Cara Memperpanjang SIM di SIM Corner Ambarukmo Plaza

Dulu saya pernah iseng buat tulisan tentang cara membuat SKCK. Beberapa bulan kemudian, teman saya yang sedang membutuhkan informasi tentang cara membuat SKCK, menemukan tulisan saya itu ketika sedang browsing di internet. Dia mengabari saya bahwa dia sangat terbantu oleh tulisan tersebut. Syukurlah :-)

Tak disangka, tulisan iseng hasil pengalaman pribadi itu ternyata bisa bermanfaat juga. Karena itulah kali ini saya bersemangat untuk membagi cerita tentang pengalaman memperpanjang SIM di gerai SIM Corner yang ada di Ambarukmo Plaza (Amplaz), Yogyakarta. Yah, siapa tahu bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memperpanjang SIM di tempat itu

Oh iya, sekadar informasi, gerai SIM Corner Ambarukmo Plaza buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Kalau untuk harinya, kalau nggak salah Senin sampai Sabtu. CMIIW.

Saat hendak memperpanjang SIM di SIM Corner tadi pagi, saya sama sekali tidak tahu bahan apa saja yang harus disiapkan. Alur tahapannya pun saya tidak mengerti. Hasilnya, tadi saya jadi kayak orang bingung, sama sekali nggak tahu harus ngapain :p

Nah, karena itulah saya membuat tulisan ini supaya teman-teman bisa menyiapkan syarat yang diperlukan dan mengetahui tahapan-tahapan yang ada sehingga proses memperpanjang SIM jadi lebih lancar.

Sebelum mendatangi gerai SIM Corner (di Ambarukmo Plaza Yogyakarta), teman-teman harus menyiapkan fotokopi KTP dan SIM, masing-masing satu lembar, SIM asli, dan uang Rp105.000.

Setiba di gerai, fotokopi KTP dan SIM langsung masukkan saja ke baki/wadah yang sudah disediakan. Setelah itu tinggal duduk untuk menanti panggilan.

Jika sudah dipanggil, maka kita akan menerima map berisi formulir yang perlu diisi. Di sana sudah disediakan contoh formulir sebagai panduan kita dalam mengisinya.

Setelah formulir selesai diisi, kumpulkan map tersebut ke bagian Cek Kesehatan, lalu tunggu panggilan dari petugas untuk melakukan cek kesehatan. Proses cek tersebut hanya berlangsung sekitar 5 menit. Di bagian ini, kita diharuskan membayar Rp30.000.

Setelah selesai cek kesehatan, bawa berkas ke bagian pembayaran (loket BRI) dan bayar biaya perpanjangan Rp75.000 untuk SIM C dan Rp80.000 untuk SIM A. Proses pembayaran ini memakan waktu kurang dari 5 menit. Pada tahap ini, kita akan diberi nomor urut untuk difoto.

Setelah selesai, serahkan map yang sudah disertai dengan surat cek kesehatan, nota pembayaran, dan SIM asli ke bagian Foto. Nah, sekarang tinggal tunggu nomor urut Anda dipanggil.

Pada tahap foto, kita akan diminta tanda tangan dan meninggalkan sidik jari pada scanner. Setelah tahap ini selesai, SIM Anda akan jadi dalam waktu kurang dari 5 menit dan bisa langsung diambil. Eit, sebelum meninggalkan gerai SIM Corner, isi daftar buku pengambilan SIM terlebih dahulu.

Demikian. Sangat mudah, bukan? Oh iya, setiap tahap berlangsung dalam waktu yang singkat, rata-rata kurang dari 5 menit. Namun, proses menunggu untuk masuk ke tahap itu biasanya lama, apalagi jika antreannya sangat panjang. Kalau saya tadi memakan waktu sekitar tiga jam.

Tips!

Sebaiknya datang ke lokasi jam setengah sepuluh pagi. Walaupun secara resmi mal baru buka jam sepuluh, tapi biasanya jam sembilan kita sudah bisa masuk. Semakin siang, maka pengunjung akan semakin banyak sehingga antrean pun semakin panjang.

About these ads

70 thoughts on “Cara Memperpanjang SIM di SIM Corner Ambarukmo Plaza

  1. Sehari sebelum pindah ke Eropa, aku juga memperpanjang SIM di Amplaz ini, soalnya SIMnya bakal habis dalam waktu sebulan, hehehe :D Btw, satu tips lagi tuh: fotokopinya udah dibawa dari rumah. Fotokopi disana (di gerainya itu) bisa sih, tapi MAHAL. Kalau nggak salah selembar 5000 ato berapa gitu, hahaha :lol: *pelit*

    • @Muhammad Mufti: Wah, enak tuh, Mas kalau dekat. Saya jauh, dan agak males Polres, soalnya banyak calonya, hehe….

      @Falzart Plain: Betul juga ya, Sob. Hahaha….

      @Zilko: Betul, mahalll. Soalnya itu bukan fotokopi sih, tapi di-scan trus diprint. Tadinya saya juga nggak bawa fotokopi SIM lama, tapi trus bela-belain keluar dari mal demi cari fotokopian. Ogah kalo ngefotokopi di gerai itu *lebih pelit. Hahaha….

      @Alice: Harapannya sih memang informasi di sini bisa bermanfaat, hehe…

      @Agung Rangga: Belum cukup umur ya, Sob. Hehe….

      • terima kasih mas……..mebetulan sim sy habis tgl 24 Maret 2013 besok minggu, dan sy bingung mau perpanjangan dimana dan beaya habis berapa. Kalo perpanjangan setelah habis masa berlaku kena denda nggak Boss ??? soale kerja sy di magelang rumah di yogya. Matur tengkyu

  2. pasti bermanfaat tulisan ini, menyemangati yg lain biar nggak nembak SIM ya, krn bisa juga kok dibikin sendiri ….
    tapi tetep saja iri, karena di sini bikin SIM minim mungkin 3 bulan baru jadi itupun kalau sdh lulus tes teori sama mengemudi, kalau nggak bisa bertahun tahun dan ribuan euro akan melayang , itupun belum tentu dapat SIM kalau nggak lulus tesnya

    • @Honeylizious: Hayooo… bikin dulu aja…. Kalau ketilang, nguras dompet banget lho, hehe….

      @Dhenok Habibie: Waduh.. sabar, ya…. Segera diurus aja… semoga lancar, ya…. :-)

      @Ely Meyer: Wowww…. Mbak tinggal di Eropa, ya? Mantaaap…. Peraturan di sana ketat banget, ya. Mungkin berkendara di sana cukup aman dan nyaman, ya, soalnya para pengendaranya sudah terjamin pandai (bisa) mengendarai kendaraan, hehe….

      @Misstitisari: Oooh… Nanti kalau sudah bisa nyetir motor atau mobil, langsung bikin SIM, ya. Hehe….

      @Raden Ikhwan: Wah, sippp….

      @Tidar: Sip….

      @Rusa: Ooh… berarti tinggal nunggu masa berlakunya habis nih, trus nanti harus diperpanjang, hehe….

  3. iya … khususnya di jerman itu ketat sekali peraturannya dlm mendapatkan SIM, jadi yg turun ke jalan memang sdh dipastikan punya SIM, yg ndak punya mana berani .. emang mau masuk penjara ? :D … tapi hasilnya memang bisa dilihat sih, bisa dikatakan ndak pernah kulihat polisi di jalanan sini, semua berkendaraan sesuai rambu lalin , bahkan kalau sdh jam 9 malam saat lampu bangjo mati itu lalu lintas masih teratur menurut rambu rambu yg ada, macet juga jarang aku lihat, semua mulus mulus saja :) .. lain ladang lain belalang ya Dit :)

    • @Ely Meyer: Wow… wow… keren, Mbak! Tertib banget! Mungkin itu pengaruh positif dari peraturan yg ketat, ya…. Kalau di Indonesia, kalau ada remaja yg dipenjara krn menyetir tanpa SIM, pasti Komnas HAM akan mencak-mencak, hehe….

      @YanuarYanuar: Untuk semua wilayah DIY, Bro…. :-)

  4. Pingback: Kumpulan Berita Terkini » Perpanjangan SIM di Ambarukmo Plaza

  5. Perpanjangan SIM di amplaz ga pake KTP asli ya ?? Wow boleh nih,,soalnya rumahku pindah dan belum selesai urusan surat pindahnya jd KTP blom jadi dlm waktu dekat,,pdhal bentar lg udh mau kadaluarsa nih SIM ku.. Nice share dab :D

  6. mo nanya neh btr lg sim q expired… lo di amplaz cek dokter na bsa dluar g ? apa hrus cek dsna jg ??
    mtur nuwun

  7. Thanks artikelnya sedikit membantu…

    Namun hal yang plg penting adalah, bawa pulpen sendiri, ini aja untung ada ibu2 baik yang mau pinjemin pulpen nya…
    Fotocopy ktp + sim dulu sblm kesini..
    Yang dilayani SIM yg sudah mati, tidak lebih dr setahun.

    Tips utk menghemat, cek kesehatan di puskesmas saja, yg dicek, tensi, sama tes mata (liat angka diantara titik2 warna), bs menghemat 25rb an ;)

    Saya dpt antrian 6, proses keseluruihan 1,5jam.

  8. ˚˚°º(*)(*)τhαñk<3ϔσù(*)(*)º°•. \=D/ infonya,kalau suamiku dokter boleh G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ƍäª minta surat dr suami dr pd byr 30rb "̮♡hϱϱ♡hϱϱ♡hϱϱ♡"̮

  9. Saya ingin share juga, barusan hari ini tadi saya perpanjang SIM A dan C di Satlantas kota Solo, prosedurnya sangat mudah dan jangan mau kalo dirayu calo di seputaran lokasi satlantas bagian SIM. Pertama minta KIR (surat keterangan sehat) di klinik di bagian belakang di sebelah lapangan tenis, bisa ditanyakan ke petugas disana, saya datang jam 8:15 pagi cuma ada 2 org antrian, kita akan diminta foco SIM, biaya cek kesehatan 25rb (SIM A) dan 25rb (SIM C). Kemudian surat keterangan sehat dibawa ke loket 1 (pembayaran) dilampiri dengan foco KTP dan SIM, disini kita diminta membayar 75rb (SIM C) dan 80rb (SIM A), kemudian kita diberi berkas2 untuk kita serahkan ke loket 2 (pendaftaran) dan dari loket 2 ini kita diberi formulir untuk diisi, contoh pengisian ada ditempel di tembok jd cukup mudah, kemudian formulir yg telah diisi kita kembalikan ke loket 2 dan kita diberi tiket nomor antrian untuk foto dan kita tinggal menunggu dipanggil untuk foto, tunggu sekitar 20 menit kemudian dipanggil masuk ruang foto dan antri lagi di ruang foto sekitar 5 menit. Setelah difoto tinggal menunggu SIM jadi dan kita akan dipanggil untuk mengambil SIM baru kita di loket penyerahan SIM baru. Mohon diingat begitu kita berada disekitaran ruang pengurusan SIM di satlantas tersebut akan ada bbrp org yg menawarkan bantuan pengurusan, ditolak saja dengan halus mereka akan mengerti, begitu pengalaman saya, semoga membantu..

  10. kalo sim yang udah kadaluarsa 1 bulan gmn ya? kalo belum lebih dari 12 bulan masih dinggap sah? masih bisa di perpanjang, untuk biaya kena denda g ya? thanks

  11. Pingback: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Ambarukmo Plaza | Home

  12. gimana cara perpanjang SIM C lama penduduk Kulon Progo tapi sekarang saya pindah penduduk kotabaru. dimana dan bagaimana saya urus perpanjang SIM.

  13. Oh ya, syaratnya sudah saya baca tadi diatas, terima kasih banyak gan, sangat membantu, berarti tidak sulit tuk perpanjangan yah,, berarti bisa dong jadi kurang lebih 2 jam an, ohya, SIM barunya sudah langsung bisa di bawa pulang atau masih menunggu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s