Mengumpulkan Niat & Semangat

Wah, sudah beberapa kali saya mau buat postingan untuk blog ini, tapi nggak jadi-jadi karena sepertinya nggak ada lagi yang bisa saya ceritakan di sini. Rasanya semua cerita sudah habis, nggak ada ide lagi.

Kalau saya bilang kehabisan ide, sebenarnya itu bisa dibilang mustahil, karena saya percaya bahwa sejatinya ide itu nggak pernah habis, terutama bila kita membebaskan kreativitas kita. Mungkin saya terlalu selektif dalam memilih cerita-cerita yang bisa saya sampaikan di blog. Misalnya, saya hampir nggak pernah bercerita tentang kisah asmara saya di sini, hehe….

Baiklah, ada satu pengalaman saya yang mungkin cukup menarik untuk diceritakan di blog ini. Jadi minggu lalu saya punya kerjaan yang harus diselesaikan. Entah kenapa saya nggak terlalu suka dengan kerjaan itu, jadi saya menunda-nunda untuk mengerjakannya. Namun, saya tetap mengumpulkan niat dan semangat sedikit demi sedikit untuk mulai menggarap kerjaan itu.

Proses mengumpulkan niat dan semangat itu berlangsung selama 4 hari. Tidak bisa terkumpul dalam sehari, karena saya benar-benar malas mengerjakannya. Mood seolah-olah pergi menjauhi saya.

Suatu ketika, saya mencoba benar-benar memaksa diri untuk menggarap kerjaan itu. Meski masih malas-malasan, tapi saya berusaha melawannya. Dengan tertatih-tatih (*lebay), saya menyalakan laptop dan membuka file tugas. Saya pun mulai mengerjakannya, meski masih digelayuti rasa malas yang luar biasa.

Nggak kerasa, saya mulai menikmati proses mengerjakan tugas itu. Saya seperti berada di dunia lain, tidak terlalu memedulikan lingkungan sekitar. Tahu-tahu tugas tersebut selesai, dan proses itu hanya memakan waktu dua puluh menit!

Unik, ya. Proses mengumpulkan niat dan semangat berlangsung selama seminggu kurang dua hari. Tapi, ketika tugas itu mulai dikerjakan, ternyata bisa selesai dalam waktu yang bisa dibilang singkat.

Mmm… saya merasa bahwa teman-teman pun sepertinya pernah mengalami “kejadian” seperti ini. Benar nggak, ya? :p

About these ads

16 Responses to “Mengumpulkan Niat & Semangat”


  1. 1 puchsukahujan March 30, 2012 at 8:00 am

    wah, pas banget nih
    saya punya hal yang harus dikerjakan pekan ini, deadlinenya hari minggu nanti
    tapi sampai sekarang (hari jum’at) saya masih saja sedang mengumpulkan niat
    belum pada aksi

    ini postingan keren banget deh…
    two thumbs up buat mas ditter
    jadi, hari ini juga saya harus menyelesaikan tugasnya
    mungkin 20 menit bisa kelar?!

  2. 2 Vicky Laurentina March 31, 2012 at 7:28 am

    Ya, itu sama seperti waktu profesorku suruh aku bikin esai. Aku males banget ngerjainnya karena aku udah kadung kecapekan ngerjain tugas-tugasku yang lain. Sampek suatu hari aku mutusin aku mau mulai dari yang simpel aja: Aku ambil kertas kecil, lalu aku uraikan poin-poin yang mau kutulis. Lama-lama jadi kerangka karangan, dan proses mengembangkan kerangka itu yang membuatku tertarik mengembangkan esai itu lebih lanjut. Lama-lama esainya jadi panjang dan akhirnya tugasku selesai.

    Kita tidak punya masalah dalam menyelesaikan tugas. Kita hanya punya masalah tentang bagaimana memulainya. :)

  3. 3 Dhenok Habibie March 31, 2012 at 11:02 am

    biar makin semangat Dit, ada hadiah spesail untuk Ditter.. diterima yaa, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

  4. 4 Falzart Plain March 31, 2012 at 3:32 pm

    Salau saya ngumpulin semangat dengan tidur. Kalau bangun tidur belum semangat ya tidur lagi…

  5. 5 grandchief March 31, 2012 at 4:03 pm

    wah iya mas,biasanya kalau lagi males menyerang,nggak dikerjain2 tuh tugas padahal kadang sulitnya hanya ketika belum dikerjakan aja :)

    • 6 Ditter April 4, 2012 at 8:57 pm

      @Puchsukahujan: Hahaha… coba aja mulai garap tugas itu. Dipaksa aja, jangan menyerah. Nanti lama kelamaan pasti mulai bisa menikmatinya, dan tau-tau nanti tugasnya bisa selesai deh, hehe….

      @Mbak Vicky: Setujuuu banget, Mbak!! Asyik banget ya kalau tugasnya bisa selesai, dan kita menikmati prosesnya :-)

      @Dhenok: Segera ke lokasi!

      @Falzart Plain: Orang pintar biasanya memang seperti itu :D

      @Grandchief: Iya, bener, Mas. Hehe….

  6. 7 Dens April 2, 2012 at 3:15 pm

    Btul mas dit. Dlm diri kitalah penghalang itu. Makasih kunjungannya

  7. 8 misstitisari April 3, 2012 at 1:45 pm

    saya tipe yg suka nundanunda Dit, entah kenapa kl deadline msh jauh waktunya kok ya idenya ga ada yg nongol, begitu deadline udh di depan mata baru deh lancarrrr ngerjainnya
    anehhh
    eh apa itu karena kebiasaan yah

  8. 9 elfarizi April 3, 2012 at 11:16 pm

    waaah … semoga saya ketularan yaaa … kalau saya, segimana pun maksain diri ngerain tugas, tetep aja … males wuiiii :D

  9. 10 sinarbuku April 4, 2012 at 8:17 am

    mas Dit. makasih infonya. sekarang blog saya sudah diperbaiki tulisannya. sukses untuk anda.

    • 11 Ditter April 4, 2012 at 9:00 pm

      @Dens: Sama-sama, Mas Bro :D

      @Misstitisari: Yah, selama itu bisa berjalan lancar nggak apa-apa sih, Mbak. Tergantung pribadi masing-masing…. Kalau saya sih bisa nangis2 darah kalau ngerjain tugas pas deadline sudah dekat, hahaha….

      @Elfarizi: Hahaha…. Yuk, semangat! :-)

      @Sinarbuku: Sippp… sukses juga, Bung!

  10. 12 ndutyke April 7, 2012 at 4:26 pm

    SERING BANGET DEH MASBRO….! ngumpulin moodnya ampe berhari-hari, padahal mengerjakannya juga gak sampe seharian, hehehe. kadang kita menyerah dan membiarkan mood menyetir kita. janganlah kita jadikan mood sebagai supir. biar dia sebage kenek aja :lol:

  11. 13 ndutyke April 7, 2012 at 4:27 pm

    Reblogged this on ndutyke's and commented:
    Kata Ditter: “Proses mengumpulkan niat dan semangat berlangsung selama seminggu kurang dua hari. Tapi, ketika tugas itu mulai dikerjakan, ternyata bisa selesai dalam waktu yang bisa dibilang singkat.” -> hahaha gwbgt nih :D :D

  12. 14 fenty6285 April 8, 2012 at 6:40 pm

    tapi kalau tugas kan memang “harus” lain halnya dengan menulis di blog :p *pembenaran* :D

    • 15 ditter April 9, 2012 at 8:50 pm

      @Ndutyke: Hahaha.. betul! Terima kasih banyak karena sudah memuat postingan saya di blog sampeyan. Sungguh sebuah kehormatan besar :-)

      @Fenty6285: Iya juga sih, hahaha….


  1. 1 Bulatan Hitam Ujian Nasional « Home Trackback on April 25, 2012 at 6:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,865 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2
25 pesan Rasul Sehari-hari

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,865 other followers

%d bloggers like this: