Komposisi

Saat kuliah dulu, saya merasa bahwa dunia akademik yang saya geluti berhubungan erat dengan kegiatan tulis menulis. Padahal, saat itu saya merasa tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup tentang menulis. Di kampus nggak diajarin secara khusus, jadi mau nggak mau saya harus mempelajarinya secara otodidak. Nah, saat SMA dulu, saya pernah mendengar ada sebuah buku yang sangat baik dibaca oleh siapapun yang ingin belajar menulis. Judulnya Komposisi, dan dikarang oleh Gorys Keraf.

Saya baru aja menyelesaikan (membaca) buku itu. Lumayan tebel (sekitar 394 halaman), jadi selesainya agak lama. Maklum, soale saya emang ga terlalu suka sama buku yang tebel-tebel, hehe… Sampe sejauh ini, saya sepakat bahwa buku itu memang sangat bagus, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin berkecimpung di dunia tulis menulis. Walaupun termasuk karangan yang sudah lama banget, tapi bukan berarti terlepas sama sekali dengan dunia kepenulisan di era ini. Saya rasa isinya masih sangat relevan dengan masa sekarang, kok…

Buku itu menjelaskan dengan gamblang tentang seluk beluk teknis menulis. Kita akan dikenalkan dari hal yang paling dasar, yaitu pengetahuan tentang bahasa, meliputi aspek, fungsi, tujuan, dan manfaat tambahan dari bahasa. Setelah itu, kita akan dipandu bagaimana cara membuat kalimat yang efektif atau membuat paragraf-paragraf yang padu dan koheren. Bingung mo nulis apa? Nah, di buku itu juga ada panduan bagaimana cara memilih tema, menentukan topik, serta menuliskan tesis dan pengungkapan maksud.

Sebelum mulai membuat sebuah tulisan, sebaiknya kita membuat kerangka karangan. Ini cukup penting, supaya kita nggak kebingungan ketika akan memulai proses menulis. Di buku Komposisi ini, diuraikan secara komprehensif dan matang tentang cara membuat kerangka karangan. Jika sudah menguasainya, saya rasa menulis sebuah karangan yang panjang sudah tidak akan menjadi masalah lagi. Tapi memang ada juga sih penulis yang menilai kalo membuat kerangka karangan itu tidak terlalu penting. Banyak diantara mereka yang justru merasa terkekang dengan adanya kerangka karangan. Jadi memang semuanya tergantung dari pribadi dan kebutuhan kita masing-masing.

Oh iya, di buku ini juga di bahas tentang teknik membuat karya tulis, seperti makalah, laporan, resensi, dan penyajian lisan. Semua bentuk karya tulis seperti itu kan sangat dekat dengan dunia akademis. Jadi memang ga salah kalo di awal tadi saya bilang kalo buku ini sangat baik bila dibaca oleh para pelajar dan mahasiswa.

Kekurangan dari buku yang saya beli itu adalah, ada banyak sekali kesalahan pengetikan. Tampaknya buku itu tidak mengalami proses editing yang baik. Walaupun buku saya beli itu udah cetakan yang ke-13, ternyata masih banyak juga kesalahan-kesalahan teknis semacam itu. Sayang banget sebenarnya, karena akan mengurangi nilai buku yang isinya sudah sangat bagus itu. Tapi terlepas dari itu, menurut saya buku ini memang kaya akan manfaat.

About these ads

1 Response to “Komposisi”


  1. 1 yoga November 9, 2010 at 12:03 am

    Brow di mana Gue Bisa Dapet Buku Ini
    Please Tolongin Gue penting bANGEt Sob…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,871 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2
25 pesan Rasul Sehari-hari

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,871 other followers

%d bloggers like this: