Bergelut Dengan Buku

Huaaahhh.. susah banget nyari waktu buat nge up date blog ini. Soalnya aku lagi ada banyak kerjaan ni… Pertama, nyelesein proposal skripsi fix, trus baca buku-buku yang jadi bahan utama (primer) skripsiku.. biar enak, Kita bahas dulu tanggungan ku yg pertama ya… Jadi gini, rancangan proposal skripsi ku Alhamdulillah udah disetujuin, hehe… tapi dengan catetan ada beberapa bagian yang harus diperbaikin, kyk misalnya tentang penulisan kutipan, dan bahan yang masih kurang lengkap. Nah, yg bikin berat itu ternyata sumber kutipannya harus dikasih halaman.. Nah lho, padahal di rancangan proposalku yg kemaren itu kutipannya banyak banget, ada kali tu dari 7 buku, tebel2 lagi, trus kutipannya ga ada yg aku kasih halaman! Parah ga tuh, jadi harus nelusurin dan ngulang nyari2 halamannya lagi, dan ini yang bikin lama. Untungnya ada beberapa kutipan yg aku tulisin di kartu khusus, dan disitu aku tulis halamannya sekalian. Tapi ada juga yg aku ambil dari buku langsung, tanpa tulis dikartu dulu. Modarrr, harus buka2 bukunya lagi, ngebaca2 lagi…. Tapi ya sudah lah, kalo dah mulai ngerasa berat dan bosan, aku tinggal membayangkan aja gimana ntar kalo itu semua dah selesai, proposal dah bisa diseminarkan, dan bisa segera garap bab-bab selanjutnya, trus rampung, trus wisuda deh, hehe… akhrinya jadi semangat lagi…

Trus tentang tanggungan yg kedua, tentang buku2 yang wajib aku baca. Jadi sambil nunggu waktu untuk seminar proposalku yang mungkin masih beberapa minggu ini, aku mulai nyicil garap Bab II, ngumpul2in data. Lalu mulailah aku nyari buku2 primer di perpustakaan pusat UGM (UPT II). Sebenarnya dulu pernah nyari, tapi ga dapet. Kemaren itu nyari Cuma buat mastiin aja, emang beneran ga ada ato nggak, kalo emang ga ada, aku mo niatin buat beli aja. Tapi ternyata kemaren itu buku yg aku cari ada semua, soalnya pas dulu nyari itu, aku salah masukin kata kunci di katalog komputer di UPT. Keseluruhan buku yg aku pinjem ada lima, lumayan tebel tuh, dan harus selesai dalam waktu lima belas hari ini. Pengennya bisa tepat waktu, supaya aku bisa segera nyari jurnal2 buat tambahan bahan materi, supaya lebih lengkap, begituuu… Lalu mulai dua hari kemarin, mulailah aku bergelut dengan buku-buku itu, aku bantingin, aku pukulin, aku tendangin, haha…

Buku pertama yang aku bedah judulnya “Dunia Yang Berlari; Mencari Tuhan-Tuhan Digital”, karangan Yasraf Amir Piliang. Bukunya bagus banget tuh, banyak mengkritisi kehidupan postmodernisme dan masyarakat konsumer. Bener2 bisa membuat pikiran kita terbuka kalo selama ini masyarakat (modern) cenderung konsumtif yang memboroskan, membeli tidak lagi karena aspek utilitas (kegunaan), tapi lebih dikarenakan citra dan tanda. Padahal banyak banget dampak (buruk) akibat kebiasaan tersebut. Kesenangan direkayasa menjadi kebutuhan. Masyarakat menjadi hiper (berlebih), hiper berproduksi dan berkonsumsi… Kalo pengen lengkapnya, baca sendiri aja yaaa…

Btw, aku kagum banget sama pengarangnya, Bapak Yasraf Amir Piliang. Beliau itu dosen seni rupa ITB, lulusan teknik seni rupa juga, tapi banyak menghasilkan buku-buku bagus tentang postmodernisme dan konsumerisme. Kok bisa ya.. padahal kan kalo dipikir-pikir menulis itu bukan bidang keahliannya.. Tapi beneran, buku2nya tu menurutku bagus, referensi atau kutipan2nya aja gila2an banyaknya, rata-rata dari buku2 asing. Udah bisa dipastikan kalo beliau tu hobi baca buku2 asing yang berbobot. Dan kalo aku baca beberapa buku karangannya dia, ga ada hubungannya sama seni rupa tu.. Brarti beliau orang yg hebat banget, menguasai dua bidang dengan sama baiknya…. Dosen seni rupa, dan penulis buku2 tentang postmodernisme… keren dan patut dicontoh tu…

Buku pertama itu sampe sekarang masih lom selesai aku baca juga, padahal udah dua hri ini. Huuufff.. Tapi ga pa2 lah, abis emang bukunya lumayan tebel.. lagian kalo cepet2 ntar malah ga bisa nangkep isinya, jadinya malah percuma. Oke deh, ayo semangaaaattttt!!! Dikit lagi kelar nih,, lalu lanjut bedah buku yg kedua, karangannya Y. A pilliang juga, hoho…

Buat temen2 yg juga lagi punya kerjaan kayak aku ini, semangat juga ya!! Mari berjuang bersama ^^

0 Responses to “Bergelut Dengan Buku”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: