Cermat Mengelola Keuangan

Beberapa hari yang lalu, saya berbincang dengan OB kantor saya. Ternyata dia bukan “sembarang” OB, sebab dia sempat merasakan bangku kuliah hingga semester akhir, namun akhirnya harus DO karena suatu hal.

Teman ngobrol saya itu bercerita bahwa ketika masih kuliah dulu, ia pintar mencari uang, yakni dengan bekerja sambilan menjual pakaian. Berkat usahanya itu, ia tampil sebagai mahasiswa berkantong tebal. Menraktir makan, membelikan rokok, atau meminjamkan uang kepada teman-temannya adalah hal yang biasa ia lakukan. Kamar kosnya pun dipenuhi oleh barang-barang yang terbilang mewah. Ketika teman-teman kosnya hanya punya radio sebagai teman istirahat di waktu malam, Pak OB sudah punya televisi yang terpajang dengan manis di kamarnya.

Meski ketika itu pandai mencari uang, Pak OB mengaku bahwa ia tidak pintar mengelola uang. Penghasilan yang ia dapat dari usahanya sehari-hari seringkali habis entah ke mana. Mungkin karena itu jugalah saat ini kondisi finansialnya kurang begitu baik alias pas-pasan. Ini bukan asumsi saya, melainkan pengakuan dia sendiri.

Saya sendiri juga merasa bahwa saya kurang pandai mengelola uang. Setiap kali mendapatkan uang dari proyek-proyek sampingan, maka otak saya dipenuhi oleh berbagai rencana untuk membelanjakan uang tersebut, membeli barang impian yang selama ini saya idam-idamkan. Saya ingin mengubahnya. Karena itulah sekarang ini saya mulai banyak membaca buku tentang manajemen keuangan, salah satunya untuk mengubah paradigma saya perihal pengelolaan keuangan.

Saya berencana menyusun laporan keuangan pribadi. Konsepnya sederhana aja, karena memang alur kas saya juga masih sederhana. Maklum, masih hidup sendiri, hehe….

Mungkin laporan semacam itu sudah biasa bagi banyak orang, namun bagi saya benar-benar hal yang asing, sebab saya jarang sekali membuat pencatatan seperti itu. Dulu saya berpikir bahwa laporan keuangan terlalu ribet sehingga saya kurang berminat. Padahal ternyata fungsi laporan tersebut cukup besar, paling tidak alur kas kita jadi lebih teratur dan terencana.

Oh iya, saat ini saya sedang berusaha membangun bisnis sampingan kecil-kecilan. Sebenarnya persiapannya sudah saya lakukan sejak beberapa minggu lalu, namun masih belum selesai karena saya masih angin-anginan, juga karena masih ada beban pekerjaan yang lain. Meski demikian, proses persiapannya masih tetap berjalan kok. Kalau sudah jadi, tampaknya saya harus segera belajar menyusun laporan keuangan yang sedikit lebih kompleks, biar alur kasnya rapi, hehe….

Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar. Amin. Doakan, ya :-)

About these ads

6 Responses to “Cermat Mengelola Keuangan”


  1. 1 Dhenok Habibie October 8, 2011 at 10:59 pm

    memang mengelola keuangan itu penting banget yaa sob, saya aja masih suka bingung gimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar.. di share dong, hasil dari membaca buku2 manajemen keuangan.. :D

  2. 2 partnerinvain October 9, 2011 at 1:45 pm

    manajemen keuangan itu harus apalagi dijaman serba tak pasti seperti sekarang ini, tapi yg namanya manusia ya keinginan seakan tiada habisnya. tinggal bagaimana mengaturnya biar ngga tekor

  3. 3 Asop October 9, 2011 at 8:14 pm

    Luar biasa. Saya juga ingin hidup serba teratur, termasuk dalam hal pengeluaran dan pemasukan. :oops:

    Sebagai permulaan, udah 2 tahun ini saya selalu menyimpan dan mendata semua struk belanja. Belanjaan yang gak ada struk saya catat juga. :)

  4. 4 irfanandi October 10, 2011 at 11:20 am

    Saya selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap bulan, meski sederhana tetapi setidaknya bisa mengontrol keuangan tiap bulannya..
    Semoga dimudahkan ya.. :-)
    Oiya, ditunggu postingan ttg bisnis kecil2annya.. ;-)

  5. 5 ismail October 11, 2011 at 4:21 pm

    Semoga bisnisnya bisa lebih maksimal ya mas.

  6. 6 Nostalgia Songs March 16, 2012 at 7:51 am

    nice article.. thanks for sharing..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,840 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,840 other followers

%d bloggers like this: