Bahasa Ilmiah Bikin Mumet

Postingan ini berhubungan sama postingan ku sebelumnya. Mo tau ga, bagian apa yang paling ancur dari proposal skripsi yang aku seminarin kemaren? Yak, anda salah! yg bener tu EYD atau bahasa tulisan yang aku pake. Kata dosen ahliku, EYD nya tu ancur2an baget, kesalahan-kesalahan ada di hampir smua halaman… What? Pertama dengernya aku kaget banget, soalnya udah berkali-kali aku cek, kyknya udah bener tuh. Begitu juga saat ak nge cek aliran kata2nya, udah lumayan bagus, agak enak dibaca lah pokoknya. Tapi kata dosennya, dulu ada yang nulis skripsi kyk punyaku, trus dosen pengujinya ga mo nguji, karena ga sesuai dengan panduan skripsi yang berlaku. Nah lhoooo… aku bener-bener bingung, kesalahan ada dimana ya….. Dan ternyata tulisan-tulisan di proposalku itu kebanyakan struktur penulisannya ga baku untuk tulisan ilmiah skripsi, yg bener tuh harusnya subjek dulu baru predikat, ga boleh didahului oleh kata sambung. Nah, yang aku pake itu kebanyakan diawali dengan kata sambung dulu, kyk misalnya “dengan demikian”, “akan tetapi”, “selain itu”, dsb.., Aku si pertamanya bingung banget, cos aku make penulisan kyk gitu supaya enak dibaca dan ngalir, kalo diubah kyk yg tadi dibilangin dosennya itu rasanya aneh aja, jadi kaku dan ga ngalir…

Jadi gini, ternyata jenis penulisan ilmiah itu setidaknya ada dua, yg pertama ilmiah populer, dan yg kedua ilmiah akademis (skripsi). Nah, proposalku kemaren itu makenya yg model pertama, cos emang selama ini aku terbiasa make model yg itu. Aku akhir-akhir ini emang sedang mempelajari penulisan bahasa populer, ato lebih gampangnya kita sebut bahasa koran. Ga ada tujuan apa2 si sebenarnya, Cuma buat belajar aja, supaya punya kemampuan setelah lulus dari fakultas nanti. Beberapa kali aku berlatih bikin tulisan-tulisan, tak kirim ke koran, kebanyakan ga dimuat, beberapa bisa dimuat, dua kali di Harian Jogja, trus satu kali di Kompas, trus ini rencana mo nulis2 lagi buat dikirim ke KR, koran yang cukup terkenal di Jogja. Jadi intinya karena aku lagi fokus berlatih penulisan koran, jadinya kebawa ke proposalku, jadinya proposal ku dan draft Bab II harus dibenahin semuanya dari awal, hahahaha… (tertawa stress).

Tapi ga pa2, kemaren ini udah aku garap semua, udah beres! Horeeee…. Selain itu, draft Bab II yg kemaren juga aku tulis dengan bahasa koran, udah aku benerin smua, dah rampung juga, tinggal diprint trus diserahin ke dosen pembimbing buat dikasih masukan. Padahal bab II yg salah kemaren itu udah aku print lho, ada 19 halaman, dan ga kepake, sia2, cos bahasa nya loma aku benerin, kata Ibunya dibenerin dulu…. huhu,,,, sia-sia…. lumayan tuh kertas dan tinta 19 halaman….

Konsultasi akan dilakukan hari selasa besok. Rencana si aku mo ganti judul, cos yg dulu setelah aku pikir2 bener2 ga pas. Nah, yg untuk kali ini rasanya udah pas banget, makanya besok kalo misalnya dosennya ga setuju, aku mo ngotot supaya beliau bisa setuju, hehe… Nah, waktu yg aku punya di hari senin besok ini mungkin akan aku pake buat ngumpulin bahan utk Bab III. Aku bener2 pengen ngebut, tapi ga tau juga apa bisa ikut wisuda yg bulan Agustus, soalnya kalo utk itu skripsinya harus udah selesai awal juni besok.. Edan po,,, masak aku harus nyelesein skripsiku ini dalam waktu satu bulan, padahal prosesnya masih awal-awal banget ni… yah, tapi sapa tau aja, yg penting sekarang aku harus ngerjain terus, tiap hari kalo bisa…..

1 Response to “Bahasa Ilmiah Bikin Mumet”


  1. 1 aprillins smuo gratis May 3, 2009 at 12:22 pm

    Nah itulah bedanya antara nulis di media massa dengan nulis di karya atau jurnal ilmiah….. dotttt diittt
    kalau aku sih bisa dua-duanya dit.. hueheuheuehu.. kaalau di media massa kan yang penting enak dibaca, sopan, dan mudah dimengerti. Tapi kalo karya ilmiah ya.. strukturnya juga harus diperhatikan.. jiakakakakakakaakaka.. gaya banget gw.. proposal skripsi aja belum seminar….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: