Memupuk Kolesterol

Beberapa minggu yang lalu aku pernah makan mie Aceh di warung makan yang khusus menjual masakan khas Aceh. Ternyata di menunya itu masakan unggulannya ga Cuma mie Aceh aja, tapi ada juga masakan Kari (ayam kampung ato kambing) dan roti Cane. Nah, kalo aku perhatiin itu kok masakannya mengandung lemak smua ya, kyk misalnya kuah karinya yang kentel banget, penuh minyak dan santan (tapi menggiurkan!), yang biasanya buat campuran daging kambing, sapi, ato ayam kampung. Aku punya temen yang asli Aceh, dan katany a masakan khas Aceh emang suka ma makanan yang kyk gitu, makanya (kata dia) masyarakat Aceh itu sangat rentan sama penyakit jantung, soalnya hobi makan makanan yang berkolesterol tinggi.

Nah, yang dulu aku mampir ke warung makan khas Aceh itu emang Cuma makan (pesen) mie Aceh aja, cos tujuan awal emang Cuma mo maem itu. Tapi abis itu aku jadi penasaran banget sama yang namanya nasi Kari ayam kampung. Waaaahhh…. rasanya kyk apa tu ya… pasti mantabbbb… aku emang doyan sama yang namanya ayam olahan, doyan juga sama masakan yang spicy gitu, kyk misalnya rendang ato kuah santan yg suka ada di warung masakan Padang. Lagian dari dulu aku belon tau, masakan kari itu kyk apa, belon tau bentuk dan rasanya… Akhirnya aku punya tujuan kalo suatu saat aku bakal nyobain masakan itu. Kalo pas punya duit tentunya, hehe…

Tadi ini Gaby crita katanya abis dapet rejeki lebih, trus mo nraktir aku makan. Ya udah, aku tawarin makan nasi kari aja. tadinya Cuma bcanda doang, cos mahal, mana mau dia nraktir dengan harga segitu. Eh ga taunya dia mau, so ya udah tadi malem kita nyoba masakan itu. Akhirnya rasa penasaranku selama ini bisa terjawab!

singkat cerita, aku udah maem Nasi Kari Aceh. Pendapat ku sih, emang enak bangettt,,, pedes pedes gimana gitu,,,, bumbunya kerasa banget! aroma nya bener-bener menggigit, rasa pedas nya sangat memanjakan lidah ku ini. Ternyata Kari itu hampir sama aja kyk kuah santan yang ada di masakan Padang itu ya.. Cuma emang ada bedanya, yg Kari lebih kental, mungkin bumbu dan santannya lebih dibanyakin lagi, makanya rasanya begitu menggigit lidah. Rasanya ga pengen berhenti buat nyeruput kuahnya itu.. hmmm…. manntaaaaabbbb….

Abis makan itu, aku trus khawatir, takut kena kolesterol. Kalo kata orang bijak kan segala penyakit itu sangat tergantung dengan apa yg masuk ke tubuh kita (makanan). kalo menu makannya sehat, tubuh juga akan terhindar dari penyakit. begitu juga sebaliknya. Nah, kalo aku dari kecil doyan banget sama yang namanya masakan Padang, sering banget aku makan makanan itu. Makan nasi Kari Aceh tadi mengingatkan aku sama hobi makan ku itu. Jadi keinget juga sama pesan seorang kawan yang bilang kalo makanan seperti itu berkolesterol tinggi, sangat berpotensi untuk menyebabkan sakit Jantung dan penyakit lainnya. Waduuuuuhhh….

Gimana ya.. disatu sisi aku doyan banget ma makanan sejenis masakan Padang ato Aceh itu, yg berkuah kental dan spicy. Tapi disisi laen aku juga ga mau badanku ini rentan penyakit, apa lagi Jantung. Hiiiiiii….. Aku pengen sehat smpe Tua!! Akhirnya aku memutuskan untuk mengurangi hobi ku itu, syukur2 bisa hilang sama sekali. Tapi…. kalo sampe bener2 hilang, kyknya ga mungkin, hehe…

10 Responses to “Memupuk Kolesterol”


  1. 1 KIP! June 12, 2009 at 7:35 pm

    tenang,, asal diimbangi dengan hidup sehat *makan banyak sayur n buah,, banyak minum air putih,, banyak olahraga* efeknya gak gitu berbahaya kok.. ya asalkan makan makanan berkolesterol tingginya juga gak sering2 amat.. paling gak,, seminggu sekali cukup lah.. hoho,,

    • 2 ditter June 14, 2009 at 6:56 am

      tapi dalam waktu seminggu aku bisa lima kali makan masakan padang, hehe…
      tambah lagi sejak ga aktif di marching, aku jadi ga pernah olah raga, aaaaaaaahhhhh….

  2. 3 Vicky Laurentina June 12, 2009 at 11:27 pm

    Mau ah aku jadi dokter jantung atau ahli stroke lalu praktek di Aceh. Pasti pasien kolesterolannya banyak, xixixi..

  3. 5 Ferre June 13, 2009 at 9:27 am

    udah nyoba yg nasi kari bebek? seddaaapp
    plus milo telor kocok…

  4. 7 KIP! June 14, 2009 at 6:19 pm

    kalo gak,, Enthog Slenget di daerah Turi *tempat kkn ku dulu*. huehehe..

    itu semacam tengkleng or tongseng dengan daging entog,, tapi pedesnya,, mak jang…!! hoho,,

    • 8 ditter June 15, 2009 at 6:48 am

      waaaaaaahhhh….. kyknya enaaaaakkk tuuuhhh…. waduuuuhhh…
      tapi kan entok isinya lemak sama minyak doang.. hiii… kolesteroll….

  5. 9 Goodgrade August 25, 2009 at 8:01 am

    Dear Ditter, sebuah tulisan di New England Journal of Medicine th 1977, oleh Dr. George Mann mengatakan teori kolesterol adalah “Greatest scam in the history of medicine” Kolesterol adalah zat yang sama sekali tidak berbahaya. Otak kita terbuat dari lemak dan kolesterol.
    Suku Polinesia di New Zaeland makan santan, kelapa hingga 60% dari kebutuhan kalori harian mrk. Tak diketemukan sakit jantung pd mrk. Begitu mrk meninggalkan kampung, hidup dikota New Zaeland, barulah mreka mengenal obesity, diabetes. Apakah kita akan mengikuti nasehat orang Amerika yg 60% kegemukan lewat Piramida Makanan? Oke tengok aku di http://www.goodgrade.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: