Software Untuk Berlatih Mengetik Cepat

Dulu pas masih kecil aku sering ngerasa kagum sama para orang kantor yang bisa mengetik dengan cepat. bagiku luar biasa aja, bisa mengetik berlembar-lembar kertas dengan teknik khusus, memakai sepuluh jari dan tidak melihat ke keyboard. Gilaaa… teknik tersebut bagiku saat itu bener-bener hebat, dan sama sekali ga terbayangkan kalo aku sampe bisa kyk mereka. Lalu beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun ini, aku kemudian tahu kalo ternyata teknik kyk gitu bisa di latih, lalu supaya matang harus dibiasakan. Setelah membaca sebuah artikel menarik di sini, aku jadi tau kalo ternyata ada banyak software yang memfasilitasi latihan untuk bisa mengetik cepat dan efisien, salah satunya adalah Typing Master.

sampe sekarang pun aku masih ga kebayang kalo misalnya aku bisa nerapin teknik itu. Bayangin, udah ngetiknya make sepuluh jari, ga ngelihat keyboardnya pula.. edaaaannn…. susah banget tuh pasti… tapi kalo misalnya sampe bisa, bakalan keren dan berguna banget banget banget… mo ngetik tugas, nulis2 artikel ato blog, smua ga masalah, bisa diselesaikan dengan cepat. waaaaaahhh… aku pun berniat untuk latihan. Karena penasaran dengan typing master, kemudian aku mendownload software itu, alamatnya dah disediakan sama yang nulis artikel, bang heryan tony. kalo temen2 mo download juga, bisa langsung mengklik link ini. sampe rumah, softwarenya langsung aku install.

Saat menginstal, kita akan diminta buat milih salah satu option, yaitu standart install, school / company install, atau yang custom. Kalo yang standart install buat penggunaan secara personal di rumah atau di kantor. Klo yg school atau company install, di rekomendasikan untuk bidang pendidikan, bisnis, atau instansi pemerintahan. Trus kalo yg custom aku ga bgitu ngerti, yg jelas itu dikhususkan untuk orang yang udah advanced dalam mengetik. Aku ngmbil yang pilihan standart instal. Setelah selesai di instal, langsung aku coba eksplor dikit-dikit, Waaaahhh… latihan yang disediakan lumayan mengasikkan lho! bener-bener dilatih dari dasar, jadi sangat cocok buat orang yg masih kagok2 dalam mengetik di komputer kayak aku ini, hehe…

Latihannya terbagi kedalam empat tahap, yang pertama Touch Typing Course. Tahap ini terbagi kedalam 12 lessons, dan estimasi waktu untuk menyelesaikan semuanya antara tiga sampai lima jam. Di tahap ini kita akan mempelajari posisi huruf-huruf dan angka2 di keyboard, kemudian menghapalkannya dengan hati.

Tahap kedua adalah “Launch satellite”. kalo yg ini aku ga begitu ngerti. Tapi intinya sih mendapatkan statistik dari kecepatan mengetik yang udah kita lakukan.

Trus tahap yang ketiga adalah Speed Building Course, untuk meningkatkan kecepatan mengetik dengan menggunakan sepuluh jari. Terdiri dari 6 lessons, estimasi waktunya antara satu setengah sampai dua setengah jam.

Langkah yang terakhir yaitu Number and Special Marks. Terdiri dari 2 lessons, kira2 bisa diselesaikan dalam waktu satu jam.

Walopun udah tak install di laptopku, tapi aku sndiri belum memulai proses latihannya. hehe.. abis masi lom sempet si, masih ada kerjaan laen yang lebih mendesak. Tapi rencananya sih aku emang mau latihan, soalnya kepengen bisa nulis cepet je… Tugas2 yang berhubungan ma ketikan jadi akan lebih cepat selesai dari pada make teknik “dua jari” yg aku pake skrg. Lagian Temen2 dan kluarga juga pasti bakalan kagum kalo aku sampe bisa menguasai teknik hebat itu, hahaha… niatnya mo pamer doang ni brarti, hehe…

8 Responses to “Software Untuk Berlatih Mengetik Cepat”


  1. 1 Heryan Tony June 22, 2009 at 2:13 pm

    Semoga sukses selalu, sobat.

  2. 3 adinda September 13, 2009 at 2:39 am

    wah bgs bngt tulisannya n bacaanya.aq jd pgn nulis2 kyk qm soale hobi q juga nulis.kpn2bwt cerita yg bagus lg ya……..

    MAKASIHHHHHHHH

    SEMOGA SUKSES

  3. 5 Ahmad September 13, 2009 at 2:43 am

    Hei sob cerita qm bgs bngt.knpa ga’ di bwt novel aja.
    aq jd pgn bsa bwt cerita bgs kyk qm.

    SEMOGA SUKSES YA BOS

  4. 7 Muis June 24, 2010 at 1:52 pm

    Sekarang gimana oM? sudah mantap?

    salam kenal…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: