Pengen Masuk UGM, Malah Tertipu

Saking ingin memasukkan anaknya ke UGM, seorang warga Kutai Kaltim tertipu ratusan juta Rupiah. Duit amblas, harapan sang anak pun kandas.

Gila bener. DUit yang ilang ga tanggung-tanggung, mencapai angka 120 juta rupiah. Wakz.. bisa buat ngenet berjam-jam tuh. Adalah Abdul Hamid (40), warga Muara, Kutai, Kalimantan Timur yang sangat ingin anaknya bisa masuk UGM. Mungkin karena merasa anaknya ga akan mampu lulus tes masuk atau gimana, akhirnya dia memilih jalur “khusus” dengan membayar seorang oknum yang katanya bisa membantu memasukkan anaknya ke UGM. Dia mendatangi PT Pujo Sindo Group yang berkantor di Sleman, dan bertemu dengan Yohan Nanu yang mengaku sebagai perantara penerimaan mahasiswa melalui jalur khusus di UGM.

Setelah melakukan pertemuan beberapa kali, akhirnya mereka saling bersepakat. Abdul bersedia untuk membayar 200 juta rupiah, dan Yohan juga menyanggupi meloloskan anak Abdul ke UGM. Tapi aku ga begitu ngerti, fakultas yang di incer itu fakultas apa. Tapi kyknya sih fakultas kedokteran, soalnya kata Budi Prasetyo, ketua panitia UM UGM taon ini, fakultas kedokteran adalah fkultas yang paling banyak diincer oleh orang2 yang doyan “jalur khusus”. Kenapa bisa begitu? Mungkin emang karena tingginya prestige fakultas kedokteran UGM, setinggi gedung2 kuliahnya… Kalo wong ndeso kyk aku ini lewat daerah situ, pasti bakalan bingung. Itu gedung kuliah atau hotel bintang lima?

Balik ke tema awal. Karena Abdul ga punya uang sebanyak itu, akhirnya dia mencicil dulu sebanyak 120 juta rupiah, sisanya dibayarkan kalo udah dapet utangan. Bapak dan anak pun senyum2 girang membayangkan salah satu anggota keluarganya bisa masuk (kedokteran) UGM.

Tes ujian masuk UGM pun dilaksanakan. Beberapa minggu kemudian, hasil test sudah diumumkan di berbagai media massa. Abdul dan anaknya Cuma bisa gigit jari karena ternyata nama sang anak tidak tertera di daftar calon mahasiswa UGM. Sadar telah di tipu, mereke pun melaporkan Yohan ke Polisi.

Sebelum melapor ke Polisi, kyknya Abdul punya dilema hebat. Abis gimana, kalo dia lapor dan akhirnya diliput media, berarti niat dan kecurangan dia untuk memasukkan anaknya ke UGM dengan cara nyogok akan terungkap. Kalo udah gitu pasti bakalan malu banget dong… Tapi kalo ga dilaporin, dia harus rela kehilangan duitnya yang segambreng itu dan harus ikhlas ngeliat orang yg menipu dia bebas berkeliaran tanpa tersentuh hokum. Nah lho…. Tapi akhirnya dia memilih untuk menanggung malu dan melaporkan Yohan ke polisi…

Parah…. Coba bayangkan kalo misalnya ada berpuluh orang2 yg make jalur duit dan bisa lolos masuk universitas. Padahal mungkin sebenarnya otak mereka ga nyampe. Mo jadi apa Negara kita ini? Bayangin juga kalo berpuluh puluh orang itu adalah mahasiswa kedokteran. Masuknya curang, lulusnya juga curang. Wah, udah bisa dipastikan mereka ga berkompeten buat nyembuhin orang sakit, bisa2 malah malpraktek, salah ngasi obat dsb. Gimana mungkin kita rela menyerahkan diri kita ke dokter yg kyk gitu?

Hati-hati teman, kalo ada yg nawarin bantuan bisa masuk instansi tertentu dengan syarat duit, jangan pernah mau, biasanya yg kyk gitu itu penipuan…

O iya, berita tentang kasus ini aku baca di koran Harian Jogja.

15 Responses to “Pengen Masuk UGM, Malah Tertipu”


  1. 1 anin July 23, 2009 at 12:27 pm

    wah, ngeri juga ya,

    duit segitu gak cuma ngenet berjam2 dit, tapi bertaun2. hehe

  2. 3 Kuliah Gratis July 24, 2009 at 3:49 am

    untung aku gak berniat ke UGM

  3. 5 Ferre July 24, 2009 at 5:17 pm

    loh bukannya tugas universitas itu mendidik yg bodoh biar pinter? jd ga adil donk klo yg diterima yg pinter2 doank , yg bodoh jg berhak masuk (walau mgkn hrs bayar lebih),,hahaha….*kabuuuur*

  4. 7 gigibesar July 27, 2009 at 10:26 am

    ya elah..wong yang udah masuk aja tetep merasa tertipu, dit..

  5. 9 cimunk August 9, 2009 at 6:35 am

    wahhhhh bener2 gale tuh. perantaranya jg bangsattttttttttttttt

  6. 11 cici January 8, 2010 at 10:54 am

    wah, kasian juga.. saya dari kalimantan timur jg loh..
    saya juga mahasiswa fk ugm..tp lewat jalur “gak khusus”…hehe..

  7. 12 black sweet February 16, 2010 at 12:52 pm

    waduh..yang kayak gitu musti di berantas tuch…
    aQ rencananya pengen masuk ugm juga,tapi lewat jalur um ugm……

  8. 13 rian April 25, 2012 at 9:17 pm

    ya kalau mau masuk seprti itu pastikan lulus dulu baru bayar

  9. 15 dr.bima January 8, 2014 at 1:26 pm

    kalau mau yg bayar kalu sudah di terima itu baru oke gan…hehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: