Wisata Kuliner: Ayam Betutu

ayam betutu

Bagi anda yang mengaku penggemar daging ayam olahan, maka rasanya wajib untuk mencoba salah satu masakan khas Bali, Ayam Betutu.

Sebelumnya aku mo crita dulu kalo aku ini adalah penggemar makanan yang enak2, khususnya daging ayam olahan. Kalo pas punya duit, aku kurang tertarik buat beli baju baru, beli sepatu, tas baru, ataupun ganti hp. Aku lebih suka menghabiskan uangku untuk wisata kuliner atau mencoba makanan yg baru. Bahkan dulu pernah gajiku sebulan yg ga seberapa itu nyaris habis dalam semalam hanya untuk nyoba masakan Iga Bakar yang ternyata memang enak banget. Nah, karena sifatku itu, akhir2 ini aku penasaran banget sama yg namanya Ayam Betutu. Klo Kata orang2 sih enak, tapi tentunya wajib untuk dibuktikan sendiri.

Dulu pas masi kecil (SD), aku pernah baca di majalah Intisari kalo ada olahan daging ayam yg enak, cara masaknya unik, yaitu ayam utuh diselipkan bumbu2 rempah ke dalam rongga2nya, lalu dipanggang dalam api sekam. Pada saat dipanggang, bumbu2 tersebut akan lumer meresap ke dalam daging ayam, terbawa oleh minyak ayam yang mencair akibat panas panggangan. Proses tersebut akan membuat daging ayam terasa sangat enak, sebab bumbu2 rempah meresap kuat ke dalam daging. Saat baca artikel itu, aku mati2an menahan air liur, sebab bener2 penasaran pengen nyobain itu. Tapi waktu itu aku ga begitu merhatiin apa nama masakannya, dan kemudian akupun lupa. Beberapa tahun kemudian, lebih tepatnya tahun ini, ingatanku tersebut mulai bangkit. Sebuah artikel memberitahuku kalo ada yg namanya masakan ayam betutu, dan ternyata cara masaknya sama persis dengan tulisan di Intisari yang dulu pernah aku baca.

warung yang aku kunjungin

warung yang aku kunjungin

Nah, di Yogyakarta, ternyata ada warung yg khusus menjual ayam betutu khas Gilimanuk Bali. Wah, begitu tau, aku langsung ada niatan pengen kesana, tapi akhirnya baru kesampean hari kamis yang lalu. Setelah ngambil duit tabungan di ATM, aku dan Gaby dateng ke warung tersebut yg terletak di barat jalan palagan. Kalo ga salah sih alamatnya di Jl Watugede No 2 Mudal Sariharjo Ngaglik Sleman. Woww, tempatnya bagus banget! Jadi letaknya di area persawahan gitu, bener2 alami, anginnya juga semilir menambah nyaman suasana.Selain itu, desainnya juga bagus banget, bersih, modern tapi tetep alami. kalo untuk tempat, aku acungin dua jempol deh…

Setelah mikir agak lama untuk menentukan pilihan makanan, akhirnya kami pesen ayam betutu basah (kuah) dan lawar ati. Sebenarnya ada dua pilihan masakan, yaitu yang pedas sedang atau yg sangat pedas. Tapi kemudian aku pesen yg pedas sedang aja, soalnya takut kepedasan dan malah ga bisa menikmatinya lagi. Lagian Gaby juga ga begitu suka masakan yg pedas2.

hidangan komplit ayam betutu

Setelah menunggu agak lama, pesananku pun datang. Ternyata ayamnya juga disertai dengan hidangan lain yg udah jadi satu paket. Wow, kyknya enak banget nih. Spontan air liurku pun menetes. Gimana nggak, pemandangan diatas meja bener2 membangkitkan nafsu makanku. Ayam berwarna kuning sereh dan bertabur bumbu rempah telah terhidang bersama sambal, sayur kangkung segar, irisan bawang merah yang wangi, kacang gorang yg tampak renyah, dan lawar ayam yg sarat bumbu. Hmmm… bener2 sajian yg begitu menggoda!! Mantab gan…

Pertama-tama aku siramkan dulu kuah ayam betutunya ke nasi putih hangat. Lalu aku santap perlahan. Waaaaahhh… Mak nyussss… bumbu rempahnya bener2 menggigit, pedas dan gurih. Kemudian aku mulai menyantap daging ayamnya. Waaah.. sangat lembut, mudah disobek. Begitu menempel di lidah, cesssss… campuran bumbu rempah yang teresap dengan baik serta aroma daging ayam yang khas, langsung memanjakan lidahku yang memang menyukai masakan spicy ini. Hidangan tersebut aku santap bersama sayur kangkung, sambal, irisan bawang merah, dan kacang goreng. Sedaaaaaappp…

Eits, ternyata masih belum selesai. Masi tersisa lawar ati yang sebenarnya adalah pesanannya Gaby, hehe… Tapi karena penasaran, aku pun ikut makan. Begitu di coba.. uggghh… enak banget! begitu gurih, dengan rasa dan aroma rempah yang begitu kuat. Jadi lawar ati itu terbuat dari nangka muda yang diiris, lalu ditumis dengan bumbu rempah dan ati ayam. Benar2 mantab gaann… Anda patut mencobanya…

Karena masakannya sangat enak, aku pun kehilangan kendali. Setelah memesan nasi bakul untuk berdua yg ternyata masi kurang, lalu aku pesan lagi nasi dua piring khusus untuk aku. Hasilnya, aku bener2 kekenyangan dan malah jadi ga nyaman, kesan enak masakan yg udah aku makan jadi rusak. Sial bener…

Pelajaran besar buat aku dan mungkin untuk temen2 semua, yaitu jangan makan berlebihan pada saat wisata kuliner, sebab akan mengurangi kenikmatan masakan yang kita makan itu…

Gimana, tertarik untuk mencoba ayam betutu? segeralah cari warung makan di daerah anda yang menyediakan masakan itu, hehe… Atau jangan2 sudah pernah mencobanya? Kalo iya, anda pun pasti sepakat denganku kalo ayam betutu itu bener2 enak, khususnya bagi para penggemar daging ayam dan masakan yg spicy…

12 Responses to “Wisata Kuliner: Ayam Betutu”


  1. 1 aprillins August 8, 2009 at 4:36 pm

    masya olloh.. itu ayamm.. ngiler.. ngider… huh huhu besok minggu pagi mau makan ayam ah.. kwoakwoka. oh iya enak toh sedap toh mantab toh buka moldymen nya?? wkoakwoka

  2. 3 omahmiring August 10, 2009 at 9:49 pm

    Husy… ojo kakean mangan…

  3. 5 RoNa September 2, 2009 at 9:44 am

    harganya brapaan ni diiiit? hehe ..jd pingin

  4. 9 tri supriyono April 9, 2010 at 2:33 am

    Jual ayam potong dgn cara ISLAMI bbs formalin dan prwarna untuk pesta pernikahan,khitanan,ulang thn,catring,RM,dll siap antar gratis !!!!!.hub bu TIAH/SUPRIYONO, 02192820156/085697831680.

  5. 10 jamsuri November 22, 2012 at 6:34 am

    Assalu’alaikum.
    jual daging ayam boiler,siap antar GRATIS.
    butuh daging ayam ? telpon saya:087860932444,
    kami menyediakan beberapa bentuk diantaranya:ayam utuh.dada.paha.empelo&hati.sayap.ceker.kepala.fellit dada.fellit paha.dll.
    menerima pesanan.eceran.sedikit / banyak.
    harga bersaing & paling murah
    produk ayam kami segar,halal,aman di konsumsi.
    gratis biaya pengiriman

    wassalamu’alaikum
    bpk jamsuri&ibu maryama

  6. 11 jamsuri November 22, 2012 at 6:39 am

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    Assamu’laikum.
    jual daging ayam boiler,siap antar GRATIS.
    butuh daging ayam ? telpon kami:087860932444,081337277788
    kami menyediakan beberapa bentuk daging ayam diantaranya:ayam utuh.dada.paha.empelo&hati.sayap.ceker.kepala.fellit dada.fellit paha.dll.
    menerima pesanan.eceran.sedikit / banyak.
    harga bersaing & paling murah
    produk ayam kami segar,halal,aman di konsumsi.
    gratis biaya pengiriman

    wassalamu’alaikum
    bpk jamsuri&ibu maryama


  1. 1 Menjajal Bebek Goreng Pak Slamet « Ditter's Blog Trackback on August 18, 2010 at 4:24 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: