Motivasi Menulis di Koran

Mmm… seperti yang udah disebutkan sebelumnya, aku abis dapet honor dari beberapa media cetak atas beberapa tulisanku yang udah di muat. Kalo di bilang seneng ya seneng. Dapet duit gitu lhooo… Tapi kemudian aku bertanya, inikah yang memang jadi tujuanku menulis di Koran? Apakah hanya untuk sekedar mendapatkan honor? Lalu aku mencoba mengingatnya kembali, saat2 awal dulu, mencoba mengingat kenapa aku bisa betah berkutat di depan buku, koran, internet, dan komputer, jumpalitan nyari ide, atau mati2an mengolah kata dan data. Semua itu tentu ada motivasinya, soalnya aku ga terbiasa kyk gitu. Bahkan ketika dulu berkali-kali tulisanku ga ada yang dimuat, aku tetep ngotot terus menulis, mencari celah waktu di sela-sela kesibukanku menulis skripsi. Hingga akhirnya untuk pertama kalinya tulisanku berhasil dimuat.

Aku pun mulai teringat, akan motivasi awalku menulis di Koran. Ada beberapa. Yang pertama, aku ingin sedikit memberi kebanggaan untuk kampusku. Bebrapa kali dosen2 ku mendorong para mahasiswanya untuk mau menulis di surat kabar atau mengikuti berbagai macam lomba menulis. Katanya untuk mengharumkan nama fakultas, sebab terus terang nama fakultas tempat kuliahku memang sangat redup, sering dipandang sebelah mata. Dari situ aku berpikir, mungkin pihak fakultas akan sangat senang kalo misalnya tulisanku bisa tembus di media massa…. Pikiran yang sangat polos ya, hehe..

Ya sudah, aku pun memantapkan hati untuk membuat tulisan yang layak muat. Semua kupersembahkan untuk fakultasku. Aku sangat ingin memberikan sesuatu, sekedar kebanggaan kecil, untuk fakultas yang udah memberikan banyak hal untukku ini. Dari awal semester dulu, aku selalu dapet beasiswa. Hanya beberapa semester aku sempat terlepas dari beasiswa itu. Karena beasiswa itulah aku bisa bertahan di kampus, bisa kuliah disana, menikmati pengalaman2 yang luar biasa, bahkan sampai hari ini. Nah, semua itu menimbulkan tuntutan bagi diriku sendiri untuk bisa meraih nilai sebaik2nya, dan juga memberikan sesuatu untuk kampusku. Bentuk tanggung jawabku karena telah menerima beasiswa itu…

Ketika tulisanku berhasil di muat di Kompas (walaupun hanya rubrik kecil, tapi honornya muuaaantabbbbbbbb), beberapa dosen memberikan selamat. Bahkan pegawai perpus juga memberikan selamat untukku. Waaahh.. itu tandanya mereka cukup senang. Trus beberapa adek angkatan juga termotivasi untuk ikut menulis. Waaahh.. emang itu yang aku cari! Aku berharap temen2 ku juga mau berkarya untuk mengharumkan nama kampusku. Dan sepertinya apa yang telah aku lakukan sedikit memberi inspirasi dan motivasi kepada mereka. Alhamdulillah… Kalo semua mau berpartisipasi, ga harus menulis di koran, tapi mungkin bisa mengikuti berbagai lomba, maka hasilnya akan luar biasa. Nama kampusku akan bergema!

Motivasi keduaku, aku pengen ngasi kebanggaan untuk kedua orang tuaku. Selama ini aku Cuma bisa menyusahkan mereka aja. Pertimbanganku dulu, pasti mereka bakalan bangga kalo tulisan anaknya masuk koran. Dan ternyata anggapanku dulu itu ga terlalu salah, hehehe…

Trus motivasi yang ketiga, karena aku pengen bisa pandai menulis, jadi latihannya dengan menulis di koran2 itu. Banyak banget yg ga dimuat. Tapi aku tetap terus menulis, karena aku percaya prinsip “bisa karena biasa”. Dalam setiap kegagalan2 itu, ternyata selalu ada hal2 yang bisa diambil untuk dipelajari.

Trus yang keempat, karena aku emang pengen punya duit sendiri, pengen bisa hidup mandiri, hehehe… Soale penghasilan sebagai partimer di warnet masih belum bisa mencukupi kebutuhanku sih…

Aku menulis ini bukan karena aku ngerasa aku udah berhasil. Sama sekali nggak. Ini bukan tujuan akhir. Ini semua adalah proses belajar yang baru sampai tahap yang sangat awal… Semua akan dan harus terus berlanjut, berkembang sampai pada titik yang tidak terbayangkan, bahkan olehku sendiri…

9 Responses to “Motivasi Menulis di Koran”


  1. 1 gigina July 16, 2009 at 4:00 pm

    bisa karena biasa, gina like this!!!!

  2. 3 RoNa July 17, 2009 at 2:28 am

    Selamat ya Adit… jd pgn juga ne nulis d koran..hehehw..
    honor dr kompasnya kog ak gk kbagian yaaa??? =D

    • 4 ditter July 17, 2009 at 2:58 am

      waahhh.. ini dia salah satu temenku yg telah membanggakan kampus.. dia dapet beasiswa ke Perancis. Selamat ya ron!! hehe…

      ayo.. ayo.. nulis di koran, biar rame, he…

      Abis kita jarang ketemu dikampus, jadinya honornya tak abisin sendiri deh =p

  3. 5 RoNa July 17, 2009 at 3:20 am

    nahhh lebay diaaa..hehehew…

    bangga buat diri sndiri dulu ajah de kalo aku mah..hahaha..

  4. 7 gigibesar July 27, 2009 at 10:09 am

    adit keren!!! lanjut, gan!! hehe..

    mau deh kapan2 nulis di media yang lebih objektif, selama ini cuma titip feature ke bapak

    • 8 ditter July 29, 2009 at 5:25 am

      Waaaaaahhhh…. mbak nana sering bikin feature ya…
      hebat euy, itu kan susah, membutuhkan kepekaan dan kontemplasi yang dalam, hehe..

      nitip? O iya, bapaknya mbak nana kan wartawan di KR ya… mau dong kpn2 nitip juga, hahaha…

  5. 9 http://motivasi259.blogspot.com July 27, 2009 at 11:34 am

    21 koran merupakan sumber berita yang harus memotivasi masyarakat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: