Tips Sukses Menghadapi Job Fair

Menjelang akhir tahun, bursa kerja atau yang biasa kita sebut job fair mulai banyak diadakan di berbagai kota.

Saya menyadari fakta itu setelah membaca sebuah koran lokal terbitan hari sabtu yang lalu. Saya melihat ada dua iklan job fair di situ, yaitu Solo Karier Fair 2010 yang diadakan pada 28-30 September di Assalam Hypermarket, serta Jogja Career Fair 2010 yang diadakan tanggal 5-6 Oktober, bertempat di gedung Pusat Kebudayaan UGM. Kedua bursa kerja tersebut menghadirkan puluhan perusahaan nasional dan internasional yang sedang membutuhkan pegawai baru.

Di Jakarta juga ada, yaitu pada 30 September-2 Oktober di gedung Smesco UKM, Jln. Jend. Gatot Subroto, serta UI Career & Scholarship Expo X yang diadakan pada 7-9 Oktober, bertempat di Balairung Kampus UI, Depok.

Nah, yang saya sebutkan tadi baru empat. Setelah berselancar sejenak hingga menemui situs jobStreet.com Indonesia, ternyata masih ada 12 job fair lagi. Itu baru yang diadakan oleh jobstreet saja, belum event yang sama yang digarap oleh EO lainnya.

Untuk Anda para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, tentu ini adalah sebuah kesempatan besar. Begitu pula bagi Anda yang sudah bekerja tapi ingin mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Namanya aja kesempatan, jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya :-)

Walaupun menarik, sebenarnya job fair juga memiliki beberapa kelemahan. Jangka waktu perekrutan karyawan oleh perusahaan-perusahaan yang mengikuti job fair pada umumnya sangat terbatas, yaitu hanya selama bursa kerja itu berlangsung. Selain itu, sistem seleksi langsung (di tempat) dirasa agak menyulitkan, sebab para pencari kerja jadi tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan persiapan khusus. Namun, sesungguhnya semua itu bukanlah sesuatu yang menghambat, melainkan sebuah tantangan yang bisa Anda taklukkan.

Nah, berikut tips sederhana yang bisa Anda terapkan agar sukses dalam menghadapi job fair. Yuk kita simak! :-)

1. Fokus Pada Tujuan

Maksudnya adalah Anda harus fokus pada niat awal tentang bidang pekerjaan dan jenis perusahaan yang Anda inginkan. Usahakan untuk tidak melihat-lihat lowongan pekerjaan lain sebelum benar-benar memenuhi tujuan awal tersebut.

2. Segera Daftarkan Diri Anda

Jika ada job fair, Anda harus ingat bahwa akan ada banyak pencari kerja lain yang menjadi saingan berat Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian. Oleh karena itu, Anda harus bergerak cepat dengan segera mendaftarkan diri ke perusahaan yang diinginkan supaya tidak keduluan oleh para saingan.

3. Lakukan Riset

Sebelum datang ke bursa kerja, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu daftar perusahaan yang ikut dalam acara tersebut agar bisa bergerak lebih cepat dan tepat sasaran. Caranya bisa dengan mencermati iklan yang ada atau berselancar di internet.

4. Jangan Terburu-buru

Salah satu hal buruk yang sering dilakukan oleh para hadirin job fair adalah hanya meletakkan resume atau lamaran di meja stand perusahaan yang diminati, lalu pergi begitu saja tanpa banyak bicara. Dengan melakukan hal itu, sebenarnya mereka telah menyia-nyiakan kesempatan yang begitu berharga, sebab tidak meninggalkan kesan apa pun pada HRD perusahaan yang ditugaskan di stand tersebut.

4. Tampil Percaya Diri Saat Wawancara

Sebelum menghadiri bursa kerja, Anda perlu merenung untuk mengenali diri sendiri dengan lebih baik supaya lancar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapi saat wawancara kerja. Selain itu, Anda juga harus tampil percaya diri untuk meninggalkan kesan baik bagi para pewawancara. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan senyum yang hangat, jabat tangan yang mantap, kontak mata yang baik, serta suara yang jelas dan tegas.

Demikian tips yang bisa saya berikan. Bila memerlukan informasi dan tips lain seputar proses mencari kerja, Anda bisa menyimaknya lebih jauh di buku 99,99% Diterima Kerja. Harapannya, buku tersebut bisa membantu Anda agar sukses dalam melamar pekerjaan. Nah, Anda dapat membaca resensinya di sini.

Buku 99,99% Diterima Kerja bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat di kota Anda, khususnya Gramedia. Bila tidak ingin repot mencarinya di toko buku, jangan khawatir, Anda bisa membelinya secara online di blog ini. Ada diskon spesialnya, lho! Caranya bisa dilihat di sini.

Baiklah, selamat menghadiri job fair, ya! :-)

About these ads

6 Responses to “Tips Sukses Menghadapi Job Fair”


  1. 1 luke4saint September 29, 2010 at 3:32 pm

    DIBUKA LOWONGAN KERJA ONLINE
    Banyak tersedia pekerjaan melalui media internet (ONLINE JOB)yang dapat menghasilkan tambahan pendapatan RUTIN SETIAP BULAN
    .Bagi anda yang tertarik silahkan mengunjungi website kami :
    TUTORIAL AND ONLINE JOB LIST FOR MAKING MONEY
    Hanya di:

    http://www.job-ngeclik-dapat-duit.blogspot.com

  2. 2 Discount Silver Jewelry October 3, 2010 at 8:23 pm

    That’s wonderful, just keep it up…..

  3. 3 Lucky dc October 4, 2010 at 5:31 pm

    Wah sob dah coba ya?
    Saya mahasiswa tingkat akhir neh, bagus infonya :-)

  4. 4 925 silver jewerly October 8, 2010 at 7:44 pm

    It’s the very thing i want to catch. Thanks!
    It’s the very thing i want to catch. Thanks!

  5. 5 Cheryl July 29, 2013 at 2:00 am

    I’m extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it’s rare to see a great blog like this one today.


  1. 1 Mari Tampil Rapi! :D « Ditter's Blog Trackback on December 11, 2010 at 10:41 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,873 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2
25 pesan Rasul Sehari-hari

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,873 other followers

%d bloggers like this: