Lolita Sudah Selesai

Seperti yang udah pernah diceritakan sebelumnya, ada novel yang sedang saya baca, novel yang katanya fenomenal dan best seller, Lolita, karangan Vladimir Nabokov. Sekarang sudah selesai saya baca, dan memang butuh beberapa hari untuk menyelesaikannya, soale bukunya lumayan tebel, trus tulisannya kecil-kecil, jadi bener-bener padat. Udah gitu, gaya bahasanya juga lumayan sulit dimengerti.

Tanggapan pertama saya adalah, itu novel aneh banget. Isi ceritanya ga wajar dan idenya bener-bener liar. Format kisahnya semacam pengakuan seorang profesor setengah baya yang terobesi dengan perempuan kecil beranjak remaja. Ya, dia penderita pedofilia. Dia sudah melewati berbagai petualangan seks yang panjang, dan tentunya dengan perempuan di bawah umur. Kalo ga salah, dia menjadi seperti itu karena mengalami kisah percintaan yang tidak tuntas dengan pacar di masa kecilnya.

Suatu ketika, profesor itu bertemu dengan gadis kecil yang bandel, kenes, dan pembangkang. Profesor sangat terpesona dan terobsesi dengannya. Khayalannya akan gadis kecil itu luar biasa. Dia benar-benar berambisi untuk mendapatkannya.

Demi berdekatan dengan si gadis kecil, sang profesor bahkan sampai menikahi ibu gadis itu. Sampai suatu ketika ada bencana yang menewaskan sang ibu, yang membuat profesor akhirnya bisa memiliki si gadis kecil seutuhnya, dan menjalin cinta terlarang penuh nafsu dengannya. Wow….

Inti ceritanya sih kyk gitu. Singkat, tapi menjadi sangat panjang karena kepiawaian pengarangnya dalam berkisah. Gaya bahasanya unik, dan bahkan bagi saya terasa berat. Menurut BBC, Lolita adalah salah satu novel terbaik sepanjang masa. Tapi, saya bilang, novel itu agak membosankan. Ini mungkin karena emang otak saya yang ga nyampe, hahaha…. Mungkin sama dengan orang awam yang ngeliat mahakarya Pablo Picasso, dan bilang, “itu lukisan kok ancur banget….”

O iya, beberapa hari yang lalu saya abis beli buku Andy’s Corner, Kumpulan Curahan Hati Andy F. Noya. Agak mahal, dan isinya juga ga terlalu tebel. Tapi saya puas, isinya enak banget buat dibaca. Sederhana, lugas, dan inspiratif. Nah, kalo gaya bahasanya sederhana kayak gitu, otak saya masih bisa nangkep, haha….

Buku itu masih belum selesai saya baca. Baru setengahnya aja. Isinya menarik banget, seputar curahan hati Andy F. Noya, yang disampaikan dengan bahasa yang ringan tapi mengena. Kebetulan saya emang penggemar dia. Ini saya juga lagi nonton Kick Andy, sambil nulis blog ini, hehe….

About these ads

9 Responses to “Lolita Sudah Selesai”


  1. 1 alice in wonderland May 15, 2010 at 2:33 am

    Udah selesai? jadi boleh dipinjem dong :P hehe jut kidding… Andy’s Corner ya… boleh dicoba nih…

  2. 2 joe May 15, 2010 at 8:10 am

    wah kalau begitu pinjem juga dong he he…

  3. 4 joe May 15, 2010 at 8:31 am

    wah, pinjem-pinjeman dong…

  4. 6 yanuar catur May 15, 2010 at 8:33 am

    ehm,, sepertinya aku harus nabung lagi dech buat beli tuh buku
    hehehe

  5. 8 rizqy May 28, 2010 at 1:09 pm

    saya juga lagi baca novel Lolita. Baru baca beberapa halaman aja udah pusing.. hehee..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,848 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,848 other followers

%d bloggers like this: