RSS

Iklan Lowongan Pekerjaan

01 Feb

Walaupun saat ini sudah bekerja, tapi saya masih suka melihat-lihat iklan lowongan pekerjaan di berbagai media, khususnya koran. Niatnya sih nggak mencari kerjaan baru. Sekadar iseng-iseng aja. Semacam hiburan di saat senggang. Yah, siapa tau bisa menemukan lowongan yang kira-kira cocok bagi teman yang membutuhkan, hehe….

Kesenangan saya itu dimulai ketika dulu baru saja lulus kuliah. Saat itu saya memang sedang gencar-gencarnya mencari kerja. Membaca iklan lowongan kerja di koran menjadi rutinitas yang saya lakukan hampir setiap hari. Eh, setelah mendapatkan pekerjaan pun, aktivitas itu masih saya lakukan, walaupun nggak terlalu sering, hehe….

Nah, satu hal menarik yang saya lihat dari lowongan pekerjaan adalah, sebagian besar memberikan syarat kualitas yang tinggi bagi para calon pelamar. Yah, memang ini adalah hal yang wajar. Bagaimanapun, perusahaan menginginkan orang-orang terbaik untuk bekerja di tempatnya.

Nah, kadang saya melihat ada lowongan-lowongan kerja yang menempati kolom kecil, dengan nama perusahaan yang nggak terkenal, dan mensyaratkan kualifikasi tinggi bagi orang yang berniat melamar. Hmmm… bukan bermaksud berpikir negatif. Tapi saya ragu, apa ada ya orang yang benar-benar memenuhi kualitas itu dan melamar ke sana?

Saya pribadi, jika (merasa) punya kualitas yang tinggi seperti itu, maka akan lebih memilih melamar ke perusahaan besar, entah swasta atau BUMN. Atau kalau nggak, mendirikan dan mengelola perusahaan sendiri. Dengan kualitas pribadi yang tinggi, peluang untuk sukses dalam membuat dan menjalankan perusahaan sendiri pasti juga besar.

Kalaupun saya “terpaksa” melamar ke sebuah perusahaan kecil karena tekanan/kondisi tertentu, maka setelah diterima kerja, saya kira perusahaan nggak bisa mengharapkan saya untuk tinggal lama di sana. Pasti tetap ada keinginan untuk keluar dan mencari perusahaan yang besar dengan gaji yang menggiurkan.

Nah, kecuali bila perusahaan kecil itu mau memberikan gaji yang besar. Tapi, apa mungkin? Hehe….

Bagaimana menurut teman-teman?

 

About these ads
 
23 Comments

Posted by on February 1, 2012 in Sehari-hari

 

Tags: , , ,

23 responses to “Iklan Lowongan Pekerjaan

  1. Ipras

    February 1, 2012 at 9:42 pm

    Walah… hampir mirip dengan saya Mas, cuma kalau saya sekarang jadi terbiasa untuk suka melihat-lihat berbagai macam fitur dari berbagai manca web hosting. Meski sekarang saya sudah menyewa hosting sendiri, tapi karena dulu pernah terbiasa untuk membanding-bandingkan antara suatu web hosting dengan web hosting lainnya, jadinya kebiasaan itu terbawa sampai saya baru setahun ini menyewa web hosting yang sekarang :)

     
  2. nique

    February 1, 2012 at 9:48 pm

    dah lama ga liat iklan loker :D
    hampir tak peduli malah
    tapi kadang2 saya masang iklan sih
    tapi kualifikasinya ga tinggi2 kok *iyalah buat jaga warnet ngapain tinggi2 ya kan hahaha*

    iya tuh, waktu masih kerja dulu, sering liat iklan yg begitu,
    tapi jangan salah lho, ada kok perush kecil yg sanggup mbayar gaji gede hehehe

     
  3. Falzart Plain

    February 2, 2012 at 7:42 am

    *betul juga*
    Saya memang nggak pernah lihat loker kayak begitu…
    Belum waktunya sih buat saya…

     
  4. namarappuccino

    February 2, 2012 at 9:21 am

    Sama mas. Mungkin memilih melamar ke BUMN aja daripada perusahaan gak jelas. Iklan aja ngirit. :p
    Gimana mau gaji karyawan berkualifikasi tinggi.

     
  5. Vicky Laurentina

    February 2, 2012 at 9:57 am

    Awal-awal saya jadi dokter, tiap hari saya selalu nyisirin iklan lowongan kerja di iklan baris koran-koran. Bahkan klinik-klinik kecil yang masang iklan pun saya tandain, saya catet, saya telfonin nomernya untuk saya kirimin lamaran pekerjaan.

    Hal-hal besar yang kita peroleh di masa depan, ternyata berasal dari hal-hal kecil yang pernah kita lakukan di masa lalu. Saya bisa diterima sekolah sekarang, karena saya pernah berpengalaman kerja di rumah sakit. Saya diterima kerja di rumah sakit, karena saya sudah berpengalaman bekerja di klinik-klinik kecil yang sama sekali tidak terkenal.

    Jadi jangan pernah menyepelekan peluang yang ada di depan mata kita. Jangan malu kerja di perusahaan-perusahaan kecil setingkat CV itu, jika dengan bekerja di situ kita bisa mengembangkan diri untuk memantaskan bekerja di tempat yang lebih besar.

     
    • jarwadi

      February 3, 2012 at 8:23 am

      menurutku bukan kita menyepelekan tempat kerja yang kecil kecil bahkan setingkat CV, kalau ngomongin lowongan kerja di korang-koran, seringkali lo lowongan kerja itu tipu tipu semata

      jadi ingat sama postingan mas priyadi beberapa waktu lalu tentang modus penipuan ala lowongan kerja :)

       
      • ditter

        February 9, 2012 at 8:01 pm

        Wah, iya, tuh, Mas. Sudah banyak orang-orang yg tertipu…. :(
        Saya juga sering menemukan iklan lowongan yg isinya nggak wajar gitu. Misalnya mensyaratkan tingkat pendidikan minimal SMP, tapi menjanjikan gaji setingkat lulusan S1…. Jenis pekerjaan katanya di dalam kantor. Wah, kalau saya sih malah jadi curiga…..

         
    • ditter

      February 9, 2012 at 7:38 pm

      @Ipras: Akhirnya jadi keterusan gitu ya, Mas.. hehe….

      @Nique: Jangan-jangan perusahaan punya Mbak Nique adalah salah satu perusahaan yg berani ngasih gaji besar ke karyawannya nih, hehe….

      @Falzart Plain: Akan tiba saatnya, Sob. Hehe….

      @Namarappuccino: Hehe… begitulah, Mas…. ;-)

      @Mbak Vicky: Bener banget, Mbak! Ini saya sendiri masih bekerja di perusahaan kecil setingkat UD. Gaji memang belum besar, tapi saya banyak mengembangkan diri di perusahaan itu, dan proses itu masih terus berlangsung, hehe….

       
  6. misstitisari

    February 2, 2012 at 3:21 pm

    kalau iklan loker di koran udah ngga pernah, paling sekalisekali aja liatliat di internet :)

     
  7. Aufa

    February 2, 2012 at 6:56 pm

    my jobs is happy,rilex,.,
    mau tau g’,.,

     
  8. Ely Meyer

    February 2, 2012 at 9:13 pm

    wah .. aku nggak punya pengalaman nih , soalnya dulu kerja sendiri sih memberi les privat sana sini

     
  9. puchsukahujan

    February 2, 2012 at 10:54 pm

    belum masanya saya liat iklan lowongan pekerjaan

    # skripsinya selesein dulu Puch!!! :D

     
  10. yourha

    February 3, 2012 at 3:18 pm

    gag tauu mau ngasih pendapat apa mas..
    jrang lihat lwongan kerja di koran..hehe

     
    • ditter

      February 9, 2012 at 7:51 pm

      @Misstitisari: Di internet pun sekarang tampaknya cukup lengkap, ya…. :-)

      @Aufa: Mauuuu… :D

      @Ely Meyer: Wuiih.. hebat, lho. Udah tergolong pengusaha itu, hehe….

      @Puchsukahujan: Semangat… semangat!!

      @Yourha: Walaupun nggak ngasih pendapat, tapi saya sudah sangat berterima kasih karena Sobat sudah berkenan berkunjung ke sini, hehe….

       
  11. Susu Segar

    February 3, 2012 at 9:52 pm

    wah liat pada coment udah pada punya pengalaman buka pintu sana kemari yak. . . aku aja kuliah belom kelar… moga aja aku lulus bisa langsung dapet kerjaan amiin. .

     
  12. Gusti 'ajo' Ramli

    February 4, 2012 at 2:52 pm

    mungkin saja perusahaan kecil meberikan gaji yang besar bila kemampuan yang dimiliki dibutuhkan perusahaan tersebut…

     
  13. Alice van Java

    February 5, 2012 at 8:07 pm

    hmm termasuk jarang sih liat iklan lowongan pekerjaan, bisanya aku cari info lewat temen atau kenalan dari tempat kerja yg dituju. tapi menurutku tergantung orangnya, biasanya walau perusahaan kecil meraka biasanya berani juga bayar gaji yang tinggi, kalau orang itu mau jadi “raja” di kerajaan kecil sih gpp juga :P

     
  14. Lambertus Hermawan

    February 6, 2012 at 4:04 pm

    wah sepertinya saya harus siap2 merhatiin iklan loker nih. soalnya sebentar lagi mau memasuki dunia ‘nyata’ itu.

     
  15. giewahyudi

    February 9, 2012 at 2:48 pm

    Iya, saya kadang-kadang juga membaca iklan-iklan lowongan di Kompas, siapa tahu ada karir yang lebih baik..

     
    • ditter

      February 9, 2012 at 7:57 pm

      @Susu Segar: Aminnnn… semangat, Sob!

      @Gusti ‘ajo’ Ramli: Tapi apakah kondisi keuangan perusahaan memungkinkan utk itu? Hehe….

      @Alice van Java: Hehe… memang sih, bila kondisi keuangan perusahaan itu memang bagus, bukan hal yg mustahil bila mrk berani bayar mahal utk karyawan yg berkualitas tinggi :-)

      @Lambertus Hermawan: Mantaap… selamat berjuang, Sob!

      @Giewahyudi: Sippp… Semangat, Mas! :-)

       
  16. elfarizi

    February 10, 2012 at 11:02 pm

    Pengalaman saya, iklan-iklan yang tampilannya “tidak profesional” dan cenderung biasa, bisa jadi penipuan. DUlu pernah melamar eh malah dimintai uang buat pembekalan … pasa saya googling nama perusahaan tersebut, ternyata benar saja, banyak korbannya … maka, hati-hati dengan iklan loker :D

     
  17. Lowongan Kerja Terbaru

    July 2, 2013 at 6:15 am

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to shoot you an email.
    I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it expand over time.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,836 other followers

%d bloggers like this: