Cara Membuat SKCK

Akhir-akhir ini banyak penerimaan CPNS ya. Karena lumayan menarik, saya pun juga mencoba ngelamar, walaupun sebenarnya belum bisa karena belum punya ijazah. Syaratnya agak ribet, harus nyari legalisir kemana-mana. Salah satu syarat yang cukup bikin repot adalah SKCK. Nah, bagi temen-temen yg mo bikin SKCK, tapi ga tau syaratnya dan bagaimana mengurusnya, nih saya uraikan di sini, berdasarkan pengalaman saya sendiri. Moga-moga bisa membantu ya.

Yang pertama adalah minta surat keterangan dari RT setempat, isinya permohonan untuk membuat SKCK. Setelah ditandatanganin dan di cap RT, lalu minta tanda tangan ke RW. Setelah itu baru ke pak Kadus (Kepala Dusun) untuk minta tandatangan juga.

Kalo pengalaman saya kemaren, saya ga minta tandatangan RW, tapi langsung ke pak Kadus, hehe… Sebenarnya si ga papa, tapi emang sebaiknya tetep dateng ke RW dulu, biar afdol  :-)

Kalo udah selesai, bawa KTP asli, juga surat pengantar itu ke kantor Kelurahan untuk di cap. Kalo udah, lanjut ke Kecamatan untuk di cap juga. Jangan lupa membawa KTP asli juga ya. Di kecamatan ini kita bakalan diminta pungutan seikhlasnya. Mungkin untuk biaya keperluan administrasi.

Setelah selesai di cap di Kecamatan, surat pengantar tersebut di fotocopy satu kali. Abis itu dateng ke kantor polsek untuk minta surat rekomendasi SKCK dengan membawa fotocopy KTP, foto berwarna 4×6 satu lembar, fotocopy surat pengantar tadi bersama aslinya, dan uang administrasi sebesar 10ribu rupiah.

Nah, kalo udah beres semua, tempat yang terakhir yg harus dikunjungi adalah kantor Polres. Lebih baik sebelumnya kita udah menyiapkan syarat permohonan SKCKnya dulu, yaitu surat pengantar dari kelurahan yg udah di cap Kecamatan tadi, surat rekomendasi SKCK dari Polsek, foto berwarna 4×6 empat lembar, fotocopy KTP dua lembar, fotocopy kartu sidik jari satu lembar, dan fotocopy Kartu Keluarga (KK) satu lembar.

Setelah semua syarat itu terkumpul, lalu disusun yang rapi, trus diserahkan ke loket bagian SKCK di kantor Polres. Abis itu udah deh. SKCK akan segera dibuat, dan kalo dah selesai, nama kita akan disebutkan. Gimana, gampang kan? Hehe…

O iya, bagi yang belum punya kartu sidik jari, bisa bikin di kantor Polres dengan syarat foto berwarna 4×6 satu lembar dan uang administrasi sebanyak lima ribu rupiah.

Nah, bagi yg mo bikin SKCK, ayo disiapin dulu syarat-syaratnya, biar ga usah bolak-balik. Dihitung sendiri ya jumlah total uang dan pas foto yang diperlukan, hehe… Semoga berguna :-)

About these ads

8 Responses to “Cara Membuat SKCK”


  1. 1 aprillins October 30, 2009 at 11:04 am

    bilang aja… saya garansikan saya orang yang baik hati.. bilang gitu…

  2. 3 aprillins October 30, 2009 at 11:13 am

    dit webku bukanya cepet atau lama?

  3. 4 anin October 30, 2009 at 11:33 am

    wiww.. ribedz..
    kalo ketrima makan2 y dit!
    hehehe

  4. 6 aLamathuR d'hileudjapanist II November 4, 2009 at 12:03 pm

    Bikin SKCK sekarang lebih mudah koq… yang penting kitanya tau prosedur yang sudah ada sesuai dengan peraturan / surat edaran / dan semacamnya… jadi kita nda dikibulin sama orang2 kepolisian yang masih ada aja yg “rada2″ mata duitannnn…

    Hidup SKCK !!!
    Mas… tukeran link blognya dong… hehee… makasih

  5. 7 ditter November 5, 2009 at 2:00 pm

    Hehehe… iya mas, sepakat… asal kita tau aturannya, Insya Allah akan terhindar dari penipuan (uang) para oknum polisi… :-)


  1. 1 Cara Memperpanjang SIM di SIM Corner Ambarukmo Plaza « Home Trackback on January 9, 2012 at 8:28 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,840 other followers

Selamat Datang!

Buku Saya

Sampul_
Indonesia Sehari-hari2

Kategori

Twitter

Arsip


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,840 other followers

%d bloggers like this: