

Lhoooooooo… aneh banget, biasanya bisa kok… Dan aku apal banget sama id dan passwordnya, wong udah tiga tahun aku menggunakan itu di akun portal. Aku menduga keras bahwa ada yg nge-hack akun portalku itu, lalu mengganti password atau mungkin id nya supaya aku ga bisa login. Jadi semacam nge-hack friendster, facebook, atau email gitu lah…

Gila bener. Siapakah orang kurang kerjaan yang melakukan itu padaku? Perasaan di kampus aku ga punya musuh, cos aku adalah orang yang sopan. Lagian setauku temen2 ga ada yg benci ma aku tuh. Apakah temen2 dari dunia maya? Waduh, kayaknya nggak deh… Cos akun ku yang di hack kan bukan semacam blog ato email yg disediakan untuk umum, tapi khusus bagi civitas akademika di kampusku aja. Lalu siapa ya? Wah, semprul tenan kok…

Karena aku tetap yakin dengan id dan password ku itu, maka aku coba terus berkali-kali. Suatu perbuatan yg sia-sia sebenarnya, sebab ternyata masih tetep ga bisa. ARRRGHHHHH…

Gawat, hari udah mulai sore, dan kantor sebentar lagi tutup, padahal aku masih belon mendapatkan transkrip nilaiku. TIDAAAKK… Padahal harus segera didaftarkan…

*Clinggg…*

Tiba-tiba aku dapat ide bagus… kenapa aku ga cari cara mengatasi hack di google aja? Pasti ada, soalnya temen2ku sering dapat cara nge-hack situs tertentu dari google.

Setelah aku cari2, ternyata ga ada, adanya Cuma cara nge-hack doang, aku ga nemu yg mengembalikan. Kalo pun ada, khusus buat blog2 umum, bukan portal kuliah… Waduuuuhhh…

Aku hampir putus asa. Kemudian ada salah seorang pengurus akademik yg lewat depanku. Spontan aku tanya ke dia.
“Pak, sepertinya akun saya di hack pak. Ni ga bisa saya buka, padahal id dan password saya udah bener lho pak. Sial banget tuh orang iseng yg nge hack akun saya, kurang kerjaan banget! Arrgrghhh….”

lalu sya lanjutkan. “Bapak tau cara ngembaliinnya ga pak?”

Dengan ringan dan tanpa empati, dia hanya singkat bertanya. “Udah bayar BOP (biaya operasional pendidikan) semester kemaren??”

Aku terdiam. Kemudian aku menjawab, “baru saya bayar kemarin pak, jadinya udah telat 4 bulan.

Dia membalas. “ada blangko atau bukti pembayarannya?”

“Ohh, ada pak!! Ini..!” kemudian selembar bukti pembayaran aku serahkan ke bapak itu.

“Oke, tunggu sebentar ya. Akun kamu di blokir dan diganti passwordnya karenatelat (belon) bayar BOP. Sebentar lagi akan saya urus dan sya kasih password barunya.”

Spontan aku terdiam.

Whahahahahahahahaha…. ternyata bukan karena di hack orang! Kenapa ga dari tadi ya aku nanya si bapak itu. Huhuhu… abis ga kepikiran si… Hahaha… bego bener…

Kemudian aku berhasil login dengan password baru ku. Masuk ke halaman transkrip nilai, trus langsung tak print. Horeeee….!! Akhirnyaaa beres, syarat terakhir telah terpenuhi… Asiiikkkk…

Satu pelajaran buatku atas kejadian tadi: Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Dan juga jangan ragu untuk bertanya kepada yg lebih tau, jangan hanya mengandalkan mbah Google saja….

8 Responses to “Akun Portal Kuliah ku di Hack!!”


  1. 1 Vicky Laurentina August 20, 2009 at 9:05 pm

    Wakakak..tiwas udah nuduh-nuduh hacker. Mudah-mudahan nggak ada komunitas hacker yang ngamuk baca posting-mu ini..

  2. 3 arham blogpreneur August 22, 2009 at 7:39 am

    pelajaran supaya bayar ngak telat juga😀

    oh iya, kenapa mereka ngak ngasih notice ke kamu kalau bayar BOP jangan telat karena….. bisa begin begini… semua bisa via email … sayang pengurusnya ngak ada internet awareness

    • 4 ditter August 22, 2009 at 9:18 am

      haha… iya, bner banget tuh…

      iya, abis aku jarang ke bagian akademik juga, jadi petugasnya ga sempet ngasi notice ke aku, hehe… di papan pengumuman juga ga ada pengumumannya, huhu…

  3. 5 odong February 2, 2012 at 10:33 pm

    gak sengaja baca. langsung ngakak guling guling.

    padahal tadi suntuk gra” gak bisa buka portal. gak inget pasword sama sekali soalnya.
    mau lihat nilai perdana padahal –a
    ngarepnya sih tadi hbis baca ini dapt solusi bisa masuk portal tanpa password. ternyata …
    hehe~ #sorry.curcol

  4. 6 igasbujang March 13, 2012 at 11:13 pm

    untung bapaknya ga tnya, klo ktmu yg hack mau kamu apaiin.? haha

  5. 7 aji October 12, 2016 at 9:43 pm

    Tadi siang dapet tugas dari doesn duruh download dari akun portal kampus. cuman gag bisa dan juga keluar notif hacked by cyber apa gitu.. semoga emang cuman diblokir sama kampus, jadi bisa aku urus.. amin amin.. cuman yang jadi masalah aku udah bayar pula separuh biaya kuliah. dan juga ini belum masuk tanggal pelunasan, nah temen2 yang lain pada blm nglunasin tapi tetep bisa login. besok agi baru aku mau tanya ke bagian oprasional. semoga dapet pencerahan dan solusi. amin

  6. 8 aji October 12, 2016 at 9:44 pm

    lah banyak typo.. hhe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: