Abis Nonton Studsy

Kemaren malem (malem minggu) aku ma Gaby abis nonton konser orkestra. Yg tampil adalah kelompok musik bernama “Studsy”, akronim dari Student Symphonic, sebuah kelompok orkestra dari ISI. Kyknya hampir 95 persen pemaennya masih mahasiswa, beberapa laennya senior-senior yg udah lulus (kyknya), tapi ikut bantu-bantu sebagai player. Berbeda dengan orkestra yg pernah aku tonton yg kebanyakan didominasi oleh alat musik gesek, alat musik yang dimainkan Studsy ini sebagian besar adalah alat tiup, dan menurut booklet yg aku baca, memang konsep dari Studsy ini adalah orkestra alat tiup. Yg aku liat si kebanyakan emang pada maenin alat tiup gitu, entah trumpet, clarinet, oboe, dsb. Tapi juga tetep dibantu ma yg laennya, kyk drum set, organ, bass elektronik, sama bass yg model biola gitu. Konser dimulai jam setengah delapan lebih dikit.

Sang conductor pada malam hari itu adalah Budi Ngurah, seorang komposer yang cukup terkenal di bumi Yogyakarta. Dari awal aku cukup menikmati konser itu, soalnya bagi sebagai awam, aku emang ga begitu paham sama musik orkestra secara teknis, pokoknya asal didenger bagus, ya brarti aku seneng, hehe… Di tambah lagi tema konser nya adalah “listen to the movie”, jadi lagu2 yg dibawain adalah lagu2 soundtrack dari film2 yg cukup terkenal, kyk harry Potter, Hook, Pirates of Carribian, dsb.. O iya, pas bapak rektor ngasi sambutan di awal konser, dia salah nyebut tema musiknya, yg dia sebut malah “listen to the music”, mungkin keinget sama film klasik “sound of music”. Spontan para penonton pada riuh, pada ketawa-ketawa, dan sang rektor bingung dan ga tau apa yg penonton ributkan, dan akhirnya beliau cuma cengar-cengar kuda gitu, hahaha.. lucu banget..

Konsep yg di tampilkan oleh Studsy pada malam hari itu cukup menghibur, kyk misalnya saat masuk lagu soundtrack “police academy”. ada beberapa orang yg masuk ke ruang konser pake motor gede dengan suara knalpot yg meraung-raung dan diiringi dengan suara sirine polisi. jadi sebagai visualisasi dari lagu yg dibawakan. Trus pasa masuk lagu Batman ada sorot lampu yg mencetak lambang Batman, lalu pas lagu Harry Potter, ada seseorang yg menyaru jadi Harry sambil bawa sapu lidi dateng dari arah bangku penonton. Hampir sebagian besar penonton menyukainya, terbukti dari applaus dan sorak sorai mereka. Tapi kalo aku sendiri lumayan suka juga, seru, tapi yg orang bawa moge ke dalam ruang konser itu aku kurang suka, soalnya knalpot dan sirinenya terlalu berisik, jadinya ngerusak mood dan kepekaanku dalam menikmati musik orkestra.

O iya, pas lagu James Bond, ada solo trumpet nya juga. Karena dulu aku pernah belajar maen trumpet dikit, jadi aku terkesan banget sama sang solois trumpet itu. SOund yg dihasilkannya nya bagus, gemuk dan renyah, trus artikulasi dan vibra nya juga mantab. Kalo aku liat2 lagak2nya kyk mas eko banget tuh, mulai dari jogetnya yg ga penting sampe postur badannya yg agak kembung, hehe… O iya, pas lagu itu dia juga memainkan sandiwara sebagai James Bond, dengan para wanitanya yg seksi dan aduhai, trus baku tembak dengan musuhnya, ditengah-tengah para pemaen orkestra. Keren ya konsepnya. Penonton juga kliatan seneng banget, terutama sama wanita James Bond nya itu, abis celana yg dipake bener2 pendek, sejenis hot pants gitu. Tapi ga tau juga para penonton cewe yang bawa cowonya juga ikutan seneng ato nggak, hehe…

KOnser berlangsung cukup meriah. Pas lagu akhir udah selesai dan mo bubar, ga taunya di kasi lagu tambahan lagi, seru banget, lagu yg dibawain soundtracknya Mission Imposible. Para penonton pun semakin larut menikmati suasana itu. kyk misalnya Penonton di depanku, seorang bapak-bapak yg walopun udah tua, tapi semangat banget goyang2in badan dan kepalanya, haha.. ngerasa puas banget tu kyknya si bapak…

Setelah lagu bonus selesai, ternyata masih dihajar lagi sama bonus lagu tambahan.. mantap… kita semua bener2 dimanjain sama Studsy. Ga rugi deh udah ngeluarin duit 20ribu buat beli tiketnya, cos penampilan dan konsep yg dihadirkan bener-bener keren, seru, dan memuaskan. Akhirnya sekitar jam setengah sebelas konser yg bertempat di gedung taman budaya Yogyakarta itu pun selesai, meninggalkan senyum penuh kepuasan dari para penontonnya…

9 Responses to “Abis Nonton Studsy”


  1. 1 sepatu balet May 10, 2009 at 12:04 pm

    mengutip dari “O iya, pas lagu itu dia juga memainkan sandiwara sebagai James Bond, dengan para wanitanya yg seksi dan aduhai, trus baku tembak dengan musuhnya, ditengah-tengah para pemaen orkestra. Keren ya konsepnya. Penonton juga kliatan seneng banget, terutama sama wanita James Bond nya itu, abis celana yg dipake bener2 pendek, sejenis hot pants gitu. Tapi ga tau juga para penonton cewe yang bawa cowonya juga ikutan seneng ato nggak, hehe…”

    hmmm, tanyakan pada cewe anda..

  2. 3 sepatu balet May 10, 2009 at 4:40 pm

    dan jawaban anda?

  3. 5 Vicky Laurentina May 11, 2009 at 12:11 am

    Jealous! Di tempat gw ndak ada yang konser gituan. Di Cali, konsernya diawakin ST 12, dan penontonnya kelahi. Kalo disodorin konser musik tiup, pasti penonton teriak, “Mana dangdutnyaahh?!”

    Tapi kalo di Bandung, konser macam gituan pasti ndak akan 20rb perak. Minimal 200 ribu tuh kayak gitu.

    Aih, jadi ngiri sama teman-teman Jogja yang bisa nonton musik bermutu dengan kantong cekak..

    • 6 ditter May 11, 2009 at 1:35 am

      Hahaha,,, iya mbak, disini emang sering banget ada konser berkualitas dengan harga yg cukup terjangkau. Waktu itu ada konsernya Twilite Orkestra punyanya Adi MS, cuba bayar 10ribu perak doang!! bayangin tuh.. padahal yg conduc dari Adi MS nya langsung. Trus tiap taon di UGM ada konser Jazz dengan tokoh2 Jazz indonesia papan atas, harga tiket mulai dari 20ribuan, buat umum. Tuh, tambah iri kan, hahahahaha…..

  4. 7 ekoWahyu May 23, 2009 at 3:13 pm

    wah namaku dibawa2!!bayar!

  5. 9 agungvocarokurniawan December 13, 2011 at 9:05 pm

    cari video untuk konser 9 mei itu, dimana yaa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: