Tidur Siang

Sejak dulu saya suka sekali tidur siang. Saya masih ingat betul, pas masih SMP, kerjaan saya sepulang sekolah dan setelah makan siang adalah tidur.

Ketika memasuki masa SMA, kebiasaan itu tidak berubah. Namun, saya tidak tidur di rumah, tetapi menumpang di kamar teman akrab saya.

Dulu saya berangkat ke sekolah naik sepeda, dan pulangnya harus melalui jalan yang menanjak. Daripada kelelahan mengayuh sepeda di bawah terik matahari yang menyengat, saya lebih memilih menunggu sore dengan menumpang tidur di rumah teman.

Pas masa kuliah, saya masih suka tidur siang. Biasanya saya tidur di ruang sekretariat organisasi kampus. Saya sengaja menaruh kasur lipat dan kipas angin kecil di sana supaya bisa tidur dengan nyaman. Teman-teman kampus yang ada perlu dengan saya biasanya tahu harus mencari saya ke mana.

Ya ampun, ternyata saya pemalas juga, ya.

Pas sudah kerja, tentu saya nggak bisa tidur siang. Saya baru bisa tidur siang pas akhir pekan saja, dan biasanya saya jarang sekali melewatkan kesempatan emas itu.

Tidur siang itu nikmat. Dan saya rasa sebagian besar orang setuju.

Tapi, kini saya sedang mencoba menerapkan gaya hidup baru, yakni menghindari tidur siang (kecuali ketiduran). Saya sudah menerapkannya dua minggu terakhir ini.

Pada akhir pekan, saya berusaha untuk tidak tidur siang. Saya akan menghindari kasur, lantas mencari kesibukan, misalnya membaca koran, menonton film, jalan-jalan ke toko buku, atau apa pun yang positif. Dengan begitu, harapannya hari-hari saya jadi lebih produktif.

Saya lebih memaksimalkan istirahat pada malam hari dengan menghindari begadang. Jadi, tidur malam saya lumayan panjang. Kalau masih ditambah tidur siang, tentu waktu tidur saya dalam sehari jadi banyak sekali. Padahal, saya masih muda.

Saya tahu, kelak akan ada saatnya saya hanya melewati hari dengan berbaring saja di tempat tidur, yakni ketika sudah tua dan sudah tidak berdaya lagi.

Jadi, sekarang ini tidur secukupnya saja lah :D

About these ads

36 Responses to “Tidur Siang”


  1. 1 ysalma May 26, 2014 at 11:10 pm

    kalau untuk anak-anak tidur siang itu harus *tapi anak saya bisa ‘dipaksa’ tidur siang cuma sampai klas 1 SD aja.
    salut ga mengenal masa begadang, saya SMA sudah mulai rajin begadang ga jelas.

    • 2 Ditter May 29, 2014 at 8:27 am

      Sebenarnya saya suka begadang juga kok mbak, tapi sekarang ini lagi mencoba menghindarinya supaya istirahat malamnya lebih maksimal, hehe….

  2. 3 aqied May 27, 2014 at 5:43 am

    errrrr aku kalo weekend atau libur emang pengennya gak habis buat tidur doank.
    tp jam istirahat kantor kalo lg gak banyak kerjaan n memungkinkan, pengennya selalu aku pke buat tidur siang, mas. lumayan banget bisa fresh smp sore. hehe

  3. 6 Jery Yanuarlan May 27, 2014 at 8:14 am

    kalau saya sih, kalau tidur siang pasti malamnya ndak bisa tidur mas :D
    yah ngeblog deh semalaman kalau sudah begitu

  4. 8 kaprilyanto May 27, 2014 at 9:58 am

    tidur siang selalu membuat saya tidak bisa tidur malamnya, begadang deh, besok tidur siang lagi malam nya begadang lagi. siklus biasa :D

  5. 10 nuellubis May 27, 2014 at 12:05 pm

    Kalau aku mah sekaraang sudah sudah buat tidur siang akhir-akhir ini. Lebih sering bisa, yah pas sabtu-minggu. Lol

  6. 12 Beby May 27, 2014 at 12:08 pm

    Kalo aku justru pening kalo tidur siang.. -_- Waktu masih kecil suka disabet tali pinggang kalo ngga mau tidur siang, lebih milih disabet deh. Abis peningnya ngga nahan.. Tapi kadang-kadang kalo ketiduran gitu ya ngga pening sik. *berharap ketiduran terus*

  7. 15 mawi wijna May 27, 2014 at 4:49 pm

    Tidur di siang hari buat saya adalah salah satu cara untuk mencari solusi dari kerumitan pekerjaan . Biasanya saya bilang ke rekan, “Sik yo, tak pikir karo turu sik”. Entah kenapa begitu bangun tidur, masalah yang sebelumnya saya rasa kompleks mendadak jadi mudah. Ah, mungkin karena otak ini butuh istirahat sejenak setelah sekian jam diperas untuk menuntaskan kerjaan.

  8. 17 duniaely May 27, 2014 at 5:42 pm

    Tidur siang kalau benar benar perlu misalnya pas capek banget atau pas kepala pusing, tidur 1 jaman, bangun pusingnya sdh hilang :P

  9. 19 Hafidh May 27, 2014 at 8:41 pm

    setuju banget, mas, maksimalkan tidur malam, karena memang malam diciptakan sebagai waktu untuk istirahat bukan untuk bekerja atau beraktivitas, tapi juga tak memaksakan diri untuk tidak tidur siang, ketika dirasa perlu sekali seperti ketika badan tidak fit, ya tidur siang mah penting juga :) CMIIW

  10. 22 Bibi Titi Teliti May 28, 2014 at 11:08 am

    bhuahahaha…aku kok jadi berasa malu baca postingan ini sih mas
    Dulu pas jaman kuliah dan masih kerja, selalu merindukan masa2 bisa tidur siang..

    Dan sekarang setelah jadi ibu2 yang nongkrong di rumah kesampaian deh dengan dalih nemenin anak ku yang bobok siang dan kebablasan sampe sore…hihihi…walopun gak tiap hari juga sih…

    Sampai saat ini masih dinikmati sih kegiatan bobok siangnya mas, bentar lagi kalo Fathir udah masuk SD sepertinya udah gak bisa karena jam segitu harus anter jemput sekolah :)
    *cari alesan*

    • 23 Ditter May 29, 2014 at 8:51 am

      Hahaha…

      Nah lho, kalau begitu nikmatin aja mbak masa-masa sekarang, mumpung punya banyak kesempatan utk tidur siang bareng anak, sebelum Fathir masuk SD, hehe….

  11. 24 cumilebay.com May 28, 2014 at 11:38 am

    Hahahaha jadi inget emak gw suka teriak2 kalo gw ngak tidur siang tapi itu berlangsung sampai SD kelas 4, setelah itu udah ngak perna disuruh tidur. Emak gw dah capek coz ngak perna dituruti ama anak nya yg bandel ni hehehehe.
    Tapi sekarang gw paling demen tidur sore antara jam 4-5. abis itu melek ampe jam 3 pagi :-)

  12. 26 papapz May 28, 2014 at 11:58 am

    tidur siang itu bagus lo mas buat otak dan kesehatan.. sayang karena kerja saya gak bisa tidur siang :D

  13. 28 ochimkediri May 28, 2014 at 12:21 pm

    wah kalo lagi ga ngapa2in ya saya mending tidur siang.

  14. 30 Rahad May 28, 2014 at 12:52 pm

    Waktu SD baru sering banget disuruh tidur siang, tp gara2 gak suka tidur siang, biasanya suka akting baru bangun biar dikira udah tidur :D. Kalo utk sekarang susah nyari waktu utk tidur, pasti ada aja yg harus dilakuin

  15. 32 Nunu El Fasa May 28, 2014 at 9:19 pm

    Saya malah kaget ketika serumah dengan mertua punya kebiasaan tidur siang termasuk suami. Sekaeang sudah kebiasaan tidur siang

  16. 34 maembie May 29, 2014 at 3:18 am

    Sebagai orang yang sering begadang, nah tidur siang adalah ajang pembalasan dendam sunggokong. Kita akhirnya nanti juga akan tidur untuk selamanya :))


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,850 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,850 other followers

%d bloggers like this: