Iseng Bikin Banner Dinamis

Hmmm… kebetulan hari ini aku jaga warnet dari jam 1 siang sampe jam 7 malem. Rencanya mo aku sambi baca buku bahan skripsi sama bikin postingan tentang nelayan kita yang berjuang untuk bertahan hidup dalam menghadapi impor ikan besar2an. Itu niat awalnya…

Belon ada semenit duduk di depan komputer, eh tiba2 niat mulia ku itu langsung ilang semua, haha… tiba2 ngerasa males gitu… Nah, kebetulan akhir2 ini aku lagi penasaran sama gambar yg bisa gerak2. Kalo kata orang namanya itu animasi dengan format gif. Nah, masalahnya aku ga ngerti ma yg kyk begituan. Tapi aku penasaran banget, dan pengen bikin satu aja buat menghias blog ku ini.

Lalu aku mulai nyari2 caranya di google. Banyak banget. Dan ada satu yg bagus, ada di situs ini. Bagus banget lho! Ada panduan bergerak nya gitu, jadi bener2 mempermudah kita, tinggal ngikutin aja apa yg udah ditampilin di panduan.

Disitu dijelasin kalo sebelumnya kita harus download gif maker nya dulu, dan link nya udah disediain disana. Ya sudah, langsunglah aku download dan install di computer. Hoh, ternyata sebelumnya kita harus punya gambar dulu sebelum diolah jadi animasi bergerak. Waduhh, padahal aku ga punya gambar yg oke…

Akhirnya aku nyari2 di google dan dapat yg bagus di link ini. Tentu aja gambarnya itu masih harus diolah dan diedit2 lagi. Waduh, padahal di computer kasir ga ada program corel ato photoshop.

O iya, kebetulan dulu aku pernah denger kalo ada corel portable yg penggunaannya ga usah diinstal segala, langsung siap pake. So, langsung deh aku cari diinternet trus tak download. Lama banget, abis filenya gede si, hampir 40 MB. Setelah dapet, langsung deh aku mulai mengedit2 gambar dan nambahin tulisan2 yg dirasa perlu. Proses ini makan waktu yg lumayan lama, lah wong aku ga begitu bisa make corel, hehe…

Setelah gambarnya jadi, langsung saja aku olah pake gif makernya. Set… set… set… Jadi deh!! Waaahh… ternyata ada yg kurang pas, ga sesuai keinginan… lalu aku ulang lagi. set… set… set… Proses ini berlangsung beberapa kali, soalnya aku mo yg bener-bener perfect, maksudnya yg sesuai ma keinginanku. Setelah beberapa kali bereksperimen… Tatttaraaaa…!! Akhirnya selesai juga! Beres dah..

Abis itu langsung aku bikin scriptnya, lalu tak pasang di sidebar paling atas. Tuh, hasilnya udah bisa diliat, hehe.. lumayanlah, menambah semarak blog ku… Tapi kalo tak liat2 kok hasilnya eksperimennya jelek juga ya, hahaha… acak2an gitu gambarnya… Abis aku ga begitu ngerti cara bikinnya si… ga advance… Tapi ga pa2 lah… Yg penting hasil bikinan sendiri, hehe…

8 Responses to “Iseng Bikin Banner Dinamis”


  1. 1 gaby August 12, 2009 at 3:47 pm

    berakibat pada skripsi yg keteteran melulu…

    • 2 ditter August 13, 2009 at 10:07 am

      hehe… nggak lah… kan hari itu emang ga ada jadwal garap skripsi…

      • 3 gaby August 13, 2009 at 3:18 pm

        “Rencanya mo aku sambi baca buku bahan skripsi sama bikin postingan tentang nelayan kita yang berjuang untuk bertahan hidup dalam menghadapi impor ikan besar2an. Itu niat awalnya”

        masih mau mengelak? heh?

  2. 4 omahmiring August 13, 2009 at 8:37 am

    Wah ndak baik itu. NiatE wis bener, jadine malah bikin bAnner…. Ckckckck….

  3. 6 ditter August 14, 2009 at 7:35 am

    – Gaby: hehehe… itu kan bukan garap skripsi, tapi baca2 buku yg berhubungan dengan tema doang…

  4. 7 Heru February 24, 2010 at 9:40 am

    Saya suka postingan ini

    Terima Kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: