ADUKREASI 2009 (Anugerah Jurnalistik dan Penulis Muda Pertanian 2009) Deptan

Tadi pagi pas lagi baca-baca Koran Harian Jogja, aku nemu info yang menarik nih. Ada lomba menulis yang diadakan oleh Deptan (Departemen Pertanian). Lombanya ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, dan jurnalis, karena emang kategorinya dibagi dua, yaitu kategori pelajar & mahasiswa, dan kategori jurnalis. Judul lombanya itu sendiri adalah Anugerah Jurnalistik Dan Penulis Muda Pertanian ’09 (ADUKREASI 2009). Total hadiahnya gila-gilaan bos, Dua ratus tiga puluh delapan juta lima ratus ribu rupiah!! Muaantabbbb… geleng-geleng kepala. Tema lomba udah ditentuin dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengikuti lomba. Pengen tau info lebih lanjut? Yo, check this out!

TEMA LOMBA :
1. SWASEMBADA BERAS BERKELANJUTAN MENUJU LUMBUNG PANGAN DUNIA
2. SWASEMBADA JAGUNG
3. SWASEMBADA GULA KONSUMSI
4. KINERJA EKSPOR DAN PDB PERTANIAN
5. PENGEMBANGAN AGRIBISNIS

PERSYARATAN LOMBA (KATEGORI PELAJAR & MAHASISWA):

  1. Masih tercatat sebagai pelajar dan atau mahasiswa dibuktikan dengan kartu pelajar/mahasiswa yang masih berlaku.
  2. Setiap peserta wajib membuat artikel tentang pertanian sesuai tema, di tulis di atas kertas A4. Panjang artikel antara 3000 s/d 6000 kata dengan jarak tulisan 1,5 spasi.
  3. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya artikel. Karya merupakan karya perorangan (bukan kelompok), belum pernah dipublikasikan dan merupakan karya asli yang dibuktikan dengan surat pernyataan tentang orisinalitas karya.
  4. Seluruh hasil Karya lomba mutlak menjadi milik Biro Hukum dan Humas, Setjen Departemen Pertanian, tanpa menghilangkan Hak Cipta.

Karya penulisan/artikel dikirimkan ke sekretariat panitia, ke :

JL. WIJAYA VII/I KEB. BARU, JAKARTA 12160 Telp. (021) 71035574 atau melalui email : adukreasi09@deptan.go.id paling lambat tanggal 31 Agustus 2009 stempel/cap pos dengan melampirkan foto copy Pelajar/Mahasiswa.

Seluruh berkas diterima Panitia paling lambat tanggal 19 September 2009 stempel/cap pos dengan melampirkan foto copy Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa.

HADIAH:

total

PERSYARATAN & HADIAH LOMBA PENULIS, PERS/WARTAWAN:

PENULISAN ARTIKEL PERTANIAN

  1. Peserta adalah individu atau maksimal 2 orang penulis
  2. Telah dimuat di media cetak atau media maya
  3. Pemuatan antara bulan Januari s/d Agustus 2009
  4. Karya Tulisan Berupa Artikel analisis/Opini/Literatur

HADIAH PENULISAN ARTIKEL PERTANIAN:

  • PEMENANG I Rp 12.500.000.-
  • PEMENANG II Rp 10.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 8.000.000.-

LIPUTAN PERTANIAN

  1. Peserta adalah individu atau kelompok/tim
  2. Karya yang disertakan dalam lomba pernah dimuat, ditayangkan & di publish pada media sesuai jenisnya antara Januari s/d Agustus 2009

media

HADIAH LIPUTAN JURNALISTIK MEDIA CETAK

  • PEMENANG I Rp 15.000.000.-
  • PEMENANG II Rp 10.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 8.000.000.-

HADIAH LIPUTAN JURNALISTIK MEDIA MAYA/MEDIA ON LINE

  • PEMENANG I Rp 15.000.000.-
  • PEMENANG II Rp 10.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 8.000.000.-

HADIAH LIPUTAN JURNALISTIK MEDIA TELEVISI

  • PEMENANG I Rp 20.000.000.-
  • PEMENANG II Rp 15.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 10.000.000.-

HADIAH LIPUTAN JURNALISTIK MEDIA RADIO

  • PEMENANG I Rp 10.000.000.-
  • PEMENANG II Rp 8.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 6.000.000.-

FOTO PERTANIAN

  1. Peserta adalah individu /personal
  2. Karya yang disertakan dalam lomba adalah berupa foto yang memiliki kedekatan dengan tema, pernah dimuat, ditayangkan & di publish pada media sesuai jenisnya antara Januari s/d September 2009

HADIAH LOMBA FOTO PERTANIAN

  • PEMENANG I Rp 12.500.000.-
  • PEMENANG II Rp 10.000.000.-
  • PEMENANG III Rp 8.000.000.-

PERSYARATAN PESERTA
Peserta adalah Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai wartawam, penulis, fotografer baik di media cetak, media TV, Radio dan media online (a.l. Antara, Detikcom, dan Reuter) dibuktikan dengan kartu pers.

PERSYARATAN KARYA

  1. Peserta boleh mengirim lebih dari 1 (satu) karya sesuai tema
  2. Khusus karya jurnalistik kategori Radio & Televisi durasi liputan minimal 7 (tujuh) menit
  3. Karya Jurnalistik yang telah diterbitkan di media cetak atau media maya (news), dilengkapi bukti/kliping karya beserta soft copy karya
  4. Membuat surat pernyataan tidak berkeberatan bahwa sesuai peraturan Program Penghargaan ini, maka seluruh karya pemenang akan menjadi milik Biro Hukum dan Humas, Setjen Departemen Pertanian, tanpa menghilangkan Hak Cipta

Seluruh karya dikirim ke panitia;
JL. WIJAYA VII/I KEB. BARU, JAKARTA 12160
Telp (021) 71035574 atau email : adukreasi09@deptan.go.id

KETERANGAN :

  1. Selain hadiah untuk pemenang I, II & III panitia juga akan memberikan hadiah harapan untuk setiap kategori lomba.
  2. Hanya pemenang utama pada setiap kategori yang akan diundang ke Jakarta untuk menerima hadiahnya.
  3. Pemberian hadiah akan dilakukan dalam acara khusus pada program Variety Show Adu Kreasi 09 di 2 (dua) stasiun televisi swasta nasional di Jakarta.

****

Gimana, tertarik kan?? Kalo iya, ayo kita segera buat karyanya.. Yang muda harus berkarya… Ayo.. ayo… semangat ya…!! Sukses buat semua… Aku juga ada rencana mo ikutan nih, moga2 ada ide, mood, dan waktu, hehe…

Info lebih lanjut bisa klik link Departemen Pertanian

8 Responses to “ADUKREASI 2009 (Anugerah Jurnalistik dan Penulis Muda Pertanian 2009) Deptan”


  1. 1 Kuliah Gratis July 13, 2009 at 6:08 am

    Mantab banget nih lomba………keren abis

    • 2 ditter July 14, 2009 at 11:29 am

      hehe.. ayo ikutan bro!! Biar rame… siapa tau aja menang… Kalo menang jangan lupa bagi2 hadiahnya ya, hehe….🙂

  2. 3 kang dwi August 10, 2009 at 7:45 pm

    gila hadiahnyya. mantef pisan

  3. 5 THL August 11, 2009 at 8:26 am

    wow. mantef banget nih. tapi kyaknya ga nyampe deh di otak kl ikutan. cozz otak-ku cuma pas2an (pas ma topi)

  4. 7 banji October 17, 2009 at 10:18 am

    pengumumannya kapan nich, sampai sekarang kok belum diumumin?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: