Kamus T9 pada ponsel

Handphone atau yang biasa disebut dengan ponsel saat ini udah bukan barang mewah lagi. Kalo beberapa tahun yang lalu ponsel Cuma dimiliki sama bos-bos besar dan orang yang berduit aja, sekarang orang yang duitnya pas-pasan pun udah bisa punya HP. Begitu juga dengan aku. Nah, kemaren pas lagi balesin sms, tiba2 aku sadar kalo selama ini tu ada fitur sms yang namanya dictionary T9. Fitur itu udah ada sejak lama banget, hp-hp yang keluaran lama pun rata-rata ada fitur itu nya juga. Setelah beberapa tahun punya hp, sampe sekarang pun aku masih belum tau itu fitur fungsinya buat apaan. Ga ngerti makenya. Kalo kamu gimana? Tapi Setauku ku si ga ada manfaatnya, Cuma nyusahin aja, cos malah jadi susah tuh, pengen pencet huruf ini keluarnya malah huruf itu. jadinya bingung. Akhirnya fasilitas T9 selama ini ga pernah aku sentuh lagi.. ga ngerti cara penggunaannya juga, dan ga tertarik buat nyari info2nya…

Tapi aku heran, kalo emang ga ada fungsinya, pasti produsen hp ga bakal masang fitur itu lagi dong. Nyatanya hp2 keluaran baru sekarang rata-rata masih tetep ada T9. Ya sudah, karena penasaran akhirnya aku pun mulai browsing2, walopun agak males2an, hehe… Baru dapet satu artikel doang di sini, trus males browsing lagi. Tapi lumayanlah dikit2 aku jadi tau tentang fitur “ga menarik-ga bermanfaat” yang ada hampir di semua hp itu. Jadi intinya dictionary T9 itu punya nama asli Predictive Text Input. Ga ngerti juga kok trus bisa disebut juga dengan T9. Tetapi ternyata fitur prediksi T9 itu punya manfaat yang suuaaaangat besar. Ternyata sebenarnya dengan fitur ini kita dapat mengetik tulisan pada ponsel dengan lebih cepat, seperti mengetik pada keyboard komputer. sangat efisien, soalnya kita ngetiknya jadi lebih cepet, dan juga penggunaan bahasa tulisan jadi lebih sempurna (baku). Mungkin fungsinya hampir sama dengan Spelling and Grammar pada MS Word. Kosa kata tersebut bisa kita tambahkan sendiri.

O iya, T9 nya itu harus diaktifin dulu. Kalo di hp ku caranya tinggal pilih “more”, trus pilih “dictionary T9”. Kalo pengen nambahin kosa kata, pilih “more” lagi, trus pilih “spell grammar”. Tapi aku yakin temen2 smua udah cukup tau tentang adanya fitur T9 ini, walopun mungkin bisa sama kyk aku, ga bisa makenya, hehe… Karena sangat efisien, kamus prediksi T9 itu dianggap sangat cocok bagi orang yang memiliki kesibukan tinggi dan orang yang terbiasa menulis email, facebook mobile, blogging, dan lain-lain. sangat cocok juga misalnya bagi wartawan yang sering mengirim tulisan lewat ponsel untuk dikirim ke redaktur atau dipublikasikan pada berbagai portal berita.

Bentuk efisiensi nya misalnya seperti ini, aku mo ngetik kata “ditter”, tinggal pencet tombol 348837, jadi Cuma 6 kali pencet doang! padahal kalo tanpa T9 bisa lebih dari 11 kali pencet. Bayangin kalo kata2 yang harus diketik ada satu paragraf, kalo pake T9 bakal menghemat tenaga dan waktu banget. contoh lain misalnya pengen ngetik kata “saya”, maka tinggal mencet 7292, Cuma 4 kali aja. Kalo pake manual harus mencet 9 kali dulu. O iya, tiap hp punya sistem tombol yang berbeda. Nokia misalnya, untuk melihat daftar kata yang ada di dictionary, maka yg harus dipencet adalah tombol *. Info lebih lanjut tentang fungsi dan cara penggunaan T9 bisa dilihat di sini.

O iya, walopun udah tau dikit cara penggunaannya, entah kenapa aku masih tetep ngerasa ribet, Mungkin karena belon biasa aja kali ya. Yang jelas fitur itu ada dan disediakan untuk memudahkan kita. Kalo yang manual sebenarnya merepotkan. Tapi emang untuk bisa lancar menggunakannya, kita harus bersusah-susah dulu dengan membiasakan diri, baru kita bisa bersenang-senang untuk menikmati efisiensi yang dihadirkan oleh fitur tersebut. Nah, ini pilihan. Terus terang, kalo aku sndiri lebih memilih bertahan sama kebiasanku aja yg skrg aja, yg make manual, walopun sebenarnya lebih repot. Abis gimana ya.. untuk sekarang ini masih males untuk mempelajari dan membiasakan diri make T9 itu sih, udah terlanjur keenakan make yg manual… hehe…

4 Responses to “Kamus T9 pada ponsel”


  1. 1 sepatubalet June 4, 2009 at 2:16 pm

    adit.. plis deh,,, beginian di bahas

  2. 3 xface2 December 6, 2013 at 12:27 pm

    Gw klo tuk sms’an lebih suka pake T9, soalnya lebih cepat dan simple…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: