Mancing

“Dit,” panggil teman kos saya. “Kok kamu bisa sih seharian di kamar ngga keluar-keluar? Emang ngapain aja?”

Saat itu kami berdua sedang menonton Indonesian Idol di kamarnya. Saya tersenyum mendengar pertanyaannya yang tiba-tiba itu.

“Paling-paling baca buku, Sob.”

“Wuih, kok betah, ya?” teman saya terheran-heran. “Kalau aku mah dua jam aja langsung bosan. Pengennya main ke luar kamar!”

Saya tertawa. Dia belum tahu, saya punya beberapa teman yang betah baca buku selama satu hari satu malam, bahkan lebih. Bagi teman kos saya, mungkin hal ini mengejutkan. Tapi bagi orang yang melakukannya, barangkali itu hanya hal yang biasa saja.

Keheranan teman kos saya itu mungkin sama dengan keheranan saya terhadap orang-orang yang hobi memancing. Saya benar-benar tidak habis pikir, kenapa mereka begitu suka memancing? Apa sih asyiknya memancing?

Teman baik saya pernah cerita, dia punya tetangga yang sangat hobi memancing, bahkan mungkin tarafnya sudah tergila-gila. Dalam seminggu, dia punya jadwal khusus selama satu hari penuh untuk memancing.

Dalam sehari itu, ia bisa melupakan segalanya, bahkan keluarganya sendiri. Jika istri dan anaknya di rumah minta diantar ke tempat tertentu, ia selalu menolaknya. “Hari lain aja,” begitu biasanya ia menjawab, sambil tetap asyik memancing di sungai favoritnya.

Saya sendiri sama sekali tidak bisa menikmati kegiatan yang satu ini. Bayangkan, begitu kail sudah dilempar, tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain menunggu ikan-ikan menangkap umpan kita.

Untuk hobi lain, katakanlah futsal, ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk mencetak gol, misalnya berlari lebih cepat, menggocek dengan gesit, lalu menendang ke arah gawang dengan kekuatan penuh.

Tapi kalau memancing? Kita hanya bisa menunggu tanpa bisa melakukan apa-apa!

Teman-teman yang hobi memancing pasti punya 1001 penjelasan untuk saya, kenapa mereka begitu suka memancing. Intinya, memancing itu membahagiakan. Memancing itu asyik dan seru. Meskipun saya tidak tahu apanya yang asyik dan apanya yang seru.

Begitulah, namanya juga hobi, ya :D

About these ads

36 thoughts on “Mancing

  1. Idem. Saya pun tak habis pikir dengan orang yang hobi mancing. Dan orang yang punya hobi koleksi2 macem2, hobi otomotif, yah intinya hobi orang lain yg gak masuk di nalar saya, ya bagi saya aneh. halah.

  2. Saya paling seneng denger cerita temen pas mereka mancing. Umumnya mereka mancing bukan di pemancingan umum, tapi di sungai atau kali yang umumnya nggak jauh dari pusat kota. Mereka terkadang cerita hal-hal unik yang mereka temui saat mancing, seperti melihat ikan yang unik, hasil pancingan banyak, sampai penampakan para penunggu sungai. Ujung-ujungnya cerita mistis, hehehe.

      1. iya ya, saya seneng sama cerita misteri. Mungkin karena saya itu orangnya penasaran. Tapi klo dikasih liat ya takut, hahaha.

  3. saya lebih suka membaca buku di perpustakaan mas dripada di kamar…karna lebih nyaman dan tenang…trus masih bisa nanya2 ke petugasnya atau ketemu orang2 yang berkunjung ke perpus…minimal kalau ketiduran baca bukunya, ntar ada yg bangunin…hehe#sy lebih suka suasana yg tenang namun tetep ada orang lain di sekitar sy…hmmmp

  4. memancing katanya memerlukan konsentrasi,
    membaca buku sebelum selesai bikin penasaran, walau harus membaca dari pagi sampai pagi lagi, *hasilnya kacamata minus #pengalaman pribadi :D

  5. dulu saya senang mancing, asal bersama teman-teman saya, jadi heboh gitu

    tapi sekarang sih sudah nga lagi, kasian ikannya kena kail pancing

    saya suka membaca, jaman dulu novel sama komik, habis dilahap, kalo belum abis itu belum puas, ibaratnya jerawatnya belum pecah :D

    yup tiap orang memiliki hobi yang berbeda :) kadang aneh saja melihat tingkah mereka, tapi itulah keragaman :)

  6. bisa ampek betah kayak gtuh yah membaca novel, kalau ceritanya bagus sih aku betah aja tapi kalau mancing aku juga ndak tahu apa enaknya kok orang orang pada betah memancing

  7. hahahah dulu pas SD suka naro pancing, trus ditanam di tanah giti pas malam. tar pagi dilihat ada yg nyangkut ato nggak. mgkn dulu aku pengen sok sok an mancing tp sbenarnya bosenan.
    kadang emang gak perlu alasan buat suka sama sesuatu. suka ya suka aja.

  8. Mancing itu yg serunya cuma pas dapet ikan, kalo gak dapet2 ikan bikin dongkol namanya
    Emang punya kesabaran ekstra tuh yg hobi banget mancing :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s