Memilih Layanan Blog Gratis

Menulis merupakan sebuah proses kreatif yang sangat berguna untuk melatih ketajaman pikiran. Di zaman yang serba canggih ini, aktivitas menulis tidak hanya dilakukan di sebuah kertas ataupun buku harian saja, tetapi banyak juga yang melakukannya lewat media di dunia maya. Salah satu media yang saat ini sedang “membooming” adalah web blog. Melalui web blog, kita cukup bebas menuliskan hal-hal apa saja yang kita rasakan dan refleksikan, tentunya dengan dibatasi oleh norma-norma yang berlaku.

Aktivitas menulis di blog biasa disebut dengan blogging atau ngeblog. Ngeblog sangat digemari masyarakat karena dapat mendatangkan keasyikan tersendiri, seperti misalnya mendapatkan teman baru, mengaktualisasikan diri, berbagi cerita dan pengalaman, berdiskusi, berlatih menulis, mendapatkan penghasilan tambahan, dan lain sebagainya. Teknis untuk menggunakan web blog juga sangat mudah. Tanpa perlu mengerti bahasa pemograman ataupun program-program seperti Microsoft Frontpage, Dreamweaver, PHP, dan SQL, kita sudah dapat memiliki dan menjalankan web blog melalui aplikasi Content Management System (CMS) yang banyak tersedia di Internet secara gratis. Sangat mudah!

CMS itu sendiri adalah sebuah software yang memisahkan isi dan desain suatu website, sehingga tampilan halaman tidak berubah walaupun terjadi perubahan isi. CMS membuat pengaturan alur kerja dan hak akses menjadi lebih fleksibel, sehingga memperbesar kesempatan user dalam berpartisipasi mengembangkan website tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis setingkat web master.

Saat ini ngeblog semakin mudah karena layanan CMS gratis juga semakin banyak tersedia. Jika dulu hanya di dominasi oleh domain Multiply, WordPress dan Blogspot, maka sekarang sudah banyak pendatang baru yang cukup mendapat tempat di hati masyarakat, seperti misalnya blogdetik.com, dagdigdug.com, blogsome.com, blog.com, livejournal.com, xanga.com, diaryland.com, tumblr.com, blogspirit.com, blogdrive.com, dan aslimalang.com. Namun banyaknya pilihan CMS gratis tersebut justru menjadi suatu problem tersendiri bagi yang ingin memiliki web blog, sebab bingung untuk memilih CMS mana yang kira-kira paling ideal bagi dirinya. Untuk itu, sebelum ngeblog ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai kelebihan dan kekurangan CMS gratis yang akan kita pilih.

Menurut situs alexa.com, beberapa layanan CMS gratis yang masuk ke dalam 20 besar situs terfavorit di Indonesia berturut-turut adalah Blogspot, WordPress, dan Multiply. CMS tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Bagi yang ingin memanfaatkan web blog gratis sebagai lahan berbisnis, rasanya Blogpsot merupakan pilihan yang tepat, sebab semua kelebihan yang dimilikinya dapat mengakomodasi kepentingan untuk mendapatkan tambahan uang, seperti misalnya melalui google adsense. Sistem komentar yang tertutup juga dapat melindungi web dari berbagai spam yang biasanya mengincar web yang berformat bisnis. Selama ini cukup banyak pihak yang memanfaatkan Blogspot sebagai online shop. Script HTML atau CSS pada Blogspot juga bisa dirubah, yaitu melalui tool edit HTML, sehingga sangat cocok bagi orang yang hobi mengutak-atik tampilan dan bereksperimen dengan script.

Sedangkan jika ingin memanfaatkan blog sebagai media diskusi dan tempat menulis pengalaman pribadi ataupun tema-tema sosial, maka WordPress dapat menjadi pilihan utama, sebab kelebihan yang dimilikinya cukup representatif untuk mengakomodasi kepentingan tersebut. Teknis penggunaan WordPress cukup mudah dan sederhana. Kita juga dapat menambahkan page baru, membuat sub-kategori postingan, dan memunculkan statistik blog. Sistem komentar yang terbuka memungkinkan terjadinya pertukaran informasi atau komentar, dan hal ini merupakan hal yang sangat menarik dan mengasyikkan. WordPress sangat cocok untuk orang yang lebih mengutamakan content tulisan dari pada tampilan.

Kelebihan Multiply terletak pada fiturnya yang beraneka ragam, yaitu galeri foto, halaman review, kalender, links, form guestbook, personal message, dan lain-lain. Selain itu, CSS atau HTML pada Multiply bisa diedit, sehingga kita bisa mendesain tema tampilan semau kita. Postingan di Multiply dapat dipantau oleh sesama user melalui inbox secara real time. Multiply dapat dimanfaatkan sebagai web jejaring sosial untuk mencari teman, membangun komunitas, dan menawarkan produk tanpa khawatir diserang oleh spam. Multiply sangat cocok bagi orang yang addictive terhadap kehidupan sosial di dunia maya. Selama ini juga cukup banyak yang memanfaatkan Multiply sebagai online shop.

Web blog gratis buatan lokal, seperti misalnya blogdetik.com dan dagdigdug.com, juga memiliki kelebihan yang cukup “menggiurkan”, yaitu proses loading yang sangat cepat, khususnya jika diakses dari Indonesia. Dari segi teknis, sama dengan WordPress, sebab web blog tersebut memang menggunakan WordPress sebagai engine-nya.

Pada dasarnya mencari yang paling unggul dari semua web blog gratis adalah hal tidak perlu. Langkah paling baik yang dapat kita lakukan adalah memilih mana yang kira-kira paling cocok dengan kebutuhan dan orientasi kita masing-masing. Selamat ngeblog!!

5 Responses to “Memilih Layanan Blog Gratis”


  1. 1 Kuliah Gratis July 30, 2009 at 3:02 am

    Wah kebetulan 2 diantaranya dah tak coba mas cuma belum nyoba yang multiply coz belum tertarik ke situ

  2. 3 Vicky Laurentina July 30, 2009 at 10:19 am

    Tanahku di Blogspot udah dihargain mahal, soalnya bangunannya udah gede. Tanahku yang di WordPress masih kosong, belum tau mau ta’ apain. Aku punya tanah juga di Multiply, tapi cuman buat naruh plang “Get me at Blogspot!”


  1. 1 Memilih yang Paling Besar | Catatan gado-gado Trackback on April 10, 2014 at 11:45 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: